Cara Memotong Video di Laptop Tanpa Aplikasi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
311-editing video 1
Daftar Topik

Video pada dasarnya merupakan teknologi pengiriman sinyal elektronik yang berupa potongan gambar bergerak. Dengan kecanggihan teknologi yang kian berkembang sebagaimana saat ini, kehadiran video sangat memudahkan berbagai kebutuhan orang-orang untuk menjalankan suatu aktivitas.

Kemunculan video banyak membantu orang-orang untuk lebih mudah menangkap informasi. Di samping itu, luas cakupan informasi yang tersebar pun cukup luas. Bahkan hingga penjuru dunia. Orang-orang pun akan sangat mudah menerima informasi yang ada. Mengetahui berbagai situasi di belahan daerah lainnya.

Editing Video


Dalam proses pembuatannya hingga sampai pada penontonya. Video tidak hanya hasil mentah dari merekam suatu objek di dalamnya. Dibutuhkan yang namanya proses pengolahan untuk tampak lebih baik saat ditonton. Video merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan atau informasi. Maka dari itu, proses pengolahan atau banyak dikenal sebagai editing adalah tahapan paling penting sebelum video sampai di masyarakat.

Umumnya saat mengedit video, misalkan memotong video melalui PC maupun Laptop dibutuhkan yang namanya aplikasi edit video. Menggunakan aplikasi sudah tentu akan memakan space atau ruang yang tidak sedikit di PC atau laptop. Kira-kira apakah ada cara tertentu untuk melakukan editing, seperti memotong video, tanpa melalui aplikasi di PC atau Laptop?

Jawabanya ada. Ternyata caranya cukup mudah dan sederhana. Kamu hanya perlu memanfaatkan aplikasi bawaan yang memang tersedia di PC atau Laptop sejak dari pabrik.

Cara Memotong Video dengan Mudah tanpa Aplikasi

Berikut akan dipaparkan bagaimana cara memotong video tanpa aplikasi yang rumit dan harus diunduh terlebih dahulu.

Dengan menggunakan VLC


Kendati dapat dikatakan VLC juga merupakan salah satu jenis aplikasi. Namun, VLC sendiri merupakan aplikasi bawaan yang hampir seluruh PC atau Laptop punya. Sizenya pun kecil sehingga tidak akan menghabiskan space atau memori di perangkat kamu.

VLC sendiri merupakan salah satu aplikasi pemutar video yang paling banyak digunakan dan direkomendasikan. Nah, bisakah aplikasi pemutar video ini memotong video padahal bukan aplikasi video editor. Tentu sangat bisa, berikut caranya:

  • Pertama bukalah VLC media player pada perangkat yang kamu miliki. Bagi perangkat yang tidak memilikinya, bisa kamu unduh aplikasinya secara gratis melalui platform tersedia di web browser.
  • Buka, kemudian pilih video yang kamu ingin pangkas atau potong. Pilih dari direktori kamu dengan memilih Media kemudian klik Buka File. Cara mudahnya, kamu bisa langsung menekan secara bersamaan Ctrl+O di keyboard mu.
  • Tunggu hingga bagan folder muncul, selanjutnya pilih dan klik video yang diinginkan. Tekan Enter atau pilih Open.
  • Tunggu beberapa saat hingga kamu akan melihat video pilihan terputar secara otomatis di VLC. Penting diperhatikan! Sebelum melakukan pemotongan atau pemangkasan video, pilih Tampilan yang tersedia di menu bar VLC. Kemudian pilih Kontrol Lanjutan.
  • Apabila kamu telah mengaktifkan kontrol lanjutan, akan muncul 4 button tambahan yang berada di atas play/pause button. Umumnya terletak di pojok kanan bawah. Dari ke empat button ini salah satunya adalah yang akan kamu gunakan untuk memotong video nantinya. Tambahan keterangannya:
  • Record fungsinya memulai rekaman, klik pertama mulai dan klik kedua untuk mengakhiri.
  • Take a Snapshot fungsinya mengambil SS (Screenshot) video yang diputar.
  • Loop fungsinya untuk melakukan looping dari point A ke B.
  • Frame by Frame yang mana fungsinya untuk menghentikan video dan memulai tampilan per frame nya. Klik tombol frame by frame guna melanjutkan per frame dan Play secara keseluruhan.
  • Nah, saat editing untuk memulai pemotongan video. Tentukan terlebih dahulu titik yang mana yang akan kamu mulai video pilihan. Kemudian pilih button Record baru setelahnya tentukan titik akhir atau batas dimana video tersebut ingin dipotong. Lalu klik button Record untuk yang kedua kali.
  • Sesederhana itu proses pemotongan video dengan VLC. Prosesnya pun selesai dan hasil video akan secara otomatis tersimpan di Windows pada folder Videos. Kamu bisa langsung mengecek dan memutarnya kembali.

Dengan Windows Movie Maker


Aplikasi yang satu ini bawaan resmi bagi perangkat berbasis Windows. Adapun langkah-langkah nya sebagai berikut:

  • Pertama masuk terlebih dahulu ke Windows Movie Maker di PC kamu. Jika belum terinstal, kamu bisa langsung mengunduh secara gratis. Tenang saja space size nya sangat kecil.
  • Setelah masuk ke aplikasi pilih icon Tambah (+) pada jendela tampilan, kemudian klik Import File.
  • Lalu pilih video yang kamu ingin potong dan klik Open.
  • Tunggu hingga video terbuka, kemudian akan muncul track dari video yang ditandai dengan garis biru pada track. Klik garis biru guna mengarahkan bagian mana yang akan kamu potong. Nah, secara bersamaan fitur split akan aktif saat garis biru diklik.
  • Berikutnya pilih Split (icon gunting) guna memulai pangkas. Selanjutnya klik Export untuk menyimpan hasil video yang dipotong. Beri nama dan tentukan lokasi folder apa untuk menyimpannya lalu Enter. Tunggu beberapa saat dan selesai.

Itulah 2 cara mudah  memotong video di PC tanpa menggunakan aplikasi, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat.

BACA JUGA! 10 APLIKASI EDIT VIDEO TERBAIK UNTUK PC SEJAUH INI

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP