Cara Memperkuat Pukulan Tangan Agar Keras

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2312-punch pukulan tinju
Daftar Topik

Setiap orang pasti ingin memiliki kemampuan beladiri. Salah satu andalan dalam bela diri yaitu pukulan atau serangan tangan. Pukulan tangan dalam dunia bela diri menjadi bagian yang paling penting. Maka dari itu pukulan tangan ini harus dilatih agar bisa kuat dan keras. Untuk melatih tentu saja dibutuhkan cara yang tepat dan rutin. Selain dibutuhkan latihan yang rutin, istirahat yang cukup serta makanan yang bergizi juga diperlukan. Bagi kamu yang ingin mengetahui cara memperkuat pukulan tangan agar lebih keras dan kuat, simak ulasannya berikut ini.

Memperkuat Pukulan Bisa Dilakukan dengan Mudah


Melatih pukulan tangan agar keras dan cepat memang diperlukan cara yang tepat agar terhindar dari cedera yang tidak diinginkan. Dua hal penting yang perlu dilatih sebagai fighter yaitu kekuatan dan kecepatan. Karena pukulan tidak akan terasa sakit bagi lawan tanpa adanya kedua hal tersebut. Dengan adanya kekuatan saat memukul bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh lawan sehingga melemah.

Kecepatan dalam memukul ini berguna untuk melebihi lawan, sehingga gerakan kita tidak mudah terbaca oleh lawan. Dengan kecepatan memukul ini pukulan bisa cepat sampai di tubuh lawan sebelum disadari. Jika disimpulkan kekuatan dan kecepatan dalam pukulan harus dilatih secara imbang dan berkala, karena keduanya memang menjadi dua hal yang tak terpisahkan.

Memperkuat pukulan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa harus menggunakan pelatih yang profesional. Latihan ini cocok bagi kamu yang amatir atau baru mau mencoba dunia beladiri. Untuk awal percobaan mulailah untuk mempraktekkan cara melatih pukulan agar keras dan cepat sendiri, namun tetap lakukan secara ruti agar hasilnya maksimal.

Cara Melatih Pukulan Tangan agar Keras


Agar kekuatan dan kecepatan bisa terlatih dan terbiasa. Tentu saja tidaklah mudah, buruh banyak waktu dan latihan yang rutin. Namun bukan berarti kedua hal tersebut mustahil untuk dilakukan. Dengan catatan semakin giat dan tekun kamu berlatih pukulan ini maka akan semakin cepat pula kamu mendapatkan hasil yang sempurna. Kamu perlu mengkombinasikan kedua sesi latihan dalam melatih pukulan tangan agar keras dan cepat. Namun cara melatih pukulan ini harus dilakukan dengan benar dan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

Sebelum melakukan latihan pukulan tangan, alangkah baiknya jika di mulai dengan pemanasan dan pendinginan setelahnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari cedera yang tidak diinginkan. Nah, untuk melatih kekuatan pukulan dan kecepatan, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1) Membangun Kekuatan Otot di Sekitar Tangan

Untuk meningkatkan power pukulan membangun otot di sekitar lengan memang bagus. Namun jika terlalu besar hal ini bisa menurunkan kecepatan tangan. Kemungkinan besar hal ini bisa terjadi jika kamu hanya melakukan latihan di gym. Untuk membangun kekuatan otot di sekitar tangan tidak harus selalu mengangkat beban. Membangun otot juga bisa dilakukan dengan cara yang simple dan sederhana seperti push up.

2) Melatih Kekuatan Otot Pergelangan Tangan

Lakukan latihan hand grip secara rutin untuk melatih kekuatan otot pergelangan. Selain itu latihan ini juga berguna untik melatih daya tahan lengan serta meningkatkan kekuatan lengan. Selain itu latihan hand grip ini juga bisa melatih otot lengan bawah. Bahkan jika latihan ini dilakukan secara rutin, bisa meningkatkan kekuatan otot pergelangan tangan untuk meningkatkan kekuatan pukulan kita.

Melakukan latihan ini tidak harus menggunakan hand grip, jika kamu tidak memilikinya kamu bisa menggunakan botol kaca dengan ukuran yang pas di genggaman tangan. Caranya sangat mudah, pegang botol dengan satu tangan secara melintang. Setelah itu lakukan gerakan memutar perlahan secara berulang dan lakukan secara hati-hati agar tidak terjadi cidera. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu hanya perlu melakukannya beberapa menit setiap harinya.

3) Melatih Kekuatan Pukulan Tangan dengan Samsak

Meningkatkan kekuatan pukulan juga bisa kamu lakukan dengan berlatih memukul samsak untuk mengetahui seberapa besar kekuatan pukulan. Nah, sebenarnya lakukan dengan memukul sekeras kerasnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan latihan ini secara rutin. Latihan samsak ini memiliki resiko cedera yang kecil. Sehingga cocok untuk digunakan melatih agar pukulan keras dan cepat. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebisa mungkin gunakan hand grip saat berlatih.

4) Melatih Kekuatan Pukulan dengan Makiwara

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk melatih pukulan yaitu dengan makiwara. Bagi seorang karateka, mungkin sudah tidak asing lagi dengan latihan ini. Untuk hasil yang maksimal, lakukan latihan ini secara rutin. Untuk memiliki kekuatan pukulan yang bagus tidak semudah yang dibayangkan. Untuk mencapainya butuh proses yang lama. Ketika berlatih lecet dan berdarah sudah menjadi hal yang wajar. Untuk menjadi fighter sejati, kamu harus melakukannya secara rutin agar menghasilkan pukulan yang keras dan cepat.

Itulah cara mudah memperkuat pukulan tangan dengan beberapa latihan. Untuk mendapatkan kekuatan dalam pukulan, kamu tidak harus melakukan semua latihan tersebut. Kamu hanya perlu memilih salah satunya. Namun tetap melakukan secara rutin agar hasilnya maksimal. Semoga ulasan ini bermanfaat.

BACA JUGA! CARA MELAKUKAN PUSH UP YANG BENAR

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP