Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

4 Cara Menampilkan Sheet di Excel 2010 yang Hilang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
cara menampilkan sheet di excel 2010
Daftar Topik

Cara menampilkan sheet di excel 2010. Siapa yang tak kenal dengan Microsoft Office? Sekumpulan perangkat lunak besutan Microsoft ini merupakan yang cukup populer sekaligus banyak digunakan. Microsoft Office terdiri atas Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point. Microsoft Excel merupakan salah satu perangkat lunak dari Microsoft yang banyak penggunanya. Terutama di kalangan pekerja kantoran atau yang bekerja di bidang mengolah data, maka penggunaan Microsoft Excel sangat membantu dalam mengolah angka mulai dari yang sederhana hingga yang cukup rumit. Fitur-fitur yang disediakan pun cukup lengkap dan mumpuni sehingga sangat efektif dan hanya butuh satu perangkat lunak saja untuk berbagai macam keperluan. 

Dalam Microsoft Excel, terdapat lembar kerja atau worksheet yang bersifat default atau bawaan dari perangkat lunak, terdiri atas 3 buah lembar kerja atau yang disebut sebagai sheet tab. Sheet tab ini biasanya terletak pada bagian kiri bawah, ditandai dengan tulisan sheet1, sheet2, sheet3 dan bisa ditambahkan ataupun dikurangi. Fungsi dari sheet ini adalah sebagai lembar kerja dimana dalam satu file dokumen Microsoft Excel, pengguna dapat membuat lebih dari satu lembar kerja sehingga lebih efektif dan efisien. Oleh sebab itulah, fungsi ini sangat bermanfaat dan banyak digunakan. 

1. Microsoft Excel (1)

Namun, ada satu permasalahan yang sering dialami oleh pengguna Microsoft Excel terkait lembar kerja ini. Masalah ini terjadi pada pengguna Microsoft Excel 2007, Microsoft Excel 2010, ataupun Microsoft Excel 2013. Yaitu, lembar kerja atau sheet tab ini tidak tersedia, ataupun tidak muncul atau hilang di halaman Microsoft Excel. Saat perangkat lunak ini dibuka, maka yang ditampilkan hanya satu halaman penuh saja tanpa ada pilihan sheet tab lain. Jika biasanya pilihan sheet tab 1, 2 dan 3 terdapat di bagian kiri bawah, maka pada kasus ini pilihan sheet tab tidak muncul di bagian manapun sehingga pengguna tidak dapat menambahkan sheet pada file Microsoft Excel. 

Ini tentu masalah yang cukup pelik bagi pengguna Microsoft Excel, terutama bagi mereka yang masih awam dan belum cukup terbiasa dengan aneka fitur yang tersedia di Microsoft Excel. Apalagi jika masalah ini terjadi pada kondisi dimana file Excel tengah dibutuhkan untuk keperluan tertentu. Tak jarang, pengguna Microsoft Excel ini lantas menjadi panik dan kebingungan tanpa arah. Bahkan pada beberapa kejadian tertentu dapat membawa konsekuensi yang fatal seperti terhambatnya pekerjaan dan lain sebagainya. Bila memaksakan membuat file untuk setiap lembar kerja, tentu hal ini menjadi sesuatu yang kurang efektif karena mengakibatkan menumpuknya jumlah file Excel yang berpotensi mengurangi efisiensi pekerjaan. Belum lagi dengan adanya masalah ruang penyimpanan yang terbatas, sehingga tidak dapat menyimpan seluruh file Excel yang sebenarnya bisa lebih ringkas bila fitur sheet tabnya berfungsi. 

Cara mengatasi hilangnya sheet tab pada Microsoft Excel

cara menampilkan sheet di excel 2010

Padahal, sebenarnya permasalahan hilangnya sheet tab pada Microsoft Excel ini bukanlah masalah serius seperti adanya bug atau kesalahan dalam perangkat lunak Microsoft Excel. Bukan juga masalah pada perangkat keras atau hardware yang kamu miliki, seperti perangkat tidak kompatibel atau sejenisnya. Hal ini hanya disebabkan oleh adanya konfigurasi atau pengaturan terkait sheet tab yang dalam kondisi tidak aktif sehingga sheet tab pun nampak hilang dari tampilan Microsoft Excel. Agar sheet tab dapat muncul kembali, maka cukup dengan mengatur di konfigurasi ini untuk mengaktifkan kembali tampilan sheet tab. Nah, untuk mengatasi masalah ini caranya pun cukup mudah dan relatif simpel, sangat memungkinkan untuk kamu lakukan sendiri bahkan tanpa bantuan orang lain. Berikut langkah-langkahnya, cermati baik-baik ya.  

1. Buka aplikasi Microsoft Excel

Untuk membuka aplikasi ini, kamu bisa meng-klik kiri 2 kali pada shortcut Microsoft Excel di desktop laptop/komputer, atau klik kanan lalu pilih menu Open. Tunggu beberapa saat hingga Microsoft Excel terbuka dan menampilkan lembar kerja atau worksheet, lalu klik di bagian mana saja pada sel Excel. 

2. Tampilkan option dialog

Option dialog di Microsoft Excel dapat ditampilkan dengan menekan tombol keyboard ALT + FT secara bersamaan. Option dialog ini berisikan menu-menu untuk pengaturan tampilan Microsoft Excel. Kemudian, lanjutkan pada langkah berikut ini. 

3. Pilih Show Sheet Tabs

Pada option dialog yang telah muncul, perhatikan pada deretan menu di sisi kiri. Kemudian, pilih menu Advanced dengan mengkliknya, lalu scroll hingga ke bagian tengah untuk mencari menu display options for this workbook, dan centang pada pilihan Show Sheet Tabs. 

4. Tekan OK

Tekan tombol OK pada bagian sudut kanan bawah dan voila! Sheet tab yang tadinya hilang pada tampilan Microsoft Excel pun akan muncul kembali dan dapat kamu gunakan secara optimal untuk menunjang kinerjamu.

3. Sheet Tab Hilang

Cara menampilkan sheet di excel 2010 cukup sederhana bukan? Bahkan yang awam dan tak familiar dengan penggunaan Microsoft Excel pun pasti dapat melakukan langkah-langkah ini dengan mudah. Bagaimana dengan versi-versi Excel yang berbeda? Eits, tak perlu khawatir karena cara ini juga dapat diaplikasikan pada beragam versi Microsoft Excel Mulai dari Microsoft Excel 2007, Microsoft Excel 2010, hingga Microsoft Excel 2013. Hal ini dikarenakan tampilan option dialog pada semua versi Microsoft Excel tidak terlalu banyak berubah. Nah, itu dai cara yang mudah dan cepat untuk menampilkan sheet tab 1,2, dan 3 yang hilang pada Microsoft Excel 2007, Microsoft Excel 2010, dan Microsoft Excel 2013. Selamat mencoba! 

Baca juga:

6 Cara Membuat Garis di Word dengan Mudah

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP