Cara Menampilkan FPS di Android Tanpa Root

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara-Menampilkan-FPS-Di-Android[1]
Daftar Topik

Bagi seorang gamer Frame Per Second atau biasa disingkat FPS merupakan salah satu fitur yang penting. Dalam hal ini, FPS digunakan untuk mengetahui kemampuan perangkat yang digunakannya dalam menjalankan game. Apabila FPS yang ditampilkan semakin tinggi, maka spesifikasi dari perangkat baik smartphone maupun PC terkait juga semakin bagus.

Adapun pengertian dari FPS sendiri adalah suatu kumpulan bingkai yang ditampilkan setiap detiknya. Apabila angka FPS menunjukkan hasil yang tinggi maka dapat dikatakan bahwa semakin halus gerakan dari game yang digunakan. Pentingnya mengetahui angka FPS ini adalah untuk mengetahui apakah hardware dari smartphone memiliki spesifikasi tangguh atau sebaliknya.

Namun bagi gamer pemula mungkin masih bingung dalam mencari tahu angka FPS pada smartphonenya. Adapun cara untuk menampilkan FPS ini biasanya dilakukan dengan adanya proses root android. Perlu diketahui kamu juga terdapat cara menampilkan FPS di android tanpa melakukan root yang lebih mudah.

Download GameBench

Melakukan cara untuk menampilkan FPS tanpa adanya root dapat dilakukan dengan sebuah aplikasi FPS Counter khusus. Aplikasi ini dikenal dengan nama GameBench yang berbeda dengan aplikasi lainnya. Oleh karena itu, sebelum mengetahui cara menampilkan FPS tanpa root kamu harus memiliki aplikasi ini. Adapun langkah awal yang harus dilakukan dapat dilihat pada urutan-urutan di bawah ini.

  1. Setelah mendownload aplikasi GameBench, maka kamu harus menginstal aplikasi ini.
  2. Langkah selanjutnya adalah kamu harus menyiapkan peralatan pendukung yaitu terdiri dari komputer berbasis OS Windows, kabel USB, dan juga koneksi internet.
  3. Setelah itu, buka aplikasi GameBench dan buat akun baru kamu. Dalam hal ini kamu diharuskan untuk memasukkan data, email, dan juga password.
  4. Setelah itu klik tombol Register dan secara otomatis kamu akan mendapatkan email verifikasi pada alamat email yang dimasukkan sebelumnya.
  5. Buka email kamu dan lihat pesan yang telah dikirim oleh GameBench. Setelah itu, klik Confirm Address yang secara langsung akan membawa kamu menuju situs Gamebench. Hal ini menunjukkan bahwa alamat email kamu telah berhasil diverifikasi dan tutup situs tersebut.
  6. Buka kembali aplikasi GameBench dan langsung lakukan login dengan akun yang telah kamu buat.
  7. Setelah berhasil login maka pada jendela Welcome tersedia tombol Begin, klik tombol ini.
  8. Setelah itu, pilih menu Click to enable dan dilanjutkan dengan mengklik Izinkan akses.

Selanjutnya kamu akan diperintahkan untuk mengaktifkan USB Debugging pada Android kamu

Baca Juga: 7 GAME ANDROID DENGAN GRAFIK TERBAIK DI DUNIA

Mengunjungi Link GameBench Melalui Komputer

Pada langkah sebelumnya, jika kamu tidak mengetahui cara mengaktifkan USB Debugging. Maka kamu dapat mencari tahu melalui tutorial yang disediakan di internet. Setelah berhasil mengaktifkannya, maka pada aplikasi GameBench kamu akan diarahkan menuju langkah selanjutnya.

Dalam hal ini, aplikasi ini akan memerintah kamu untuk mengunjungi link yang sudah tertera. Namun kamu harus mengunjungi link tersebut melalui perangkat komputer yang kamu sediakan sebelumnya. Adapun link yang harus kamu akses yaitu http://get.gamebench.net. Selanjutnya lakukan login dengan akun kamu.

Pada website tersebut kamu selanjutnya akan dituntut untuk mendownload software GameBench Android launcher service. Selain itu, jika pada komputer kamu belum tersedia aplikasi Java maka kamu juga harus menginstalnya. Hal ini dikarenakan aplikasi GameBench membutuhkan bantuan Java untuk dapat menjalankan fungsinya.

Download Software

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kamu harus memiliki software pendukung berupa GameBench Android launcher service dan Java. Dalam hal ini untuk dapat menggunakan GameBench lebih lanjut kamu harus mendownload kedua software tersebut. Berdasarkan hal tersebut, langkah yang dapat kamu lakukan yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

  1. Langkah awal dalam hal ini setelah mendownload kedua software tersebut adalah membuka file JavaSetup.exe terlebih dahulu.
  2. Setelah membukanya kamu dapat langsung mengklik Install dan ikuti cara penginstalan seperti aplikasi pada umumnya. Jika sudah memiliki aplikasi ini, maka kamu dapat melewati langkah ini.
  3. Kemudian langkah selanjutnya adalah menyambungkan ponsel android dengan komputer kamu dengan kabel USB.
  4. Setelah terhubung maka akan muncul pada ponsel kamu suatu tampilan. Pilih opsi Ok pada tampilan tersebut.
  5. Selanjutnya, kamu dapat membuka software GameBench-Installer.exe yang telah didownload sebelumnya pada komputer.
  6. Tunggu hingga tersambungnya device yang disertai dengan munculnya pesan dengan keterangan GameBench Service started successfully on device. Hal ini menunjukkan bahwa kamu telah berhasil menyambungkan device-nya.
  7. Beralihlah pada smartphone kamu maka akan terdapat pesan dimana kamu sudah dapat melepaskan kabel USB yang terhubung.
  8. Langkah selanjutnya adalah kamu dapat menambahkan game yang akan kamu pilih dalam aplikasi GameBench. Dalam hal ini, klik Add dan pilih judul game dengan mencentangnya.
  9. Selanjutnya klik tombol play untuk dapat memainkan game.
  10. Pada saat memainkan game akan terlihat tampilan FPS meter pada pojok kanan atas. Jika ingin menghentikannya kamu cukup menekan tombol stop saja.

Nah, itulah beberapa tahapan dalam menampilkan FPS di android tanpa melakukan root. Dengan adanya aplikasi diatas maka kamu juga dapat menganalisis penggunaan resource ketika bermain game apa pun pada Android kamu.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA