Cara Menambah Darah Tanpa Konsumsi Obat Kimia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Sumsum tulang belakang merupakan tempat paling utama yang menghasilkan sel darah merah di dalam tubuh. Apabila sumsum tulang belakang kamu sudah tidak lagi mampu untuk memproduksi sel darah merah yang cukup, tentunya tubuh kamu akan anemia atau kekurangan darah. Akibatnya kamu akan sering merasa letih dan lemas. Supaya membantu memproduksi sel darah merah di dalam tubuh kamu, maka ada cara menambah darah tanpa konsumsi obat kimia.

Mengapa Tubuh Dapat Kekurangan Darah?

Anemia merupakan suatu kondisi yang bisa menyebabkan tubuh kamu kurang sel darah merah. Kondisi tersebut akan terjadi ketika tubuh kamu tidak mempunyai hemoglobin atau sel darah merah sehat yang cukup. jumlah sel darah merah di dalam tubuh yang terlalu sedikit bisa membuat pengantaran oksigen serta nutrisi menuju sel-sel tubuh terganggu. tentunya hal tersebut bisa membuat kamu mengidap gejala anemia seperti sakit kepala, lelah, kulit pucat, sesak nafas serta kaki dan tangan dingin.

Untuk bisa memproduksi sel darah merah, maka tubuh akan membutuhkan mineral, vitamin dan juga nutrisi. sedangkan zat yang paling utama memproduksi sel darah merah adalah vitamin B12, zat besi serta asam folat. Kekurangan asupan nutrisi desa risiko mengidap anemia.

Tubuh kita kekurangan darah juga dikarenakan oleh usia, riwayat keluarga, gangguan usus, menstruasi, hamil serta kondisi kronis. Terdapat beberapa hal lainnya yang bisa menyebabkan tubuh kekurangan darah merah seperti infeksi, paparan dari bahan kimia yang beracun, pecandu alkohol serta penggunaan obat-obatan tertentu.

Baca Juga: POLA MAKAN SESUAI GOLONGAN DARAH

Komplikasi yang Dapat Terjadi Karena Kekurangan Sel Darah Merah

Anemia bisa menyebabkan beberapa komplikasi apabila tidak diobati dengan benar. Beberapa komplikasi tersebut misalnya seperti kelelahan berat sehingga saat kamu terkena anemia yang parah, tentunya kamu akan cepat lelah dan lesu.

Selain itu, Anemia juga bisa menyebabkan kecepatan denyut jantung yang tidak teratur atau disebut dengan aritmia. Dengan begitu, maka jantung kamu harus memompa darah yang lebih banyak lagi untuk bisa mengkompensasi adanya kekurangan oksigen di dalam darah saat menderita anemia.

Apabila asupan sel darah merah kamu tidak tercukupi secara baik tentunya kamu akan rentan terserang infeksi. Hal tersebut dikarenakan sel darah merah akan mempengaruhi kinerja dari sistem imun guna memerangi berbagai macam bakteri dan virus yang bisa menyebabkan penyakit. Bahkan, yang paling parah dari gejala kekurangan darah merah bisa menyebabkan kematian.

Makanan Penambah Darah

Cara  menambah darah tanpa konsumsi obat tentunya dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami seperti buah dan sayur. Nah, berikut ini merupakan makanan yang bisa menambah darah tanpa konsumsi obat.

  • Cabe rawit

Cabai rawit memiliki rasa pedas karena adanya phytochemical yang disebut capsaicin. Capsaicin meningkatkan aliran darah ke jaringan dengan menurunkan tekanan darah dan merangsang pelepasan nitrat oksida dan vasodilator lainnya atau senyawa yang membantu memperluas pembuluh darah kamu.

Vasodilator memungkinkan darah mengalir lebih mudah melalui pembuluh darah dan arteri dengan mengendurkan otot-otot kecil yang ditemukan di dinding pembuluh darah. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cabai rawit meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kekuatan pembuluh darah dan mengurangi penumpukan plak di arteri.

  • Delima

Delima adalah buah berair, buah-buahan manis yang sangat tinggi antioksidan polifenol dan nitrat, yang merupakan vasodilator kuat. Mengkonsumsi buah delima seperti dibuat jus, buah mentah atau suplemen, maka dapat meningkatkan aliran darah dan oksigenasi jaringan otot, yang khususnya dapat membantu individu yang aktif.

Sebuah studi pada 19 orang aktif, menemukan bahwa menelan 1.000 mg ekstrak delima 30 menit sebelum berolahraga meningkatkan aliran darah, diameter pembuluh darah dan kinerja olahraga. Studi lain menunjukkan bahwa konsumsi jus delima setiap hari sebanyak 17 ons (500 ml) selama atau sebelum latihan beban mengurangi rasa sakit, kerusakan otot, dan peradangan pada alat angkat besi elit.

  • Bawang

Bawang adalah sumber antioksidan flavonoid yang sangat baik, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sayuran ini meningkatkan sirkulasi dengan membantu arteri dan vena Anda melebar ketika aliran darah meningkat. Dalam studi 30 hari pada 23 pria, mengonsumsi 4,3 gram ekstrak bawang merah setiap hari secara signifikan meningkatkan aliran darah dan pelebaran arteri setelah makan. Bawang juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat meningkatkan aliran darah dan kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan arteri.

Nah, itulah tadi cara menambah darah tanpa konsumsi obat yang bisa kamu lakukan sendiri. Tentunya dengan bahan alami bisa menghindarkan risiko efek samping yang di timbulkan bahan kimia pada obat.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA