Cara Memilih Bedak Untuk Kulit Sawo Matang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
warna bedak untuk kulit gelap
Daftar Topik

Di antara semua benda kosmetik yang digunakan oleh wanita, bedak merupakan benda yang paling wajib dan harus dipakai saat akan keluar rumah. Sebab, bedak umumnya digunakan supaya kulit wajah lebih segar dan halus. Bedak pun dapat menutupi kekurangan pada kulit wajah, misalnya menutupi bekas jerawat, flek hitam, komedo dan lainnya. Tak hanya itu, bedak yang dipoleskan pada wajah pun biasanya menjadi makeup dasar sebelum memoleskan kosmetik lainnya pada wajah.

Jenis bedak yang saat ini beredar di pasaran sangatlah banyak. Hal ini karena keberagaman kulit wanita Indonesia yang mengharuskan mereka menggunakan bedak dengan spesifikasi tertentu saja supaya cocok dengan kulitnya. Salah satu warna kulit yang banyak dimiliki oleh wanita Indonesia adalah kulit sawo matang.

Ada beberapa jenis bedak yang saat ini beredar di Indonesia, di antaranya compact powder, two way cake, loose powder, shimmering powder, dan meteorite powder. Dari banyaknya jenis tersebut, mana yang lebih cocok dengan kulit sawo matang? Namun ternyata, bedak tersebut tidak hanya disesuaikan saja dengan warna kulitnya saja, tapi juga dengan jenis kulitnya, misalnya kulit berminyak, kering atau kombinasi. Untuk itu, kulit sawo matang dengan jenis kulit berbeda tentu akan berbeda pula bedak yang cocok untuk kulit bersebut.

Cara Memilih Bedak Untuk Kulit Sawo Matang

Biasanya bedak yang beredar di pasar Indonesia telah mencantumkan dikemasannya, seperti salah satu produk yang menggunakan nomor untuk masing-masing jenis kulit. Seperti di bawah ini:

  • 01 Putih
  • 02 Kuning langsat
  • 03 Kuning atau sawo matang
  • 04 Kuning langsat agak kemerah-merahan
  • 05 Kemerah-merahan (Suntan)
  • 06 Putih kemerah-merahan (antara 01 dan 05)
  • 07 Merah
  • 08 Kulit sawo
  • 09 Kulit sawo matang
  • 10 Kulit gelap

Untuk produk yang menggunakan sistem nomor yang satu ini, pilihlah bedak yang dikhususkan untuk kulit sawo matang. Sebab jika memilih produk yang lain, misalnya kuning langsat atau putih, tidak akan cocok pada kulit kamu.

Pilih Bedak Sesuai Dengan Jenis Kulit

Pilihan bedak tidak hanya sesuai dengan warna kulit saja, tapi juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. Sebelum itu, kita harus tahu dulu, kulit kita termasuk kulit yang normal, berminyak, sensitif, kering atau justru kombinasi.

Kulit Sawo Matang (Normal)

Cara Memilih Bedak Untuk Kulit Sawo Matang

Kulit sawo matang dengan jenis kulit normal umumnya dapat memilih produk apapun. Pemiliki jenis kulit ini dapat menggunakan bedak padat atau pun bedak tabur. Akan lebih baik jika memilih produk dengan natural beige, supaya terkesan lebih natural sesuai dengan warna kulit kamu dan tidak memberikan kesan kusam.

Kulit Sawo Matang (Berminyak)

Kulit jenis ini sebaiknya memilih bedak tabur atau loose powder. Sebab, bedak tabur dapat mengurangi kadar minyak pada wajah. Selain itu, kamu juga harus menghindari pemakaian compact powder atau pun two way cake karena dapat meningkatkan produksi minyak di wajah. Kulit berminyak memang terkesan mengkilat, untuk itulah menggunakan produk yang lebih gelap dari warn akulit akan lebih membantu.

Kulit Sawo Matang (Kering)

Untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang kering, alangkah baiknya memilih bedak padat yang terkandung pelembab di dalamnya. Atau bila tidak ada, kamu bisa menggunakan pelembab terlebih dahulu sebelum menggunakan bedak. Baru kemudian menggunakan foundation. Warna bedak yang dianjurkan untuk pemilik kulit ini adalah satu tingkat lebih gelap dibanding warna kulit.

Kulit Sawo Matang (Sensitif)

Kulit sawo matang yang sensitive lebih disarankan untuk melihat dulu kandungan apa saja yang terdapat dalam suatu produk bedak, sehingga nantinya tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit kamu. Pilihlah bedak dengan kandungan ringan sehingga tidak terlalu berat kandungannya. Untuk warna bedak, kamu bisa memilih warna yang natural atau warna yang sesuai dengan warna kulit.

Kulit Sawo Matang (Kombinasi)

Kulit dengan jenis ini harus menggunakan pelembab terlebih dahulu di area wajah yang kering, sementara untuk di area wajah yang berminyak sebaiknya jangan menggunakan pelembab. Kemudian, barulah meratakan bedak dan foundation, dengan begitu permukaan wajah lebih merata dan tidak akan ada area yang lebih kering atau pun lebih berminyak. Untuk pemilihan warna bedak, usahakan pilih yang natural.

Kesimpulannya, untuk kamu yang memiliki sawo matang dapat memilih bedak sesuai dengan yang tertera warna kulit, atau biasanya berwarna natural. Setelah itu, kita tinggal memilih bedak apa yang cocok untuk jenis kulit kita, baik itu yang padat atau tabur. Warna kulit sawo matang ini akan terkesan eksotis sehingga pemakaian bedak dengan nuansa natural akan menambahkan kesan alami di wajah kamu. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA