Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Secara Ampuh

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
hdd[1]
Daftar Topik

Hard disk merupakan hardware atau perangkat kelas yang memiliki fungsi untuk menyimpan data di komputer, seperti dokumen, musik, gambar, video, program komputer sampai jenis sistem operasi pada komputer. Karena semuanya tersimpan apik dalam hard disk, tidak heran jika perangkat keras yang satu ini merupakan salah satu elemen penting sebuah komputer.

Jika suatu elemen penting rusak, maka bisa dipastikan dampaknya sangatlah merugikan. Begitu pun saat hard disk kamu mengalami kerusakan, semua data yang kamu simpah di hard disk menjadi terancam hilang. Hal ini sebenarnya sebuah masalah umum yang sering kali dialami oleh pengguna komputer, sehingga tidak heran banyak orang akhirnya membackup data pentingnya di mana-mana. Sebab, jika hal ini terjadi akan sangat merugikan terutama bagi kamu yang menggunakan komputer untuk bekerja. Tentu saja data yang hilang merupakan sebuah musibah besar.

Di sini akan membahas sejumlah masalah hard disk bad sector, yaitu salah satu masalah yang sering terjadi dan bagaimana cara menanganinya. Untuk bad sector sendiri sebenarnya di bagi dua, yaitu bad sector secara fisik maupun bad sector secara software. Bad sector secara fisik lebih sering terjadi karena hard disk jatuh, kepanasan, terkena debu dan lainnya. Sementara untuk masalah bad sector secara software biasanya terjadi dikarenakan sejumlah faktor seperti pada saat pengoperasian komputer, seperti komputer dimatikan secara paksa lewat tombol shutdown, serangan virus dan lainnya.

Masalah-masalah di atas mungkin tidak kamu kehendaki dan terjadi tanpa sengaja, namun tetap saja hard disk yang dalam keadaan bad sector perlu penanganan agar dapat kembali seperti sedia kala.

Sekeder informasi, saat hard disk mengalami bad sector sebenarnya tidak bisa diperbaiki. Meski sejumlah data yang hilang atau pun rusak bisa tolong atau diselamatkan dengan bantuan pihak ketiga (software). Masalah bad sector ini pun bisa menjadi penyebar kerusakan dari satu sector ke sector lainnya, sehingga jika dibiarkan akan membuat komputer kamu lambat laun kehilangan fungsinya dalam menyimpan atau pun membuat data.

Sebelum terjadi, kamu tentu harus tahu upaya pencegahannya agar tidak terjadi hal semacam ini. Caranya adalah dengan melakukan pengecekan rutin untuk memastikan apakah hard disk kamu mengalami bad sector atau tidak. Caranya sebagai berikut:

  • Klik kanan di partisi hard disk komputer kamu, bergantian mulai dari C, D dan juga E.
  • Kemudian Properties à Tools. Lalu tekan tombol ‘Check’
  • Bila hard disk kamu dalam keadaan baik-baik saja, maka kamu tak perlu melakukan scan drive.
  • Namun jika komputermu menemukan ada yang tidak beres, sebaiknya segera tindaklanjuti.

Setelah mengetahui cara mencegah bad sector pada hard disk, kamu juga harus tahu tanda-tanda apa saja yang mungkin bisa menjadi alarm bahwa hard disk kamu dalam keadaan tidak biak.

  • Komputer sering kali nge-hang atau blue screen
  • Kamu merasa performa komputer agak menurun atau lebih tepatnya kinerja komputer lebih melambat dalam membaca atau mengakses data yang terdapat di hard disk
  • Tidak bisa booting
  • OS jadi kurang responsive

Namun, bila hard disk kamu sudah dalam keadaan bad sector, kamu tidak usah khawatir. Meski disebut-sebut hardisk tidak bisa diselamatkan, tapi tetap harus ada usaha untuk memperbaikinya. Tiga cara di bawah ini mungkin bisa membantu kamu untuk mengembalikan hard disk seperti sedia kala, atau setidaknya data dalam hard disk kamu bisa terselamatkan.

Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector

HardDisk Drive Bad Sector Repair

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminta bantuan aplikasi ketiga. Proses kerja dari aplikasi ini adalah dengan cara mendeteksi kesalahan terlebih dulu pada hard drive. Selanjutnya, aplikasi ini akan secara otomatis memperbaiki hard disk tersebut, hingga akhirnya HardDisk dapat bekerja lagi seperti sedia kala sebelum rusak.

Hard Disk Drive Low Level Format Tool

Cara kedua yang bisa kamu terapkan adalah dengan mem-backup semua data yang telah tersimpan di Hard Disk. Hal ini agar file penting bisa tetap terselamatkan. Sebab, cara kedua ini harus menghapus seluruh data dan mereset Hard Disk sehingga kondisinya sama seperti baru. Cara ini benar-benar akan membuat kondisi hard disk seperti baru di beli, masih fresh.

Software Recovery

Cara yang terakhir memiliki cara yang berkebalikan dengan cara kedua tadi. Sebab, software recovery ini memiliki fungsi mengembalikan seluruh data pada Hard Disk yang telah hilang, terhapus atau pun terformat sehingga tidak bisa ditemukan lagi. Namun dengan software ini kamu bisa mengembalikannya.

Itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki hard disk yang rusak atau bad sector. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu dan bisa membantu mengatasi masalah yang tengah kamu alami. Selamat mencoba. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA