Cara Memperkuat Pergelangan Tangan untuk Olahraga Badminton

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
1012-wristcurls
Daftar Topik

Badminton merupakan salah satu olahraga yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Selain menyenangkan olahraga ini tentu juga membutuhkan kekuatan terutama pada bagian pergelangan tangan. Akan tetapi bagi para pemain pemula memerlukan adanya latihan untuk dapat memperkuat pergelangan tangan.

Dengan demikian bermain badminton juga akan dapat dilakukan dengan sebaik mungkin. Hal ini tentu sangat penting terlebih jika memiliki niat untuk bisa menjadi atlet bulutangkis. Memperkuat pergelangan tangan sendiri dapat dilakukan berbagai macam cara mulai dari yang mudah hingga yang cukup susah. Beberapa diantara cara tersebut dapat dipahami melalui ulasan berikut ini.

Memperkuat Pergelangan Tangan di Gym


Gym merupakan tempat yang efektif dalam melakukan olahraga terutama untuk membentuk kekuatan otot. Dalam hal ini untuk dapat memperkuat pergelangan tangan di gym dapat dilakukan dengan wrist curl sebagai aktivitas sehari-hari. Pada cara ini diperlukan adanya bantuan alat berupa dumbel atau barbel untuk diangkat menggunakan kedua tangan.

Langkah pertama yaitu genggam dambel dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas dengan duduk di atas bangku. Kemudian mengangkatnya ke arah pergelangan tangan namun tidak sampai menekuk siku untuk dapat menggunakan otot lengan bagian bawah.

Lanjutkan dengan menurunkan kembali dumbel serta ulangi gerakan ini berkali-kali pada lengan yang lain secara bergantian. Latihan ini dapat dilakukan sebanyak 3 set dengan 15 repetisi atau jika masih awal-awal lakukan hingga merasa lelah saja.

Cara lain untuk dapat memperkuat pergelangan tangan di gym adalah dengan latihan wrist curl terbalik. Cara ini dilakukan dengan tujuan agar melatih bagian lain pada pergelangan tangan. Oleh karena itu latihan ini dapat langsung dilakukan setelah menjalani latihan wrist curl biasa. Dengan demikian semua otot pergelangan tangan akan dapat terlatih secara keseluruhan.

Langkah pertama adalah sama seperti sebelumnya yaitu duduk di atas bangku. Kemudian letakkan salah satu lengan di atas paha dalam kondisi tangan terentang melebihi lutut. Selanjutnya ambil dan genggam dumbel menggunakan telapak tangan mengarah ke bawah dan angkat keatas. Gunakan pergelangan tangan dengan keadaan dumbel tetap menggantung di tangan. Pastikan untuk dapat mengangkat hingga tingginya sejajar dengan lengan. Kemudian diturunkan kembali dumbel dan ulangi langkah ini berkali-kali pada lengan yang lain secara bergantian.

Memperkuat Pergelangan Tangan di Rumah


Selain olahraga di gym, memperkuat pergelangan tangan juga dapat dilakukan dengan mudah dan lebih murah di rumah. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam hal ini yaitu menggunakan kedua tangan ketika melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan dengan satu tangan. Hal tersebut dilakukan karena rata-rata orang pasti mempunyai salah satu pergelangan tangan yang lebih kuat dibandingkan dengan yang lain.

Oleh karena itu jika dilakukan di awal cara ini akan cukup sulit untuk dilakukan bagi pergelangan tangan yang kurang memiliki kekuatan. Akan tetapi teruslah melakukan cara ini secara rutin maka seiring berjalannya waktu pergelangan tangan yang lebih lemah akan semakin kuat.

Adapun aktivitas sehari-hari yang dapat dilakukan dalam cara ini yaitu, menulis, menggunakan mouse, menggosok gigi  mengaduk, dan juga dapat berupa aktivitas lain yang cukup berat.

Tidak hanya itu, terdapat cara lain yang dapat dipilih dan lebih berat yang dapat dilakukan. Dalam hal ini yaitu menggunakan ember beras. Latihan ini dapat dilakukan dengan persiapan serta pelaksanaan yang mudah.

Tidak hanya itu, latihan menggunakan ember beras juga dianggap cukup efektif dalam menambah kekuatan pergelangan tangan. Adapun alat pendukung yang dibutuhkan dalam hal ini yaitu sebuah wadah yang cukup lebar dan dalam sehingga tangan kamu bisa masuk ke dalamnya dengan nyaman tanpa saling bersentuhan.

Selain itu bahan lain yang dibutuhkan adalah beras untuk membenamkan tangan di dalam wadah. Langkah pertama yaitu memasukkan tangan ke dalam beras yang sudah dituang ke dalam wadah sebelumnya. Pastikan tangan dalam keadaan terbenam dalam beras sampai pergelangan tangan.

Pada langkah ini pergelangan tangan akan mendapatkan kekuatan yang besar dari daya tekan beras terhadap tangan. Hal tersebut dapat diperoleh dengan kepalkan tangan menjadi bentuk tinju. Setelah itu lakukan gerakan memutar ke belakang dan ke depan. Kemudian buka genggaman tangan dan lakukan gerakan memutar ke depan dan ke belakang.

Lakukan hal tersebut ketika tangan berada di dalam beras secara berulang-ulang hingga merasa seperti terbakar. Kemudian gerakkan tangan ke atas dan ke bawah dan lanjutkan dengan melakukan gerakan wrist curl dengan telapak tangan menghadap ke tubuh. Kemudian lakukan juga gerakan lain yaitu dengan cara punggung telapak tangan menghadap ke tubuh yang merupakan gerakan wrist curl terbalik. Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam memperkuat pergelangan tangan untuk kegiatan olahraga badminton. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! CARA MELAKUKAN PULL UP YANG BENAR

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP