Cara Menanam Bunga Matahari dari Biji

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
1511-sunflower
Daftar Topik

Banyak jenis bunga yang dapat kamu tanam untuk menghiasi kebun kamu agar tampak asri dan indah, salah satunya adalah bunga matahari. Bunga matahari terbilang bunga yang sangat mudah untuk ditanam karena dapat tumbuh dimanapun. Bunga yang memiliki nama ilmiah Helianthus annuus Linn inidapat ditanam hanya dengan menggunakan bijinya.

Selain indah, ternyata bunga matahari dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan antara lain bagian akar bunga matahari dapat menyembuhkan infeksi saluran kencing dan saluran pernapasan sedangkan bagian bunganya dapat mengurangi nyeri haid dan sakit kepala.

Buat kamu yang ingin menanam bunga matahari di kebun kamu, berikut akan dipaparkan cara menanam bunga matahari dari biji.

Pemilihan Benih Bunga Matahari Unggulan


Saat kamu ingin menanam bunga matahari dari bijinya maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih benih bunga matahari yang memiliki kualitas terbaik. Benih yang kamu tanam, akan berpengaruh besar terhadap bunga matahari yang akan tumbuh nantinya. Kamu dapat membeli benih bunga matahari yang berasal dari indukan yang sehat dengan kualitas yang bagus.

Persiapan Media Tanam Bunga Matahari


Setelah membeli benih bunga matahari unggulan, maka langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan media tanam untuk menanam benih tersebut. Kamu dapat membuat media tanam yang terbuat dari campuran kompos dan tanah dengan perbandingan 1 : 2. Media tanam akan lebih baik jika dipersiapkan sebelum pembibitan agar nutrisi yang terdapat dalam kompos dapat tercampur rata dengan tanah.

Pembibitan Bunga Matahari


Saat media tanam dan benih bunga matahari telah siap maka langkah selanjutnya yaitu menanam benih bunga matahari untuk membuat pembibitan. Kamu dapat membuat media semai seperti baki semai atau polybag untuk menyemaikan biji bunga matahari. Kamu dapat membuat campuran kompos, arang sekam dan tanah dengan perbandingan 1 : 1 : 1 sebagai media tanam untuk menyemaikan benih.

Penyemaian Biji Bunga Matahari pada Baki Semai


Jika kamu menggunakan baki semai untuk menyemaikan biji bunga matahari, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiram baki semai dengan air secukupnya kemudian tebarkan biji bunga matahari. Simpanlah baki semai di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung. Selain itu, usahakan agar baki semai juga tidak terkena air hujan secara langsung.

Kamu harus melakukan penyiraman secara teratur pada baki semai agar media semai tetap dalam keadaan lembab. Kondisi lembab pada media semai akan membantu untuk mempercepat pertumbuhan bibit bunga matahari. Setelah 30 hari masa penyemaian maka bibit telah siap untuk ditanam.

Penanaman Bibit Bunga Matahari


Kamu dapat memindahkan bibit yang telah siap ditanam ke dalam polybag, pot ataupun langsung menanamnya di tanah. Proses pemindahan bibit akan membantu bunga matahari tumbuh dengan cepat karena terpisah dari bibit-bibit yang lain. Kamu dapat mencabut bibit dari baki semai kemudian menanamnya.

Jika saat akan mencabut bibit bunga matahari ternyata kondisi baki semai kering, maka kamu dapat menyiramnya dengan air agar tanah menjadi lunak sehingga bibit bunga matahari akan mudah untuk dicabut dan akar-akarnya tetap dalam keadaan utuh.

Setelah itu, tanamlah bibit tersebut dengan kedalaman sekitar 10 cm atau hingga akar bibit bunga matahari terpendam secara keseluruhan di dalam media tanam!

Pemindahan Bibit Bunga Matahari pada Pot


Bunga matahari memiliki berbagai jenis dengan ciri-ciri tertentu. Saat kamu ingin memindahkan bibit bunga matahari ke dalam pot maka kamu harus memilih pot yang dapat mendukung pertumbuhan bunga matahari tersebut. Ada jenis bunga matahari yang dapat tumbuh hingga lebih dari 1 meter maka pot yang kamu pilih harus menyesuaikan dengan jenis bunga mataharinya.

Untuk jenis bunga matahari tipe dwarf, kamu dapat menanamnya dalam pot kecil karena bunga matahari jenis ini tidak akan tumbuh tinggi menjulang. Namun, untuk jenis bunga matahari yang dapat tumbuh tinggi menjulang, maka pemilihan media tanam seperti tanah pekarangan akan menjadi pilihan terbaik karena tanaman bisa tumbuh dengan bebas dan subur.

Perawatan Rutin Untuk Bunga Matahari


Bibit bunga matahari akan mulai beradaptasi dengan media tanam yang baru setelah dipindahkan dari baki semai. Sehingga, pertumbuhan bunga pada tahap ini harus benar-benar kamu perhatikan. Karena termasuk jenis bunga yang membutuhkan asupan air yang banyak maka saat matahari bersinar terik, kamu harus menyiram tanaman bunga matahari dua kali sehari secara teratur.

Asupan air yang banyak yang dikombinasikan dengan sinar matahari yang melimpah akan sangat mendukung perkembangan dan pertumbuhan bunga matahari menjadi semakin cepat. Saat umur tanaman bunga matahari mencapai 2 bulan, kamu dapat memberikan suplemen tambahan seperti pupuk untuk menambah tingkat kesuburannya.

Jika suatu saat bunga matahari terserang hama atau penyakit sehingga pertumbuhannya terganggu, maka kamu dapat memberikan insektisida atau pestisida khusus yang memang untuk bunga matahari.

Itulah sekilas uraian mengenai cara menanam bunga matahari dari biji yang dapat kamu terapkan di rumah. Selain mempercantik kebun kamu, dapatkan berbagai manfaat lain dari bunga matahari. Selamat mencoba.

BACA JUGA! 5 BONSAI TERBAIK YANG COCOK UNTUK HIASI RUMAH KAMU

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA