Cara Memilih Burung Dara yang Bagus dan Berkualitas

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
16720 Burund Dara
Daftar Topik

Cara Memilih Burung Dara yang Bagus dan Berkualitas Juara – Burung dara merupakan salah satu jenis unggas yang banyak dipelihara, bisa sebagai koleksi saja atau dilombakan. Tetapi jika Anda ingin membeli burung dara atau merpati untuk diikutkan ajang perlombaan, maka perlu yang kualitasnya terbaik. Maka dari itu, Anda perlu tahu cara memilih burung dara yang bagus supaya bisa memiliki peluang besar untuk memenangkan perlombaan. Apa saja langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan burung dara yang memiliki kualitas juara?

Cara Memilih Burung Dara Berkualitas

1. Mata


16720 Bentuk Kepala Burung Dara Inter Biru
Source: inter-biru

Mata adalah hal perlu Anda perhatikan pertama kali, supaya pasti bahwa penglihatan burung dara jelas dan jernih. Perhatikan pupil mata burung, apakah itu berfungsi dengan baik atau tidak.

Coba dengan hadapkan ke matahari, jika pupil hanya sedikit mengecil dan kembali normal maka itu tidak baik. Karena yang baik adalah yang benar-benar mengecil ketika terkena sinar matahari. Ada lagi yang perlu diperhatikan, yaitu warna matanya. Pilih yang warna tengahnya lebih tenggelam dibandingkan dengan warna tengahnya.

2. Bentuk Kepala


16720 Burung Dara Mata Jejak Tapak
Source: Jejak Tapak

Bentuk kepala memang banyak mengindikasikan suatu ciri, salah satunya adalah kecerdasan. Bagaimana bisa? Biasanya burung dara yang memiliki kepala besar berarti otaknya juga besar, sehingga bisa disimpulkan bahwa yang ini lebih cerdas. Yang lebih cerdas memang akan lebih bagus ketika terbang naik dan turun, dan lebih baik lagi jika rautnya mirip dengan rajawali yang tegas.

3. Bulu dan Postur Tubuh


16720 Burund Dara
Source: alihamdan

Cara memilih burung dara yang bagus dari bulunya adalah dilihat dari bentuk bulu itu. Biasanya yang baik itu yang pada ujungnya berbentuk membulat dan tidak lancip. Selain itu, empat bulu terluar yang panjangnya mencolok akan lebih stabil ketika terbang. Sedangkan untuk postur tubuh yang baik adalah yang bentuknya seperti jantung pisang dan memiliki otot yang lentur.

4. Tulang Supit Udang dan Sayap


16720 Burung Dara AWALBIRU
Source: AWALBIRU

Pilih burung dara yang memiliki tulang supit keras, yang mana ini berarti burung tersebut punya tulang yang kuat dan kokoh. Selain itu, pilih juga burung dara yang memiliki tulang supit agak renggang dan tidak bengkok. Sedangkan untuk sayap, Anda perlu memilih dara yang sayapnya kuat dan lentur. Bulu sayapnya juga lebih baik yang tebal, tidak bergelombang, dan kencang.

5. Hidung dan Ekor


16720 Burung Dara IDN Times
Source: IDN Times

Cara memilih burung dara yang bagus yang selanjutnya adalah dilihat dari ekor dan hidungnya. Untuk hidung Anda perlu memilih yang besar, menggembung, dan panjang hanya saja burungnya bukan keturunan prambon Merpati Pos. Biasanya hidung yang bagus juga bentuknya bagus dan letaknya melekat dengan paruh. Hidung yang kecil, menggembung strain, serta pangkalnya menjorok ke belakang juga mengindikasikan dara berkualitas.

Untuk ekornya yang baik biasanya panjang, rapat, dan tebal dan lebih lentur jika dipegang. Ketika dipegang, ekor yang bagus juga akan menyatu yang berarti pinggang burung dara kecil dan baik jika digunakan untuk terbang turun. Sedangkan jika ekornya melebar dan tidak menyatu maka berart pinggang burung dara besar dan untuk turun menggunakan genjotan.

6. Leher dan Dada


16720 Burung Dara Supplier
Source: Supplier

Leher adalah bagian tubuh yang penting, begitu pula pada burung dara. Untuk burung berkualitas memiliki leher yang tidak terlalu panjang dan kuat, jadi memang agak lebih pendek dari tulang dada. Atau bisa juga Anda memilih burung dara yang memiliki leher tegak, kencang, kuat, serta akan mendongak ke atas ketika burung dara sedang memperhatikan sesuatu.

Sedangkan untuk dadanya, Anda bisa memilih sesuai dengan keperluan. Jika digunakan untuk perlombaan tinggian maka bisa memilih yang bentuk dada V. Selain itu, Anda bisa lihat juga jarak pinggang, jika jaraknya renggang biasanya memang keseimbangannya ketika terbang kurang baik. Dan untuk yang jarak pinggangnya rapat biasanya lebih baik ketika terbang turun dan lebih stabil.

7. Mental


16720 Burung Dara Liputan6
Source: Liputan6

Jika Anda ingin membeli burung dara untuk diikutkan dalam perlombaan, maka perlu yang punya mental tanding yang baik. Sekalipun burung dara memiliki ciri fisik dengan kualitas sangat baik, namun jika tidak memiliki mental tarung yang baik maka akan percuma. Sesuai dengan fakta di perlombaan, ada banyak burung dara yang memiliki fisik baik tetapi tidak memiliki keberanian untuk terbang bermanuver di ketinggian.

Itu merupakan tanda bahwa burung dara tidak memiliki mental tanding yang baik. Biasanya untuk burung dara yang memiliki mental tanding baik itu akan dibudidayakan. Sehingga ada penerus keturunannya yang sama memiliki mental tanding dan fisik yang baik.

Mungkin bagi orang awam burung dara itu sama saja, tetapi bagi para pengoleksi dan pencintanya pasti sudah bisa membedakan mana yang bagus. Tetapi, jika Anda masih pemula maka penting untuk tahu cara memilih burung dara yang bagus. Dengan begitu Anda tidak akan salah pilih dan setidaknya memiliki pedoman untuk memilih burung dara berkualitas.

BACA JUGA!

Daftar Jenis Burung Kicau Terpopuler di Indonesia

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP