Cara Menampilkan Sheet di Excel yang Tiba-tiba Hilang

0
10920 Microsoft Excel Nesabamedia
Source: Nesabamedia

Cara Menampilkan Sheet di Excel yang Tiba-tiba Hilang – Mungkin sebagian banyak dari kita sudah tidak asing lagi dengan microsoft excel. Microsoft excel ini memiliki banyak fungsi agar memudahkan dalam mengerjakan sesuatu. Pada microsoft excel terdapat lembar kerja bawaan untuk dokumen baru. Yang mana lembar kerja ini biasanya terdiri dari tiga lembar atau sheet tab. Sheet atau lembar kerja pada Microsoft Excel ini terletak di bagian bawah sebelah kiri. Bagian sheet ini terlihat jelas di bagian kiri dengan tulisan sheet 1, sheet 2 dan sheet 3. Bahkan, sheet tersebut bisa Anda tambahkan atau bahkan di kurangi.

Sering kali tampilan sheet di Excel tiba-tiba hilang. Hal inilah yang terkadang membuat kita kebingungan. Tapi anda tidak perlu khawatir, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai cara menampilkan sheet di Excel yang tiba-tiba hilang, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya


10920 Microsoft Excel VemaFATS
Source: VemaFATS

Microsoft Excel merupakan program yang berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet. Yang mana Microsoft Excel ini terdiri dari baris dan kolom yang bisa digunakan untuk mengeksekusi perintah, bahkan di dunia Microsoft Excel menjadi software pengolah data atau angka terbaik.

Kelebihan Microsoft Excel:

  • Mudah sekali untuk memahami User interface
  • Dengan mudah bisa melakukan kompatibilitas dengan berbagai sistem operasi.
  • Bagi pemula akan sangat mudah untuk mempelajarinya.
  • Pada Microsoft Excel tersedia lisensi dalam versi grosir
  • Tersedia lisensi dalam versi grosir.
  • Tersedia fitur privot, sehingga memudahkan dalam manajemen data.
  • Bisa dimanfaatkan untuk mengolah data berbagai instansi atau perusahaan.

Fungsi Microsoft Excel


10920 Microsoft Excel Nesabamedia
Source: Nesabamedia

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Microsoft Excel bisa digunakan untuk mengolah data pada berbagai bidang pekerjaan, baik itu untuk usaha kecil maupun perusahaan besar. Sebagaimana berikut ini fungsi-fungsi dari Microsoft Excel:

  • Bisa digunakan untuk mengurutkan, mengedit, meningkat data serta grafik
  • Bisa membuat mempermudah dalam mencatat keuangan dan anggaran keuangan.
  • Mempermudah menghitung dan mengelola investasi apapun serta melakukan analisis data.
  • Mempermudah melakukan laporan keuangan serta membuat grafik persamaan matematika dengan lebih mudah.
  • Membuat daftar nilai dengan mudah.
  • Membantu Anda membuat program Excel dengan mudah. Karena bisa melakukan penelitian dengan berbagai metode.

Fungsi Sheet pada Microsoft Excel


10920 Microsoft Excel Sheet Deskbright
Source: Deskbright

Pada microsoft excel, sheet difungsikan sebagai lembar kerja. dengan fungsi tersebut dalam satu file dokumen microsoft excel, Anda bisa membuat lebih dari satu lembar kerja. sehingga keberadaan lembar kerja tersebut sangat bermanfaat dan banyak sekali digunakan. Pada umumnya sheet di Microsoft Excel ini terdiri dari tiga lembar. Tetapi, Anda juga bisa menambahkan atau bahkan menguranginya.

Tetapi terkadang terjadi suatu permasalahan yang sering dialami oleh pengguna microsoft excel. Hal ini terjadi untuk semua jenis microsoft excel baik itu 2007, 2010 atau 2013. Permasalahan tersebut yaitu lembar kerja atau sheet tab tidak muncul atau bahkan hilang secara tiba-tiba. Seringkali permasalahan ini terjadi yaitu hanya menampilkan satu halaman penuh dan halaman lainnya hilang.  Tak perlu khawatir karena ada cara menampilkan sheet di excel yang tiba-tiba hilang.

Cara Mudah Menampilkan Sheet yang Hilang


10920 Microsoft Excel Sheet DotNet
Source: DotNet

Jika Anda mengalami sheet pada microsoft excel hilang secara tiba-tiba, tak perlu khawatir karena hilangnya sheet di Microsoft Excel ini disebabkan karena konfigurasi atau pengaturan tersebut dalam keadaan tidak aktif. Yang menyebabkan sheet hilang bukanlah sebuah kesalahan aplikasi dari Microsoft Excel tersebut.

Sayangnya jika seseorang mengalami hal tersebut cenderung kebingungan dan khawatir. Hal tersebut wajar saja terjadi jika belum berpengalaman dalam menggunakan Microsoft Excel. Hilangkan kekhawatiran tersebut jika sheet hilang, karena berikut ini ada cara untuk mengatasinya. Langkah-langkah di bawah ini adalah cara yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Bahkan, cara ini juga bisa Anda  terapkan di halaman Ms. excel yang digunakan baik itu Microsoft excel 2007, 2010 maupun microsoft excel 2013.

Adapun berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menampilkan sheet di Microsoft Excel yang hilang secara tiba-tiba:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu klik dimana saja pada halaman Microsoft excel.
  2. Langkah selanjutnya yaitu tekan tombol keyboard ALT + FT secara bersamaan. Secara otomatis akan tampil option dialog.
  3. Nah, pada halaman selanjutnya yang muncul, pilih menu advanced pada menu sisi kiri. Setelah itu, scroll ke tengah, temukan tulisan display options for this workbook, selanjutnya centang pilihan Show sheet tabs
  4. Langkah yang terakhir yaitu tekan tombol Ok yang terdapat di sudut kanan bawah.

Setelah mengetahui cara menampilkan sheet di Excel yang tiba-tiba hilang, kini Anda tak perlu khawatir lagi jika mengalami hal tersebut. Karena, sheet yang hilang sebenarnya bukan karena kesalahan dari program Microsoft Excel, tetapi kesalahan dalam pengaturan.

BACA JUGA!

Cara Ngeprint Excel Agar Tidak Terpotong dan Tetap Rapi