Cara Memperbesar Ukuran File PDF Tanpa Software

0

Portable document format atau yang sering kita dengar  dengan PDF. Pdf merupakan salah satu format file besutan dari adobe system, Inc. Hampir semua orang menggunakan jenis format file dalam bentuk pdf, karena adanya beberapa keunggulan yang ditawarkan pdf oleh para pengguna, sehingga mereka sangat tertarik dengan format file pdf ini.

Pdf merupakan format file yang sangat aman untuk dipakai, semisal untuk transfer file antar pc dan sebagainya. Karena sebuah file yang disimpan pada pdf, tidak akan bisa mengalami perubahan meskipun dokumen tersebut dibuka dalam sistem operasi yang berbeda. menarik bukan.

Cara mengubah dokumen dalam format yang lain seperti dalam format word, format excel, dan sebagainya untuk di ubah ke dalam bentuk pdf, tidak memerlukan waktu lama dan pastinya dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Mengenai waktu pengubahan file tersebut, sesuai dengan ukuran dan bentuk dokumen yang akan dirubah dalam bentuk pdf.

Selama ini, kita hanya mengetahui cara melakukan resize pada file pdf. Namun, ternyata file pdf, juga bisa kita perbesar. Untuk memperbesar atau memperkecil sesuatu pastinya membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang harus kita download dan kita install, namun berikut ini ada cara yang bisa kamu gunakan untuk memperbesar file pdf tanpa menggunakan software apapun dan yang pasti mudah.

Melalui Website Resize PDF


Kamu bisa merubah ukuran file pdf dengan tanpa software melalui website berikut, yaitu website resize pdf. Mengenai cara penggunaanya kamu bisa menggunakan cara berikut ini,

Pertama, yang pertama kali harus kamu lakukan adalah yang pastinya mengunjungi website resize pdf terlebih dahulu. Kemudian kamu akan diarahkan pada halaman yang di dalamnya terdapat cara merubah ukuran file pdf.

Kedua, selanjutnya pada halaman tersebut akan terdapat button berwarna hijau yang bertuliskan + tambah file. Kamu bisa melakukan klik pada button tersebut, untuk menambahkan file atau memasukkan file pdf yang ingin kamu ubah ukurannya.

Ketiga, pada samping button tersebut terdapat ikon kecil yang menunjukkan ikon google drive dan ikon dropbox. Kedua ikon tersebut berfungsi, apabila file pdf yang kamu miliki terdapat pada google drive atau terdapat pada dropbox, sehingga kamu bisa memilih salah satu dari ikon tersebut sesuai dengan file pdf kamu.

Keempat, apabila file pdf yang ingin kamu masukkan pada website tersebut sudah terlihat. Selanjutnya kamu bisa melakukan perubahan pada file pdf. Yaitu dengan memilih opsi ukuran halaman. Disana nantinya akan terdapat berbagai ukuran halaman. Sehingga kamu bisa memilih ukuran halaman sesuai dengan yang kamu inginkan.

Kelima, apabila kamu telah selesai memilih ukuran file pdf yang kamu inginkan selanjutnya kamu bisa men tap button yang bertuliskan “unduh file”. Sebelum kamu melakukan pengunduhan, ada baiknya kamu melakukan pengecekan file pdf kamu dengan cara memperhatikan terlebih dahulu rincian yang terdapat didalamnya. Apabila kamu merasa yakin bahwa itu benar, kemudian kamu bisa melakukan pengunduhan file pdf kamu.

Menggunakan Situs Docupub.com


Sama seperti situs pengubahan ukuran yang telah dibahas di atas, situs ini juga memiliki fungsi untuk merubah ukuran file pdf. Baik di perkecil atau juga bisa diperbesar. Situs ini memang situs yang khusus disediakan untuk mengedit ukuran suatu file pdf. Pada situs ini, kamu bisa melakukan seperti resize pdf, compress pdf dan merge pdf. Bagi kamu yang penasaran dan ingin mengetahuinya lebih lanjut, begini cara penggunaannya.

  1. Hal yang pertama dan pasti kamu lakukan adalah dengan mengunjungi situs docupub.com
  2. Apabila kamu telah berhasil mengunjungi situs tersebut, kemudian kamu akan diarahkan pada menu halaman yang berisi tentang pengaturan resize atau scale setting.
  3. Pada halaman tersebut, kamu bisa mengisi seperti, page size yaitu ukuran page dan disitu sudah tersedia berbagai size sehingga kamu bisa memilihnya secara langsung. Kemudian apabila menurut kamu opsi yang disediakan tidak sesuai, kamu bisa melakukan pengaturan sendiri dengan meng kostumisasi ukuran page.
  4. Apabila pengaturan page kamu telah selesai, selanjutnya kamu bisa memilih file pdf kamu yang ingin kamu lakukan resize. Dengan cara melakukan tap pada button browse.
  5. Apabila file pdf yang kamu ingin resize sudah ketemu dan sudah di tampilkan, selanjutnya kamu bisa memilih button “upload & resize”
  6. Kemudian yang terakhir adalah menunggu proses resize hingga selesai. Apabila telah selesai, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan pada hasil akhir pakan memang benar-benar sudah sesuai.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan resize pada file pdf kamu. Cara-cara tersebut tergolong mudah, karena hanya perlu dilakukan secara online dan pastinya tidak melibatkan aplikasi pihak ketiga.

BACA JUGA! Cara Memotong Halaman PDF Tanpa Software

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here