Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 di PC Kamu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2420-windows 10 2
Daftar Topik

Setelah peluncuran windows 10 oleh Microsoft, windows 10 langsung menjadi windows favorit di kalangan para pengguna PC. Windows 10 dilengkapi dengan berbagai keunggulan yang tentunya dapat menarik para pengguna PC untuk menerapkannya pada PC mereka.

Keunggulan Windows 10


Pada windows 10 kamu akan menemukan tombol start dan live tile yang sebelumnya hanya ada pada windows 7. Adanya tombol start dan live tile membuat kamu menjadi lebih nyaman ketika menggunakan PC.

Windows 10 memperkenalkan Microsoft edge sebagai browser khusus window 10. Microsoft edge memiliki beberapa fitur unggulan yang tidak akan kamu temukan pada internet explorer. Seperti kemampuan menggambar, memberikan catatan pada halaman web dan men share langsung ke teman-temanmu.

Hadirnya fitur cortana yang akan melakukan berbagai perintah atau menjawab berbagai pertanyaan yang kamu berikan. Cara menggunakan cortana ini cukup mudah yaitu dengan mengucapkan “Hey, Cortana”.

Windows 10 sudah bisa melakukan copy paste teks pada command prompt. Yang tentunya akan mempermudah kamu. Tanpa harus menulis ulang.

Itulah sedikit keunggulan dari windows 10, selain itu desain dan tampilan dengan kesan elegan windows 10 membuat para pengguna juga merasa puas. Namun sayangnya, pada beberapa PC yang memiliki spesifikasi rendah, ketika dilakukan pemasangan windows 10, PC tersebut akan menjadi lemot.

Alasan Windows 10 Lemot


Banyaknya file cache yang menumpuk. Terkadang para pengguna tidak terlalu memerhatikan file cache atau file-file sampah yang ada setelah pengoperasian windows. Akhirnya file sampah yang menumpuk membuat kinerja windows 10 menjadi lemot.

Banyaknya program atau software yang diinstall pada PC. Software yang diinstall pada PC, meskipun tidak digunakan dapat membuat performa windows 10 menjadi lemot atau menurun.

Terlalu banyak program yang dijalankan secara bersamaan dan adanya komponen dari PC yang rusak seperti hardisk, VGA dan sebagainya.

Adanya virus atau malware yang tidak terdeteksi juga bisa menurunkan performa kinerja windows 10.

Berbagai cara untuk mengatasi kelambatan windows 10. Cara tersebut dapat kamu gunakan sesuai dengan masalah yang menimbulkan window 10 kamu lemot.

Cara Agar Windows 10 Tidak Lemot


Pertama, kamu bisa memanfaatkan windows defender yang ada di PC kamu. Langkah-langkahnya seperti berikut,

  1. Buka windows defender security center dengan cara klik start pada pc kamu, lalu ketik windows defender, setelah muncul, kamu bisa pilih windows defender.
  2. Kemudian klik pilihan App dan browser control
  3. Setelah itu, kamu scroll ke bawah sampai kamu temukan tulisan Exploit protection, setelah itu, klik link Exploit protection setting.
  4. Tetap pada halaman. Kamu ubah opsi CFG atau control flow guard ke posisi off by default dengan menggunakan dropdown yang tersedia.
  5. Setelah proses tersebut selesai. Selanjutnya restart komputer anda.

Kedua, pastikan tidak ada virus yang hinggap di PC kamu dengan cara menginstal antivirus yang bagus dan populer di kalangan pengguna PC. Seperti AVG, Avast dan antivirus populer lainnya.

Ketiga, kamu dapat menonaktifkan layanan yang tidak perlu yang ada pada PC kamu, caranya seperti berikut,

  1. Klik kanan pada tombol start
  2. Lalu klik task manager
  3. Klik tab “service”
  4. Klik kanan pada service yang kamu anggap tidak perlu.
  5. Selanjutnya klik stop.

Keempat, kamu dapat uninstall program-program yang tidak kamu pakai atau yang menurutmu tidak penting. Cara uninstall program tersebut cukup mudah yaitu dengan cara klik control panel lalu pilih program and features, lalu cari program yang menurutmu tidak penting selanjutnya klik uninstall.

Kelima, membersihkan hardisk yang penuh. Cara membersihkannya dapat menggunakan Disk Cleanup yang ada pada sistem operasi windows dengan cara sebagai berikut,

  1. Buka windows explorer
  2. Klik kanan pada local disk C selanjutnya pilih dan klik properties.
  3. Selanjutnya buka tab “general”
  4. Klik “disk cleanup”
  5. Tunggu prosesnya, setelah itu klik unnecessary files
  6. Lalu klik OK

Keenam, memperingan web browser dapat dengan cara men-disable extension yang memang tidak kamu perlukan, sehingga kecepatan windows mu akan memuaskan dan pastinya menjadi cepat.

Ketujuh, kamu bisa menutup program-program dengan penggunaan memori, CPU dan disk yang relatif tinggi dengan mencari di task manager. Cari dengan cara klik pada header “CPU”, “memory” dan “disk” untuk menemukan program-program mana yang terlalu berlebihan dalam menggunakan resource. Apabila menurut kamu program itu tidak diperlukan, kamu bisa menutup paksa program tersebut dengan cara klik kanan pada program yang ingin kamu tutup, lalu pilih “end task”.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara mempercepat kinerja dan performa windows 10 di PC kamu. Lambat atau cepatnya performa windows 10 itu tergantung bagaimana cara pemakaian PC.

BACA JUGA!

Cara Mengatasi Windows Cannot Be Installed to This Disk Tanpa Menghapus Data

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP