Cara Menaikan Kecepatan Speedy Tanpa Merubah Paket

0

Jaringan internet merupakan salah satu kebutuhan yang penting bagi masyarakat masa kini. Hal tersebut juga membuat hadirnya berbagai macam provider atau penyedia layanan internet dan yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat adalah Speedy dari Telkomsel.

Banyaknya pengguna internet yang memilih Speedy juga dikarenakan penyedia layanan internet ini diklaim memiliki kecepatan koneksi yang stabil dibandingkan dengan penyedia layanan lainnya. Adapun produk dari Speedy sendiri juga terdiri dari berbagai macam paket dengan tingkat kecepatan koneksi internet berbeda.

Dalam hal ini Apabila kecepatan kbps memiliki spesifikasi yang semakin cepat maka harga yang ditawarkan juga akan semakin tinggi. Akan tetapi perlu diketahui bahwa terdapat cara menaikkan Speedy tanpa mengubah paket yang dapat dijadikan sebagai solusi.

Solusi tersebut tentu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan jaringan internet yang lebih murah. Lebih lanjut kamu dapat mempelajari langkah-langkahnya melalui beberapa ulasan berikut ini.

Menaikkan Kecepatan Speedy dengan Download Namebench


Cara pertama yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan Speedy yaitu dengan mendownload aplikasi Namebench. Langkah pertama pada cara ini adalah dengan mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Setelah itu ekstrak file yang sudah didownload dan lanjutkan dengan menginstalnya. Setelah itu buka aplikasinya dan pada bagian kolom number of queries kamu harus mengganti angka 250 menjadi angka 1.

Selanjutnya lihat DNS paling cepat yang tersedia pada layanan jaringan internet. Kamu dapat mengeceknya nya dengan melihat pada bagian health check performance. Pilih opsi fast dan lanjutkan dengan mengklik tombol Start Benchmark. Agar kamu dapat menjalankan aplikasi ini dengan optimal maka kamu harus menghentikan Browser serta kegiatan browsing lainnya.

Setelah itu tunggu hingga aplikasi ini selesai memproses tugasnya yang biasanya nya memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Setelah itu kamu dapat langsung mencoba Apakah koneksi internet kamu semakin lancar dengan menggunakan jaringan internet.

Menaikkan Kecepatan Speedy dengan Mengganti DNS


Cara kedua yang dapat dilakukan untuk menaikkan kecepatan Speedy adalah dengan mengganti DNS. Dalam hal ini penggantian DNS akan disarankan dengan yang sudah direkomendasikan. Adapun langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka control panel dengan mengklik menu start seperti biasanya. Setelah itu lanjutkan dengan memilih bagian Network dan internet kemudian pilih internet sharing Center.

Setelah itu klik opsi change adapter setting kemudian Klik Kanan pada bagian local area connection dan pilih opsi properties. Lanjutkan dengan mengklik internet Protocol version 4 (TCP/Ipv4). Setelah itu kamu dapat mengganti DNS server menjadi alternatif DNS server dan langsung klik OK. Dengan demikian jaringan internet kamu akan dapat lebih cepat dari biasanya.

Menaikkan Kecepatan Speedy dengan Penggunaan Kabel Optik


Cara lain yang dapat dilakukan untuk dapat menaikkan kecepatan Speedy adalah dengan menggunakan kabel optik. Cara ini dilakukan karena internet melalui wifi lebih mudah mengalami gangguan jika dibandingkan dengan menggunakan  jaringan internet melalui kabel. Akan tetapi kabel yang digunakan dalam kan ini lebih disarankan yaitu menggunakan teknologi yang sedang canggih yaitu kabel serat optik.

Dalam hal ini langkah pertama yang dilakukan adalah dengan memindahkan jaringan internet wifi ke internet kabel. Pastikan untuk dapat memilih jaringan kabel telepon yang sudah memanfaatkan kabel optik.

Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis IP atau internet Protocol yang yang tepat untuk digunakan. Dalam hal ini perlu diketahui bahwa internet Protocol yang memiliki angka depan berupa 110 atau 125 memiliki layanan yang lebih nyaman digunakan untuk download.

Selain itu juga terdapat internet Protocol dengan angka yang cocok untuk digunakan dalam bermain game online yaitu dengan angka depan 180. Setelah itu agar koneksi internet dapat ditingkatkan kecepatannya maka kamu harus memperhatikan nilai SNR serta Line Attenuation.

Dalam hal ini perlu diketahui bahwa jika nilai SNR dan Line attenuation berbanding terbalik maka hal tersebut akan menghasilkan layanan jaringan internet yang semakin baik. Berdasarkan hal tersebut kamu harus mengatur agar nilai SNR semakin tinggi sedangkan nilai Line attenuation nya harus semakin rendah.

Namun apabila kamu menemukan nilai snr beserta Line attenuation tidak sesuai dengan hal tersebut. Maka kamu dapat meminta petugas Telkom Speedy untuk dapat menyidik koneksi internet yang terpasang. Karena masalah tersebut akan menjadi penyebab koneksi internet yang sangat lambat atau sering putus nyambung ketika digunakan.

Penggunaan dari kabel optik sangat disarankan untuk bisa menaikkan kecepatan internet Speedy yang juga lebih stabil. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya jaringan optik maka transfer data akan lebih besar dan tidak terbatas. Selain itu layanan ini juga dapat terbebas dari gangguan hujan serta cuaca buruk. Dengan demikian kamu akan dapat menggunakan internet yang lebih aman dan stabil.

Itulah beberapa cara menaikkan kecepatan Speedy tanpa mengubah paket yang dapat kamu coba. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA!

Cara Mengganti Password Wifi Indihome

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: