Cara Menanam Buah Delima Dari Biji dengan Langkah Termudah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Bagi kamu yang ingin menanam buah delima mulai dari biji tapi kamu merasa kesulitan atau kamu kebingungan bagaimana cara menanamnya, apakah sama seperti menanam buah seperti biasanya atau tidak sama atau malah lebih sulit. Berikut ini merupakan cara menanam buah delima mulai dari biji yang bisa kamu coba,

Pemilihan Lahan Tanam


Lahan yang akan ditanami oleh pohon delima harus disesuaikan. Lahan tersebut harus kamu persiapkan sesuai dengan kelembaban tanah yang ada pada lahan disertai dengan memiliki kadar asam atau basa pH tanah dan yang paling penting, lahan harus memiliki penyinaran yang cocok. Berikut cara yang kamu bisa gunakan untuk menentukan lahan untuk penanaman buah delima,

  1. Kamu harus memilih lokasi lahan yang memiliki pencahayaan sinar matahari yang cukup agar buah delima bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.
  2. Tanah juga memiliki aspek penting dalam penanaman buah delima. Usahakan kamu memilih tanah yang gembur agar delima yang kamu tanam bisa tumbuh dengan subur.
  3. Apabila lokasi yang telah kamu dapatkan sesuai dengan yang diharapkan, selanjutnya kamu bisa memberikan pupuk atau melakukan pemupukan awal sebelum akhirnya tanaman ditanami bibit buah delima. Kamu bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. Hal tersebut bertujuan agar lokasi yang kamu jadikan tempat penanaman bibit atau penyemaian bibit menjadi lebih subur.
  4. Kamu juga harus mengecek keasaman dari lahan. pH tanah yang bagus adala 6. Apabila lahan yang kamu gunakan pH nya kurang dari 6 kamu bisa mengubahnya dengan menambahkan zat kapur.

Penanaman Bibit Delima


Bibit delima haruslah bibit yang bagus atau bibit unggul sehingga akan menghasilkan pohon delima yang bagus pula. Berikut cara menanam bibit delima dengan mudah,

  1. Karena pohon delima merupakan tumbuhan semak, maka sebelum menanamnya kamu harus memberikan lubang terlebih dahulu di dalam tanah.
  2. Pembuatan lubang ini diberikan jarak kurang lebih 1 meter pada tiap lubang. Hal tersebut bertujuan agar tanaman yang ditanam bisa tumbuh besar dan pastinya subur.
  3. Setelah lubang tanam terbentuk, kamu bisa mulai memasukkan bibit delima kedalam lubang tanam tersebut.
  4. Setelah semua lubang tanam terisi dengan bibit delima, selanjutnya kamu bisa menutup lubang tanam dengan menggunakan tanah yang sama atau diberi campuran pupuk kandang terlebih dahulu dan jangan lupa untuk memadatkan tanah yang kamu tanami bibit delima.

Cara Merawat Buah Delima


Dalam merawat buah delima, kamu harus mengikuti beberapa saran perawatan seperti berikut, sehingga pohon delima kamu bisa hidup dan tumbuh subur.

  1. Usahakan tanah tempat kamu menanam buah delima selalu lembab, oleh karena itu kamu harus melakukan penyiraman paling banyak 2 kali penyiraman dalam waktu 24 jam. Waktu yang baik untuk melakukan penyiraman adalah setiap pagi hari dan sore hari. Selain itu, penyiraman juga harus disesuaikan dengan musim pada saat itu.
  2. Kamu harus rutin melakukan pemupukan serta penyiangan. Pemupukan dan penyiangan yang baik dilakukan setiap dua minggu sekali. Sehingga tanah tetap subur dan pohon delima bisa hidup dan tumbuh serta berkembang.
  3. Paling penting dari penanaman pohon delima yaitu dengan menjaga kesehatan si pohon. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara pemberian pestisida yang cukup atau secukupnya sehingga pohon delima tidak rusak atau mati.

Pemanenan Buah Delima


Pemanenan buah delima harus pada waktu yang tepat dengan kondisi buah delima yang memang sudah siap di panen. Berikut ini merupakan cara pemanenan buah delima yang bisa kamu pelajari dan kamu terapkan.

  1. Buah delima matang memiliki ciri-ciri sebagai berikut, pertama, buah delima memiliki ukuran sebesar 5 sampai 13 cm, kedua, memiliki kulit buah dengan tekstur halus, ketiga buah delima memiliki warna kuning sedikit merah sampai dengan warna merah seutuhnya, keempat apabila kamu menyentik atau mengetuk buah delima menggunakan jari, maka akan terdengar bunyi.
  2. Pemanenan buah delima tergolong cukup mudah, kamu bisa memakai bahan-bahan di sekitar kamu, seperti gunting, pisau atau kamu juga bisa langsung memetiknya dari pohonnya.
  3. Pemetikan secara langsung harus tetap sesuai dengan cara-cara yang dianjurkan, yaitu, peganglah buah delima kemudian kamu bisa memulai memetiknya dengan gerakan memutar sampai buah delima terlepas dari pohon. Hal tersebut bertujuan agar buah delima bisa tetap mempertahankan tekstur yang ada pada kulitnya

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai cara penanaman. Bagi kamu yang ingin menanam buah delima, namun masih bingung dalam melakukannya. Dalam penanaman tumbuhan, yang paling penting adalah sinar matahari dan supan nutrisi pada tumbuhan.

BACA JUGA! 5 JENIS MAKANAN PENAMBAH HORMON TESTOSTERON

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA

Belajar Office

Mau Belajar Microsoft Office? Jelajahi tutorial office terlengkap disini: Topik populer: Pivot table Margin Rumus