Cara Menambah Partisi C dengan Mudah

0
10920 Partisi C IT Jurnal
Source: IT-Jurnal

Mungkin saja bagi sebagian orang memiliki pikiran jika menambah partisipasi pada Windows harus memakai software. Akan tetapi pada kenyataannya, menambah partisi tidak perlu menggunakan software pun juga bisa. Artinya ialah, Anda hanya bisa mengandalkan dari operasi sistem yang telah tersedia pada Windows tersebut.

Apabila melakukan partisi pada Windows tanpa perlu memakai software memang caranya akan jauh lebih praktis serta proses penambahan pun bisa lebih cepat. Tak heran jika banyak orang yang mencari tahu mengenai cara menambah partisi C pada komputer.

Bukan hanya itu saja, ketika terdapat partisi yang menjadi tambahan di dalam komputer maka komputer pun bisa berjalan dengan cepat disebabkan penyimpanan di antara data dan juga sistem telah terpisah. Maka dari itu eksekusi dari program pun akan jauh lebih cepat pada saat komputer digunakan.

Pentingnya Melakukan Penambahan Partisi C


10920 Partisi C IT Jurnal
Source: IT-Jurnal

Manfaat yang Anda peroleh pun akan sangat banyak jika menambah partisi c pada harddisk. Misalnya saja Anda dapat memisahkan dokumen yang penting dengan operasi sistem. Jadi pada saat sistem mengalami masalah atau error maka dokumen yang penting di dalam PC maupun laptop pun masih bisa diselamatkan.

Selain itu, manfaat yang dapat anda peroleh ialah PC maupun laptop yang anda miliki pun mampu bekerja lebih cepat. Sebab penyimpanan di antara data serta sistem pun telah terpisah.

Metode dalam Menambah Partisi C Tanpa Menggunakan Software


10920 Partisi C IT Jurnal 1
Source: IT-Jurnal

Nah setelah kita membahas Apa pentingnya dari penambahan partisi. Maka untuk yang berikut ini merupakan penjelasan dari cara dalam penambahan partisi tanpa menggunakan software. Perlu Anda ketahui, sebelum melakukan penambahan Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah PC maupun laptop yang anda miliki mempunyai kapasitas yang cukup. Minimal kapasitas yang dimiliki oleh harddisk sebesar 80 GB.

Dan langsung saja ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama Anda harus membuka kotak dialog pada computer management, kemudian Anda harus klik menu disk management. Yang mana hal ini nantinya secara otomatis Anda akan mengetahui seberapa banyak jumlah dari partisi hardisk yang tersedia pada saat ini.
  • Untuk langkah yang berikutnya ialah harus memilih drive yang ingin diisi oleh partisi. Anda bisa memilih drive C maupun drive D, maknanya ialah Anda juga bisa menyesuaikan pemilihan hardisk yang sesuai dengan keperluan. Hal ini dikarenakan partisi hardisk yang Anda miliki mempunyai satu partisi ataupun lebih dari satu. Kemudian Anda harus memilih defend pada harddisk yang akan di partisi, langsung klik kanan dan klik tulisan shrink volume.
  • Selanjutnya Anda harus memperhatikan kapasitas travian yang nanti akan di partisi. Untuk bisa mengetahuinya Anda dapat melihat pada bagian kolom total size before shrink in MB. Akan ada ukuran yang direkomendasikan dan bisa Anda lihat, lalu ketiklah tulisan pada kolom enter seberapa besar partisi yang ingin ditambah. Nah, baru setelah itu ukuran dari partisi bisa ditentukan dan klik tulisan shrink.
  • Setelah itu secara otomatis akan terbentuk 1 partisi baru yang mempunyai kapasitas sesuai dengan yang sudah anda tentukan sebelumnya. Namun partisi ini mempunyai tulisan dengan status yang masih belum dapat dipakai ataupun unallocated.
  • Dan untuk langkah yang berikutnya Anda harus klik kanan pada partisi baru yang sudah muncul, kemudian pilihlah menu new simple volume sehingga partisi baru tersebut dapat dipakai.
  • Nah, langsung klik tulisan next, dan Anda bisa langsung membuat nama drive dari partisi yang akan dibuat dari volume draft yang memang telah tersedia pada sistem.
  • Berikutnya Anda bisa memilih jenis file sistem partisi hardisk yang tersedia dua macam yaitu FAT dan juga NTFS. Dan untuk dokumentasi pilihan sel sistem harus memilih NTFS baru setelah itu bisa menentukan nama dari partisi baru.
  • Ketika sudah melakukan new simple volume, maka partisi baru sudah dapat dibuat. Untuk mengeceknya Anda bisa membuka Windows Explorer, dan apabila Anda telah melakukan seluruh langkah-langkah yang ada di atas maka pembuatan dari partisi pun telah sukses.
  • Ketika partisi yang Anda dambakan telah berada di hardisk Anda harus menggabungkannya dengan cara klik kanan yang ada di lokasi partisi drive kemudian klik tulisan extend volume.
  • Dan Anda pun sudah bisa menggunakan partisi tersebut untuk menyimpan folder atau file penting bagi Anda.

Untuk Anda yang yang ingin menambahkan partisi pada Windows dengan mudah dan cepat, maka ulasan di atas mengenai cara menambah partisi c tanpa menggunakan software adalah langkah yang tepat. Semoga dengan adanya ulasan di atas bisa membantu Anda untuk menambah partisi C di komputer.

BACA JUGA!

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Windows 10