Home Editor's Choice Fashion Cara Memperbaiki Resleting yang Rusak

Cara Memperbaiki Resleting yang Rusak

0
Cara Memperbaiki Resleting yang Rusak

Sepertinya hampir semua orang sudah pernah mengalami kesulitan dikarenakan resleting yang telah rusak. Kerusakan dari translate sendiri juga tidak pandang bulu karena resleting pada baju, celana, tas, ataupun jaket pun sudah pernah mengalami kerusakan. Contohnya saja dimulai dari resleting yang sulit ketika ditutup, giginya terlepas ataupun resleting yang suka turun sendiri dikarenakan kurang rapat.

Apabila sudah begini umumnya barang dengan resleting yang telah rusak akan dianggap tidak dapat digunakan lagi. Sehingga orang tersebut pun tidak pernah dipakai atau bahkan sudah disingkirkan ke dalam gudang. Padahal sebetulnya barang-barang dengan resleting yang rusak masih dapat dibetulkan kembali loh.

Apabila kamu mengalami masalah pasang resleting maka jangan terburu-buru membuangnya, karena kamu bisa menggunakan listrik di bawah ini untuk membetulkan resleting barang yang rusak.

Mengatasi Kerusakan Resleting yang Macet atau Susah Digerakkan


Untuk kerusakan yang pertama adalah resleting yang macet atau susah digerakkan, di mana kerusakan yang satu ini memang sering terjadi. Pastinya pun kamu sering mengalami rasa tidak nyaman karena resleting tersebut susah bergerak meskipun telah ditarik dengan kuat. Biasanya penyebab dari macetnya resleting tersebut dikarenakan slider yang merupakan kepala resleting terlilit oleh benang-benang halus yang ada di sekitar gigi resleting tersebut.

Nah, untuk bisa mengakalinya kamu bisa menggosokkan lilin batangan pada bagian gigi resleting agar gigi resetting lebih licin. Ketika kamu tidak memiliki lilin, maka bisa juga menggunakan minyak goreng yang pastinya bisa menjadi pelumas.

Kerusakan Resleting yang Terpisah


Sebetulnya terdapat dua penyebab yang bisa menjadi pemicu dari kerusakan resleting yang satu ini yang pertama dapat juga dikarenakan gigi resleting yang kotor dan yang kedua adalah slider yang bengkok ataupun renggang. Mula-mula kamu harus mengeluarkan semua isi yang ada di dalam tas, celana ataupun pakaian.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika memang gigi resleting kotor ialah dengan membuat larutan air sabun lalu celupkan cotton bud kedalam air sabun tersebut Lalu gosokkan pada hati yang kotor. Apabila memang bagian slidernya yang renggang atau bengkok maka kamu dapat memakai tank yang ujungnya runcing sehingga bisa mengencangkan kepala resleting yang renggang tersebut atau dapat membetulkan posisi ketika slider bengkok.

Masalah Kerusakan Resleting yang Suka Turun atau Terbuka dengan Sendirinya


Resleting yang mengalami kerusakan seperti halnya suka turun sendiri umumnya bagian sekitarnya akan berat ketika ditarik ke bawah. Dan cara untuk memperbaikinya ialah dengan mengganti gigi resleting tersebut. namun kamu masih bisa mengakalinya dengan memakai pengait gantungan kunci yang dapat kamu beli di toko peralatan jahit. Kemudian kamu dapat mengaitkan ini dimata slider lalu tariklah ke atas dan masukkan lubang gantungan tersebut kedalam kancing celana.

Gigi Resleting Bagian Bawah yang Hilang


Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan menarik slider sampai ke ujung bawah sampai silinder tersebut terlepas di bagian kiri resleting. Selanjutnya kamu juga harus melepas pengunci resleting yang memiliki bentuk terowongan persegi. Lalu pasanglah slider dan tarik ke atas, selanjutnya kamu juga bisa memasang lagi pengunci resleting yang ada di ujung gigi paling bawah. lalu jahitlah bekas gigi rasa tikam telah rusak tersebut sehingga tidak mudah robek.

Kerusakan pada Penanganan Resleting Atas


Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan menarik resleting ke atas lalu balik lah baju ataupun celana tersebut agar bagian dalam resleting ada di bagian luar. Lalu kamu dapat menjahit penahan resleting bagian atas tersebut dengan cara membongkar dan menarik dengan tank untuk bisa melepaskan penahan resleting yang ada di bagian atas.

Lalu kamu dapat memasukkan gigi pada bagian kiri ke dalam sisi kiri kepala resleting dan lakukan hal yang sama pada bagian kanan. Selanjutnya peganglah bagian bawah resleting dengan satu tangan sedangkan pada tangan yang satunya menggerakkan kepala resleting menuju bagian tengah.

Berikutnya baliklah baju ataupun celana seperti semula lagi lalu kamu dapat memasang penahan resleting yang ada di bagian tepatnya pada gigi resleting sisi kiri atas. Kemudian kamu dapat mengencangkan nya dengan menggunakan tang. Kemudian kamu bisa menjahit kembali lapisan kain yang ada pada Belanda setting dengan jarum beserta nang yang telah disediakan.

Tak dapat dipungkiri jika memperbaiki resleting yang telah rusak memang memerlukan ketelatenan apalagi jika terdapat proses menjahit juga. Namun yang pasti kamu dapat mencoba menerapkan cara ini sebelum meminta bantuan ke jasa jahit.

Itulah sekilas info yang dapat diberikan kepada kamu mengenai cara memperbaiki resleting yang telah rusak. Semoga saja dengan adanya penjelasan tersebut bisa berguna dan memberikan manfaat untuk kamu semua.

BACA JUGA! INILAH CARA MENJAHIT CELANA TANPA MENGGUNAKAN MESIN JAHIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here