Cara Menambahkan IDM ke Chrome

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara menambahkan idm ke chrome 2
Daftar Topik

Cara menambahkan IDM ke Chrome. Hayo siapa diantara kamu yang doyan banget download K-drama? Atau siapa diantara kamu yang hobby-nya download game-game PC seperti Valorant, Call of Duty : Warzone, NBA2K21? Aku yakin banyak dari kamu yang suka mengunduh video-video lucu, film, file-file baik dalam bentuk word maupun pdf untuk kepentingan kerja serta game lewat perangkat komputer kamu menggunakan aplikasi browser Google Chrome. Di dalam aplikasi browser Google Chrome, terdapat fitur bawaan browser yang memungkinkan kamu untuk mengunduh  jenis file-file yang aku sebutkan tadi.

Nah, biasanya nih, saat kamu akan mendownload file yang berukuran besar dengan satuan gigabytes, pasti setelah kamu click tombol untuk download tak jarang kamu meninggalkan perangkat komputer kamu dengan keadaan masih menyala sedangkan kamu pergi tidur dengan harapan hari cepat berlalu dan setelah bangun file yang kamu download sudah selesai terdownload iya kan? well, aku juga.

Kenapa sih rata-rata memiliki kebiasaan yang sama? Well ini dikarenakan kemampuan mengunduh aplikasi browser Google Chrome agak kurang cepat, jadi semisal kamu mau mendownload file drama Korea yang berjumlah 16 episode dengan resolusi gambar tinggi dan tiap episodenya berukuran 1 gb tentu akan makan waktu banget kan? Atau misal kamu mau mengunduh game  Call of Duty : Warzone yang ukurannya 80 gb mau ditunggu sampai kapan? ditambah sinyal wi-fi rumah ngadat-ngadat, bisa-bisa perangkat komputer kamu meledak duluan.

IDM

Menghindari kejadian yang tidak diinginkan menimpa perangkat komputer sekaligus menambah kenyamananmu saat mengunduh drama Korea agar lebih cepat supaya kamu bisa segera marathon bareng temen, maka kamu bisa mengunduh aplikasi Internet Download Manager atau yang bisa disingkat sebagai IDM. Apa sih IDM itu? Kalau begitu mari simak penjelasan mengenai IDM di bawah ini.

Apa itu Internet Download Manager?

Software ini merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna perangkat komputer untuk menambah kecepatan saat mengunduh dalam aplikasi Google Chrome. Internet Download Manager merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang Tonec FZE asal Amerika Serikat.

Berkat karya dari Tonec FZE karena dengan Internet Download Manager kecepatan Google Chrome dalam mengunduh di-claim bertambah sampai dengan 5 kali lipat. Selain cepat, fitur dan tampilannya sederhana yang mempermudah software ini untuk dimengerti turut menjadi alasannya diminati banyak orang.

Kegagalan dalam proses download yang sering kali menjadi momok bagi orang-orang yang mendownload file yang berukuran besar karena menyebabkan file tersebut nantinya menjadi corrupt alias rusak dan membuat penantianmu menjadi hal yang sia-sia sekarang menjadi hal yang biasa saja. Bagaimana tidak? Internet Download Manager memiliki fitur untuk melanjutkan unduhan jika sewaktu-waktu proses unduhan terhenti jadi file tidak akan corrupt. Kamu juga tidak perlu khawatir file yang kamu unduh mengandung virus, karena IDM memiliki antivirus yang bisa mendeteksi virus yang ada di file yang akan kamu unduh.

Cara mengunduh Internet Download Manager

Jika kamu ingin menggunakan Internet Download Manager kamu bisa mengunduh software-nya di situs resminya yaitu di https://www.internetdownloadmanager.com/download.html. Setelah selesai mengunduh, kamu buka filenya dan mulai proses instal. Biasanya untuk 7 hari pertama penggunaan Internet Download Manager, kamu tidak akan dikenakan biaya karena ada free trial. Setelah itu untuk menggunakan fitur Internet Download Manager kembali maka kamu harus membayar. Pilihannya pun bervariasi, ada pilihan untuk berlangganan bulanan, tahunan bahkan selamanya.

Cara menambahkan IDM ke Chrome

Ketika kamu sudah menginstal Internet Download Manager, tidak semerta-merta membuat Internet Download Manager langsung dapat digunakan untuk mengunduh file. Kamu perlu melakukan beberapa perubahan dalam pengaturan yang ada di dalam browser Google Chrome-mu terlebih dahulu. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak penjelasan yang ada di bawah ini:

STEP 1

Hal pertama yang kamu lakukan adalah buka browser Google Chrome, lalu pusatkan perhatianmu ke Customize and control Google Chrome di pojok kanan atas yang ditandai dengan tanda titik tiga kemudian kamu klik.

cara menambahkan idm ke chrome 2

STEP 2

Setelah kamu klik maka akan muncul banyak pilihan nantinya. Tapi kamu tidak perlu bingung, kamu hanya tinggal mengklik di pilihan More Tools.

cara menambahkan idm ke chrome 3

STEP 3

Sama seperti saat kamu mengklik Customize and control Google Chrome, setelah kamu mengklik di pilihan More Tools, maka akan keluar beberapa pilihan, nah di sini kamu klik di Extensions.

cara menambahkan idm ke chrome 4

Jika kamu sudah mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar dan sudah mengklik di bagian Extensions, maka tampilan akhirnya menjadi seperti ini.

cara menambahkan idm ke chrome 5

STEP 4

Langkah yang terakhir adalah, kamu tinggal menggeser tanda pengaktifan di bagian IDM Integration Module di sebelah kanan tulisan Remove dengan cara menggesernya ke sebelah kanan sampai berwarna biru.

cara menambahkan idm ke chrome 6

Untuk memastikan apakah Internet Download Manager sudah bekerja atau tidak, bisa kamu lakukan tes sederhana dengan cara menonton situs YouTube. Jika sudah muncul tulisan Download this Video berwarna biru di bagian atas atau bawah video saat kamu menonton video YouTube, maka bisa disimpulkan Internet Download Manager sudah terpasang di Google Chrome kamu.

cara menambahkan idm ke chrome 7

Nah, itulah cara menambahkan IDM ke Chrome kamu, bagaimana? mudah kan? Sekarang kamu tidak perlu menunggu lama lagi deh untuk mengunduh file-file besar! Selamat mencoba!

Baca juga:

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Tanpa ke Tempat Servis

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP