Cara Memperbaiki SD Card yang Tidak Terbaca Tanpa Format

0

Salah satu komponen penting yang ada pada handphone adalah kartu memori atau SD card. Kamu bisa menambah kapasitas penyimpanan pada handphone yang terbatas dengan menggunakan SD card. Terkadang SD card bisa mengalami gangguan yang bisa menyebabkan adanya kerusakan atau tidak bisa terbaca. Memperbaiki SD card yang tidak terbaca karena rusak tanpa format bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Memperbaiki SD Card yang Tidak Terbaca Tanpa Format


Ada beberapa cara memperbaiki SD Card yang tidak terbaca tanpa format dan bisa Kamu coba untuk terapkan, yaitu meliputi:

  • Bersihkanlah SD Card

Membersihkan SD card harus dilakukan secara manual. Caranya keluarkan SD card dari HP. Lihatlahdi bagian bawah SD card ada lempengan tembaga yang warnanya keemasan. Jika bagian lempengan tersebut kotor, maka SD card menjadi sulit terdeteksi oleh HP.Kamu bisa menggunakan penghapus pensil yang berwarma putih atau terang untuk membersihkannya.

Gosoklah bagian lempengan tersebut dengan perlahan sampai nampak bersih serta mengkilap. Kemudian masukkan kembali SD card Kamu ke dalam slot yang tersedia, lalu nyalakan HP. Periksalah apakah SD card Kamu sudah bisa terbaca oleh HP atau masih belum.

  • Bersihkanlah Bad Sector pada SD Card

Cara lainnya yaitu dengan membersihkan bad sector yang terdapat di SD card memakai komputer PC maupun laptop. Bad sector menjadi salah satu penyebab kerusakan hard disk pada PC. Jadi, jangan sampai SD card Kamu mempunyai bad sector.Caranya yaitu dengan terlebih dulu menghubungkan SD card yang rusak ke PC melalui card reader.

Setelah itu, klik kanan pada nama SD card yang terbaca pada Windows Explorer. Kemudian pilih Properties – Tools – Check now. Pilihlah automatically fix file system errors dan scan for and attempt recovery of bad sector. Klik pada bagian tombol start untuk memulai proses membersihkan bad sector.

  • Memakai Command Prompt

Command Prompt bisa digunakan untuk mengatasi SD card yang rusak tanpa perlu melakukan format. Cara membukanya untuk OS Windows 7 ke atas yaitu klik Start Menu, lalu ketik cmd pada bar pencarian. Jika Kamu memakai OS Windows XP, maka klik Start, lalu pilihlah Run. Baru kemudian ketik cmd. Jika sudah,tekanlah enter pada keyboard. Selanjutnya, jendela Command Prompt akan terbuka.

Cek terlebih dahulu partisi yang terbaca pada SD card Kamu memakai Windows Explorer. Misalnya SD card yang terbaca yaitu partisi g:. Ketik chkdsk g: (partisi SD card) /f pada jendela Command Prompt, lalu tekan enter pada keyboard. Tunggu selama beberapa saat sampai Windows mendeteksi permasalahan apa yang ada pada SD card Kamu.

  • Scan Menggunakan Antivirus

Langkah ini sedikit berhubungan dengan langkah sebelumnya. Sambil mengecek SD card melalui PC, Kamu bisa sambil melakukan scanning virus yang mungkin saja ada di SD card Kamu memakai antivirus. Tidak terbacanya SD card bisa saja karena ulah dari beberapa jenis virus  dan berhasil menyerang SD card yang sudah memblokir akses kartu agar bisa dibaca di HP.

Jika proses scanning yang dilakukan sudah selesai dan SD card Kamu benar-benar terdeteksi terserang virus, maka segera bersihkan virus tersebut. Setelah itu, pasangkan kembali SD card ke HP.

  • Format SD Card

Jika SD card sudah tidak bisa lagi ditangani dengan beberapa cara diatas, maka langkah terakhir adalah format SD card. Caranya yaitu masuk saja ke dalam menu Setting pada Android Kamu, lalu pilih Storage. Pilaihlah Erase SD Card. Sistem Android akan menghapus serta membersihkan isi di dalam SD card Kamu secara otomatis.

Penyebab SD Card Rusak


Ada beberapa hal yang menyebabkan SD card tidak terbaca atau rusak, antara lain:

  • Kualitas SD Card Kurang Bagus

SD card yang kurang bagus menyebabkannya mudah rusak. Jadi, pertimbangkan SD card yang akan Kamu beli. Hal ini bisa dilihat dari jenis merknya. Salah satu pertimbangan yang bisa Anda pilih adalah dari mereknya. Biasanya SD card yang bagus memiliki harga yang cukup mahal.

  • Penggunaan SD Card yang Salah

Memakai SD card memiliki caranya sendiri.Terutama ketika Kamuakan melepaskan SD card dari HP. Kamu tidak bisa melakukannya secara sembarangan.Jangan asal mencabut atau melepaskan SD card begitu saja. Lakukan eject manual pada HP ketika ingin mencabut SD card. Caranya yaitu masuk ke menu Setting, pilihlah Storage – MicroSD – Unmount SD Card.

  • Umur SD Card Sudah Tua

Jika SD card umurnya sudah tua, maka lama kelamaan performanya akan semakin menurun. Penurunan performa bisa menyebabkan SD card menjadi rusak. Jadi,beberapa cara memperbaiki SD Card yang tidak terbaca tanpa format bisa Kamu coba terapkan. Sangat mudah dilakukan bukan?

BACA JUGA! INI DIA CARA MEMINDAH APLIKASI KE SD CARD DENGAN CEPAT DAN MUDAH