Cara Menambah Font di Photoshop dengan Mudah

0
28720 Photoshop
Source: Adobe

Bagaimana cara menambah font di photoshop? Photoshop merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit foto. Salah satu komponen utama dalam mengedit adalah font. Karena dengan adanya font maka sebuah foto dapat menyampaikan pesan secara tersirat. Tetapi, perlu diketahui bahwa photoshop tidak mempunyai font secara lengkap sehingga menambah font dalam photoshop merupakan hal yang tepat.

Font yang menarik sangat berfungsi dalam editing photoshop. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan apabila ingin mengedit sebuah poster atau pamflet yang digunakan untuk promosi usaha, maka font yang menarik dapat membuat perhatian banyak orang menjadi fokus. Apalagi memang tujuan adanya poster sebuah usaha adalah untuk menarik minat para pembaca.

Kegunaan Aplikasi Photoshop


28720 Photoshop1
Source: Adobe

Bagi seseorang yang sudah sering bergelut dalam dunia fotografer pastinya tidak asing lagi dengan aplikasi photoshop. Aplikasi ini memang dikenal sebagai aplikasi editing foto yang sangat recomended. Hal ini dikarenakan aplikasi photoshop bisa digunakan untuk merekayasa foto, membuat desain gambar dan mempercantik foto.

Banyak kegunaan lain yang dimiliki photoshop seperti dapat merubah warna, meningkatkan intensitas cahaya, memotong gambar dengan baik, menghapus objek yang ada di gambar. Memperindah gambar, menggabungkan dua foto atau lebih dalam satu gambar, mengaburkan gambar dan masih banyak lagi kegunaan lainnya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mencari tahu sendiri mengenai kegunaan dari photoshop. Karena aplikasi ini memang memiliki banyak kegunaan, terutama dalam bidang editing foto.

Pentingnya Font dalam Photoshop


28720 Photoshop Refrez
Source: Rafrez

Font merupakan salah satu komponen yang penting dalam dunia editing. Hal ini disebabkan karena font dapat memberikan estetika tersendiri pada gambar. Font dalam photoshop memang sering digunakan ketika membuat sebuah pamflet, banner, backdrop, poster, promosi dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, karakter font yang unik-unik sangat diperlukan dalam dunia editing photoshop.

Kenapa sih perlu menambahkan font ke dalam photoshop? Bukannya dalam photoshop sudah tersedia banyak font ya?. Iya memang photoshop sudah memiliki banyak font yang dapat digunakan untuk editing. Namun seiring berkembangnya teknologi, estetika font juga bertambah bagus. Bahkan saat ini sudah banyak font yang dapat digunakan untuk mempercantik hasil editing sesuai dengan tren yang ada. Sehingga adanya font memang berperan penting dalam dunia editing.

Cara Mudah Menambah Font di Photoshop


28720 Menambah Font Di Photoshop OSTraining
Source: OSTraining

Cara menambah font di photoshop tidaklah sulit, bahkan bisa dibilang mudah. Yang penting Anda bisa memahami langkah-langkahnya dengan baik. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan supaya bisa menambahkan font di photoshop dengan mudah. Berikut langkah-langkah beserta penjelasannya.

1. Download Font yang Diinginkan 

Sebelum menambahkan font ke dalam aplikasi photoshop, terlebih dahulu download font yang ingin digunakan. Berbagai macam font yang bisa di download secara gratis, dapat ditemukan melalui internet. Tinggal ketik di pencarian maka akan tersedia banyak font yang bisa di download.

2. Extract Font Hasil Download 

Kebanyakan font yang didownload biasanya dalam bentuk zip yang artinya perlu diextract terlebih dahulu sebelum digunakan. Cara extract file font seperti extract biasanya dan usahakan melakukan extract dalam bentuk folder untuk memudahkan ketika menginstall.

3. Menutup Perangkat Lunak 

Penting untuk melakukan penutupan kepada perangkat lunak yang ada di PC. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya install font terhadap semua perangkat yang ada. Karena perangkat yang ada di PC dapat menginstall font secara otomatis, sehingga langkah ini memang sangat penting untuk dilakukan.

4. Buka Font

Setelah font sudah diextract ke dalam folder dan perangkat lunak sudah ditutup, setelah itu buka folder font tersebut. Carilah berkas yang mempunyai format .otf atau .ttf. Klik berkas tersebut, maka akan muncul tampilan jendela pengaturan dimana terdapat tulisan “Instal” di bagian atasnya.

5. Instal Font 

Klik install pada jendela pengaturan, tunggu beberapa detik sampai proses install selesai. Setelah itu, simpan font ke dalam direktori yang menyimpan khusus font di PC. Untuk melakukan hal ini bisa secara manual dengan cara mencari direktori font, setelah itu masukkan font yang sudah diinstall ke dalam direktori font.

6. Cek Di Aplikasi Photoshop 

Hal terakhir yang harus dilakukan yaitu cek di aplikasi photoshop secara langsung. Dengan cara buka photoshop, setelah itu cobalah mengetik kalimat secara bebas. Blok kalimat tersebut, kemudian ganti font sebelumnya dengan font yang sudah diinstall. Dengan begitu maka font yang baru diinstall sudah bisa digunakan.

Cara menambah font di photoshop tidak hanya bisa dilakukan dengan cara ini saja, melainkan bisa dengan banyak cara. Namun, memang tidak semua cara bisa dilakukan dengan mudah seperti cara yang sudah dijelaskan tadi. Jadi dalam menggunakan cara apapun itu bebas, yang terpenting cara tersebut dapat memudahkan Anda dalam menambahkan font ke dalam photoshop.

BACA JUGA!

Cara Edit Background Foto di Photoshop