Cara Menambah Partisi C Windows 7 Tanpa Instal Ulang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
partisi windows 10
Daftar Topik

Masih banyak orang yang kebingungan ketika ingin mengubah ukuran partisi yang ada pada disk yang dimilikinya. Seringkali berapa orang akan merasakan disk jika yang dimiliki kurang atau memang tidak sesuai dengan keperluan. Hal yang seperti ini dikarenakan adanya kesalahan dari lokasi kapasitas hardisk yang dilakukan ketika pertama kali menginstal sistem operasi.

Untuk dapat mengubah partisi disk yang baik dengan menambah atau mengurangi ukuran dari diksi yang sebenarnya hal tersebut bisa dilakukan dirumah. Namun seperti yang kita ketahui jika menginstal ulang tahunnya akan menghapus seluruh data yang ada di dalam perangkat. Pastinya kamu tidak mau kehilangan seluruh hati atau memiliki bukan? mengapa kamu harus mengikuti beberapa teks di bawah ini agar seluruh data multi data akan terhapus ketika menambah kapasitas partisi C:

Cara mudah menambah kapasitas partisi C dengan menggunakan easeus

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan dengan menginstal easeus partition master.
  • Dari partisi yang ada tentukan terlebih dahulu partisi atau poetry yang ingin kamu kurangi agar bisa menambah kapasitas dari drive C. contohnya saja, kamu ingin menambah drive D maka kamu pada drive D harus klik kanan lalu pilihlah resize/move partition.
  • Selanjutnya pada jendela yang baru kamu perlu menggeser pada bagian atas yang memiliki warna hijau dari kiri ke kanan sebanyak ukuran dari partisi yang kamu inginkan untuk bisa menambah drive C.
  • Setelah kamu melakukan hal tersebut maka secara otomatis akan muncul tulisan unlocked disk yang tempatnya ada di sebelah kanan drive C.
  • Kemudian klik kanan pada drive dan pilihlah menu resize/move partition, kemudian tarik dari kiri ke kanan seperti halnya cara sebelumnya agar bisa memenuhi bar.
  • Kemudian tekan tulisan oke untuk bisa memulai proses dari penambahan partisi c yang kamu miliki.

Trik mudah menambah kapasitas drive C dengan MiniTool

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan mendownload aplikasi MiniTool pada website, ketika sudah didownload pastikan jika kamu menginstal aplikasi tersebut.
  • Langkah yang berikutnya ialah dengan membuka aplikasi tersebut dan pilihlah MiniTool partition wizard free. dan langkah selanjutnya ialah klik kanan pada tab sheet lalu pilihlah menu extend.
  • Selanjutnya kamu harus memilih menu take free space from dan pilihlah drive yang akan kamu ambil kapasitasnya. Jika sudah menentukan drive yang diambil kapasitasnya maka klik tulisan offline yang ada pada sudut kiri atas.
  • Pastinya komputer pun akan melakukan proses restart dan pada saat komputer menyala kembali maka proses extend drive C pun akan berjalan. ketika proses udah selesai maka secara otomatis komputer akan restart kembali dan kamu pun sudah bisa menambah kapasitas partisi C.

Trik mudah menambah kapasitas partisi C

Sebetulnya untuk trik yang ketiga ini memang masih menggunakan aplikasi software MiniTool, namun perlu kamu ketahui rupanya untuk yang satu ini cukup berbeda dengan yang sebelumnya meskipun menggunakan aplikasi yang sama. Untuk itulah ketika kamu merasa kesulitan dengan trik yang sebelumnya maka dapat menggunakan sig yang satu ini agar bisa menambah kapasitas partisi C dengan mudah.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan menginstal terlebih dahulu software MiniTool partition wizard. Pada saat kamu sudah mendownloadnya, segera saja Buka aplikasi tersebut dan pilihlah menu disk & partition management.

Setelah itu akan muncul tampilan yang memberikan kamu informasi berbagai macam partisi dengan jumlah ruang kapasitas yang dimilikinya bahkan sampai merk serta jenis dari hardisk MBR atau GPT. Kemudian pilih partisi hardisk yang masih kosong akar kapasitasnya sebagian bisa dipindah ke drive C. Contohnya saja seperti halnya arti partisi F kemudian klik partisi dan berilah menu change partition pilihlah tulisan move and resize partition.

Setelah itu kamu harus mengatur seberapa besar yang akan dipindahkan menuju partisi C, jika sudah menentukan seberapa besar maka tekan tulisan OK. Apabila sudah melakukan tahap tersebut maka kamu pun sudah dapat melihat partisi yang dipindahkan menjadi format unallocated yang berawal dari primary.

kemudian pilihlah partisi unallocated lalu kembali pada menu change partition dan pilihlah menu extend partition. Nah, ketika kamu sudah menemukan partisi tersebut maka silakan pilih drive C. Berikutnya atur bagian ruang harddisk yang sesuai dengan yang sudah dipindah tadi. Lalu tekan menu OK. Tunggu beberapa saat untuk memproses perpindahan kapasitas partisi C.

Itulah sekilas info yang bisa diberikan kepada kamu mengenai cara menambah kapasitas partisi C tanpa harus instal ulang. Semoga dengan adanya informasi tersebut bisa membantu dan menambah wawasan agar bisa menambah kapasitas pada laptop.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP