Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2420-memory card 1
Daftar Topik

Sebagai tempat penyimpanan berbagai macam file, kartu memori merupakan komponen yang penting dalam perangkat ponsel. Melalui komponen tambahan tersebut maka kapasitas penyimpanan yang awalnya terbatas akan dapat berukuran lebih besar. Dengan demikian kartu memori akan dapat menyimpan berbagai macam file tanpa perlu khawatir memori internal pada smartphone penuh.

Akan tetapi apabila berada dalam perawatan yang tidak baik maka kartu memori akan dapat mengalami gangguan bahkan hingga menimbulkan kerusakan. Lebih lanjut kerusakan tersebut mengharuskan untuk mengosongkan kartu memori sehingga fungsi utamanya akan hilang. Jika file di dalamnya tidak terlalu penting mungkin hal tersebut bukan menjadi suatu masalah besar.

Akan tetapi jika tersimpan beberapa file penting maka harus dilakukan cara apa saja untuk dapat membenarkannya. Agar dapat mengetahui cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat, berikut ini merupakan beberapa ulasannya.

Membersihkan Kartu Memori


Cara pertama yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kartu memori adalah dengan membersihkan komponennya. Yang dimaksud membersihkan dalam hal ini adalah benar-benar membersihkan kartu memori secara manual. Langkah pertama yang dilakukan yaitu melepas kartu memori dari perangkat ponsel. Kemudian letakkan dengan bagian lempengan tembaga menghadap ke atas.

Dalam hal ini bila bagian tersebut kotor maka akan berdampak pada pendeteksian kartu memori oleh handphone. Oleh karena itu harus dibersihkan yaitu dengan menggunakan penghapus pensil berwarna putih. Setelah itu dapat langsung digosokkan pada bagian lempengan berwarna keemasan tersebut.

Pastikan untuk melakukan langkah ini secara perlahan hingga lempengan terlihat mengkilap dan lebih bersih. Selanjutnya dapat mengembalikan kartu memori dengan memasangnya pada perangkat ponsel. Periksa apakah kartu memori tersebut dapat terdeteksi oleh ponsel atau sebaliknya. Jika tetap tidak terdeteksi maka kartu memori memang mengalami kerusakan pada bagian sistemnya.

Memperbaiki Kartu Memori dengan Membersihkan Bad Sector


Cara kedua adalah memperbaiki sistem pada kartu memori dengan membersihkan bad sector yang ada di dalamnya. Cara ini harus digunakan dengan menggunakan bantuan pc atau laptop. Langkah pertama dalam menghubungkan kartu memori ke komputer dengan menggunakan card reader atau juga dapat melalui kabel usb.

Kemudian beralih ke laptop yaitu mencari nama kartu memory pada windows explorer. Klik kanan pada kartu memori kemudian pilih properties. Lanjutkan dengan memilih tools kemudian klik check now. Setelah itu centang pada bagian dengan keterangan automatically fix file system error.

Selain itu centang juga bagian dengan keterangan scan for and attempt recovery of bad sector. Jika sudah lanjutkan dengan mengklik tombol start sehingga proses pembersihan bad sector akan dimulai. Tunggu selama beberapa waktu dan setelah itu proses ini sudah selesai.

Menggunakan Command Prompt


Cara lain yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kartu memori yang rusak adalah dengan menggunakan command prompt yaitu merupakan suatu fitur yang disediakan secara default pada windows. Langkah pertama untuk membuka fitur ini yaitu jika komputer menggunakan os windows 7 maka klik menu start, kemudian pada pencarian ketikan kata cmd.

Sementara itu jika pc masih menggunakan os windows xp maka klik start dan pilih run kemudian ketik kata cmd. Jika sudah langsung tekan enter kemudian akan ditampilkan jendela command prompt pada layar komputer. Setelah itu lihat terlebih dahulu partisi menggunakan windows explorer yang membaca kartu memori.

Kemudian tuliskan pada jendela command prompt nama kartu memori yang disertai dengan partisinya. Sebagai salah satu contohnya yaitu “namakartumemori g: /f” untuk partisi g:. Jika sudah lanjutkan dengan menekan tombol enter dan tunggu selama beberapa saat.

Dalam hal ini windows akan mendeteksi permasalahan yang terjadi pada kartu memori. Kemudian jika muncul pop up dengan keterangan windows has made corrections to the file system. Maka keterangan tersebut menunjukkan bahwa kartu memori telah berhasil diperbaiki.

Memperbaiki Kartu Memori dengan Scan Antivirus


Salah satu penyebab rusaknya kartu memori adalah terdapat virus-virus yang terlalu banyak. Lebih lanjut  virus-virus tersebut dapat membuat  file dalam  kartu memori tidak dapat terbaca dan terdeteksi. Oleh karena itu menggunakan scan antivirus juga dapat dilakukan untuk memperbaiki kartu memori. Cara ini dapat dilakukan dengan bantuan komputer atau  laptop yang didalamnya sudah terinstal antivirus.

Saat ini sudah tersedia berbagai macam antivirus yang dapat digunakan seperti smadav, avira AVG, dan lain sebagainya. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengklik kanan kartu memori kemudian langsung pilih scan menggunakan aplikasi antivirus yang sudah terpasang.

Kemudian aplikasi tersebut akan membaca berbagai macam virus yang terdapat pada kartu memori. Jika proses sudah selesai dan ditampilkan berbagai macam virus terdeteksi di dalam kartu memori. Maka langkah selanjutnya membersihkan virus tersebut dengan scan menggunakan antivirus terkait. Setelah itu jika proses scan sudah selesai pasang kembali kartu memori ke perangkat ponsel.

Itulah beberapa cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat sehingga dapat digunakan kembali seperti sediakala.

BACA JUGA!

Cara Flash Oppo R831K Tanpa PC

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP