Cara Mempelajari Chord Gitar dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
9620-pindah chord gitar
Daftar Topik

Belajar bermain gitar menjadi salah satu perkara yang tidak akan susah akan tetapi juga gampang. Umumnya banyak orang yang sudah memiliki bakat dalam bermain gitar sehingga dalam proses pembelajaran chord gitar mudah. Akan tetapi ada pula orang yang yang memiliki bakat yang kurang dalam permainan alat musik seperti gitar sehingga dalam proses menguasainya terbilang cukup sulit.

Akan tetapi anda tidak perlu berputus asa jika memang Anda belum pernah memegang gitar dan belajar mempelajari chord gitar. Sebab keberhasilan dari belajar gitar sendiri juga dipengaruhi dengan beberapa hal. Lalu bagaimana cara untuk mempelajari chord gitar dengan mudah? Anda bisa mengikuti ulasan di bawah ini.

Cara Mempelajari Chord Gitar dengan Mudah

1. Perlu Mempelajari Kunci Dasar Gitar

Umumnya gitar mempunyai 6 senar atau dawai, di mana senar tersebut memiliki ukuran yang paling kecil hingga yang paling besar. Untuk senar yang paling kecil akan berada di bagian paling bawah dan yang paling besar akan berada di bagian paling atas. Sebetulnya entah itu gitar akustik ataupun gitar elektrik kedua gitar tersebut mempunyai nada yang sama untuk setiap sinarnya. Akan tetapi yang membedakan di antara kedua gaya tersebut adalah dari tuningnya.

2. Teknik Pembelajaran Menyetem Chord Gitar

Untuk bisa mempelajari chord gitar mudah memang dapat dilakukan dengan beberapa teknik, yakni dengan menggunakan teknik menyetem dengan tuning yang standar ya setelah itu menyetem gitar bisa memakai tuner, benar ini sendiri merupakan efek dari gitar ataupun aplikasi yang berasal dari Android. sedangkan yang terakhir Anda bisa mencocokkan dengan instrumen yang lain atau bisa juga Anda memakai teknik harmonik.

3. Tidak Belajar Semua Kunci dalam Satu Waktu

Agar mudah menghafal chord maka jangan belajar semua kunci hanya dalam satu waktu karena dengan cara yang seperti ini membuat Anda akan mudah lupa dan cara ini memang sangat tidak cocok untuk kamu bagi pemula. Chord yang penting ialah chord A dan chord ini adalah kunci yang sangat sederhana bagi pemula. Dan jika sudah menguasai maka pindah ke chord yang lain.

4. Latihan Pindah Antar Chord

Cara yang selanjutnya adalah dengan menghafal dimana posisi jari-jari yang seharusnya pada saat bermain chord A dan C. Cara ini memang cukup mudah dan efektif jika ingin hafal bagi seorang pemula. Pemula tak perlu belajar dengan cepat namun belajar dengan cara praktek. Trik ini memang lebih fokus pada perasaan kamu mengenai posisi jari pada chord yang benar.

5. Belajar Kepada yang Lebih Mahir

Selanjutnya adalah dengan mencari guru yang benar-benar sudah mahir. Dengan begitu kamu akan semakin mudah mengatur posisi jari yang benar dan juga tekniknya dan secara tak langsung juga memotivasi kamu agar giat belajar. Mencari guru tak harus guru privat namun bisa juga meminta teman atau saudara yang sudah mahir bermain gitar.

6. Mencetak Diagram Chord Gitar

Diagram chord gitar ini bisa sebagai petunjuk yang tepat di mana agar bisa menempatkan jari-jari kamu ke sebuah kunci gitar. Dengan cara seperti ini akan membantu serta memahami bagaimana bentuk chord yang ada di fretboard gitar.

7. Menyetem Gitar Menggunakan Tuning Standar

Kenapa sih harus memakai tuning yang standar? Hal ini dikarenakan tuning memang banyak sekali dipakai oleh para gitaris yang umumnya akan dipakai pada lagu-lagu yang yang memakai steman standar. Kemudian bagaimana langkah yang tepat untuk bisa menyetem sehingga tuning bisa menjadi standar dan tidak perlu lagi memakai alat bantu contohnya saja tuner?

Sebetulnya langkah yang sangat mudah adalah dengan mencocokkan langsung dengan lagu yang nantinya akan kita gunakan. Untuk hal yang seperti ini, Anda dapat mencari serta mendengarkan lagu yang pada bagian intro atau bagian awalnya memakai permulaan chord e. Sebab chord e inilah Anda bisa mengetahui nada e tanpa perlu diketik ataupun melakukan open string.

Sedangkan untuk band yang kerap kali memakai chord e untuk awal lagunya ialah seperti grup band Peterpan dengan lagunya yang berjudul tak bisakah, kemudian judul mimpi yang sempurna serta bintang di surga.

Anda dapat mencoba mendengarkan salah satu lagu tersebut dan anda bisa mendengarkan chord pertama yang ada pada lagu itu. Ketika Anda sedang mendengarkannya maka Anda sudah bisa menyamakan adanya dengan 6 senar yang ada pada gitar.

Nah, dari beberapa tips serta cara mengenai langkah dalam pembelajaran chord gitar mudah Anda bisa memulai dengan mempelajari kunci dasar dari gitar tersebut. Apabila Anda sudah hafal dengan kunci dasar atau chord pada gitar, maka proses pembelajaran Anda dalam menyetem akan jauh lebih mudah. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di atas sehingga Anda dapat dengan mudah mahir mempelajari chord gitar dengan cepat.

BACA JUGA!

Cara Memilih Gitar yang Bagus untuk Pemula

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP