Cara Menambah Partisi C Windows 10 Tanpa Software

Mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa menambah partisi pada windows 10 ini membutuhkan software. Namun pada kenyataannya kamu bisa menambah partisi pada windows tanpa bantuan software. Dengan kata lain kamu hanya perlu mengandalkan operasi sistem yang tersedia pada windows. Bahkan, jika di perbandingan antara menggunakan software dan tanpa software, menambah partisi tanpa software ini ada keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Jika melakukan partisi pada windows 10 tanpa menggunakan software yaitu lebih praktis dan prosesnya lebih cepat.

Selain itu dengan adanya partisi tambahan ini komputer bisa bekerja lebih cepat karena penyimpan antara data dan sistem sudah terpisah. Sehingga eksekusi program bisa dipercepat ketika komputer dinyalakan. Selain itu sistem dan data penting yang terpisahkan ini sudah akan terlindungi dengan aman. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara menambah partisi windows 10 tanpa software, simak ulasannya berikut ini.

Pentingnya Hardisk Dipartisi

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang masih bertanya-tanya apa pentingnya partisi pada hardisk laptop atau komputer? Tentu saja membuat partisi ini sangat penting agar harddisk yang digunakan memiliki kapasitas yang cukup. Sebelum kita membahas mengenai cara menambah partisi pada windows 10 tanpa software, perlu kita ketahui bahwasannya partisi merupakan kegiatan membagi hardisk menjadi beberapa bagian. Umumnya partisi hardisk ini seperti drive drive D, E, F sampai Z.

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika melakukan partisi pada harddisk. Seperti halnya kamu bisa memisahkan operasi sistem dengan dokumen penting,. Sehingga ketika sistem mengalami kerusakan maka kita bisa menyelamatkan dokumen foto tersebut. Selain itu manfaat yang bisa kamu dapatkan yaitu komputer memiliki kinerja yang lebih cepat, karena penyimpangan antara data dan sistem sudah terpisah. Sehingga eksekusi program bisa dipercepat ketika komputer ditawarkan dan data penting yang dipisahkan tersebut akan terlindungi dengan aman.

Cara Partisi Hardisk Tanpa Software Di Windows

Nah, setelah mengetahui apa itu partisi dan manfaatnya, memasuki ulasan selanjutnya yaitu cara partisi hardisk tanpa software di windows 10. Sebelum melakukan penambahan partisi, alangkah baiknya jika memastikan apakah harga tersebut memiliki kapasitas yang mencukupi. Setidaknya hardisk harus memiliki kapasitas sebesar 80 GB. Langsung saja berikut ini cara partisi hardisk tanpa software di windows:

  • Pertama buka kotak dialog komputer manajemen setelah itu klik Disk Management. Secara otomatis kita akan mengetahui jumlah partisi hardisk saat ini.
  • Langkah selanjutnya yaitu pilih drive yang akan kamu partisi. Dalam hal ini kamu bisa memilih drive C atau drive D. Dengan kata lain kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Karena partisi hardisk yang kamu miliki memiliki satu partisi atau bahkan lebih. Pilih defend pada hardisk yang akan kamu partisi, lalu klik kanan dan pilih Shrink Volume.
  • Lalu perhatikan kapasitas travian akan di partisi. Kamu bisa mengetahuinya dari kolom total size before shrink in MB. Setelah itu lihat kolom ukuran partisi yang direkomendasikan lalu ketikkan berapa besar ukuran partisi yang akan kamu buat di kolom enter pada kolom Enter the amount of space to shrink in MB. Setelah ukuran partisi baru kamu tentukan langkah soalnya yaitu klik Shrink.
  • Setelah itu akan terbentuk satu partisi baru dengan kapasitas yang telah kamu tentukan sebelumnya. Partisi ini tertulis jelas dengan statusnya yang masih belum bisa digunakan atau unlocated.
  • Langkah selanjutnya yaitu klik kanan pada partisi baru, lalu pilih new simple volume agar partisi bisa difungsikan.
  • Lalu klik next agar kamu bisa menentukan nama drive partisi yang akan dibuat volume draft yang direkomendasikan sudah tersedia pada siste, seperti halnya huruf B, H, J, K, L, dan seterusnya.
  • Selanjutnya pilih jenis file system partisi harddisk yang akan dibuat, tersedia 2 jenis sel system yaitu NTFS dan FAT. Disarankan untuk memilih jenis NTFS, lalu tentukan nama partisi baru.
  • Setelah kamu melakukan kegiatan new simple volume, itu tandanya partisi baru sudah dibuat. Untuk mengetahui apakah partisi hardisk komputer sudah bertambah atau belum, silahkan cek dari windows explorer. Jika kamu sudah melakukan semua langkah-langkah di atas, maka pembuatan partisi baru ini akan sukses.
  • Membuat partisi hardisk tanpa software tidak hanya berhenti di sini. Karena partisi hardisk ini akan berubah menjadi status unlocated. Nah, untuk menggabungkanya, klik kanan pada lokasi partisi draft yang digunakan, lalu klikExtend Volume.
  • Setelah itu kamu bisa menggunakan partisi ini untuk menyimpan beberapa file. Selain itu kamu juga bisa menghapus partisi hardisk tanpa software ini.

Itulah cara membuat partisi windows 10 tanpa software dengan mudah. Nah, bagi kamu yang masih bingung dengan cara menambah partisi tanpa software di laptop, tak perlu khawatir.