Cara Membunuh Belatung Pada Hewan Ternak

0

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan belatung atau maggot dalam bahasa inggrisnya. Belatung merupakan bakal lalat yang memiliki bentuk serupa Larva. Basanya belatung ini terdapat di berbagai tempat jorok dan kotor, karena terdapat banyak pasokan makanan untuk Larva atau bayi lalat. Namun terkadang belatung ini juga terdapat pada luka hewan ternak. Sebagai pemilik hewan ternak, tentu saja kamu tidak akan membiarkan hal ini terjadi. Tak perlu khawatir, karena saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk membunuh belatung pada hewan ternak.

Meski kita sudah menjaga hewan ternak dengan baik, tak jarang hewan ternak mengalami luka tidak sengaja. Biasanya luka yang sering terjadi pada hewan ternak ini pada celah-celah kuku dan paha. Belatung akan lebih mudah singgah panda luka hewan ternak. Dengan adanya belatung ini, luka yang ada pada ternak akan semakin parah. Maka dari itu dibutuhkan penanganan yang tepat dan cepat. Selengkapnya berikut ini ulasan mengenai cara menghilangkan belatung serta cara mencegah belatung pada hewan ternak.

Cara Menghilangkan Belatung dari Luka Ternak


Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan belatung dari luka hewan ternak. Namun cara yang termudah yaitu menggunakan bahan-bahan alami seperti tawas, kapur barus atau minyak tanah. Nah, agar tidak salah dalam menghilangkan belatung dari luka ternak berikut ini cara-caranya:

  • Cara yang paling mudah untuk menghilangkan belatung dari luka ternak yaitu menggunakan pinset dengan cara mencabuti secara langsung belatung dari luka. Cara ini juga sangat baik dan bisa mencegah luka ternak agar tidak terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia. Namun pastikan pinset yang kamu gunakan ini steril, karena jika tidak bisa menambah parah luka dan menjadi infeksi yang akut. Namun dalam melakukan cara ini lakukan secara hati-hati agar hewan ternak tidak merasakan sakit.
  • Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan belatung pada luka hewan ternak yaitu menggunakan minyak tanah atau bensin. Caranya cukup mudah yaitu menyiramkan bensin ke luka tersebut. Namun yang perlu kamu  perhatikan dalam menyiram bensin ini usahakan tidak terkena bulu ternak. Karena kulit ternak yang terkena bensin atau minyak tanah ini bisa mengalami botak permanen. Agar lebih aman yang lagi gunakan alat suntik untuk memberikan minyak tanah atau bensin pada luka tersebut. Jika penggunaan minyak tanah atau bensin dalam jangka waktu yang panjang, namun belatung tidak hilang, kamu bisa segera minta bantuan pada petugas kesehatan hewan agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat.
  • Tawas memang dipercaya bisa menghilangkan gatal-gatal pada tubuh. Namun tawas ini juga bisa menghilangkan belatung pada kulit hewan ternak. Cara menggunakan tawas ini sangat mudah yaitu dengan menaburkan tepung tawas pada luka hewan ternak. Lakukan hal ini secara rutin agar belatung pada hewan ternak tersebut cepat mati. Disisi lain juga perlu penanganan dari petugas kesehatan untuk mengobati luka tersebut agar cepat kering. Biasanya petugas kesehatan akan menyuntik hewan ternak sebagai pengobatan dari dalam.

Cara Mencegah Belatung Hinggap Pada Ternak


Selain mengetahui cara yang tepat untuk menghilangkan belatung pada luka hewan ternak, bagi pemilik hewan ternak juga perlu mengetahui cara mencegah belatung hinggap di luka hewan ternak. Cara yang bisa kamu lakukan sangatlah mudah, untuk lebih jelasnya berikut ini ulasannya:

  • Jika kamu memiliki hewan ternak, apalagi dalam jumlah yang banyak. Sering-seringlah menyemprotkan kandang dengan menggunakan cairan anti serangga. Hal ini bertujuan agar tidak ada lalat yang berkeliaran di sekitar kandang. Karena penyebab luka pada kulit ternak dihinggapi belatung ini karena adanya lalat yang menempelkan telur di atas luka ternak tersebut.
  • Selain menyemprotkan cairan anti serangga pada sekitaran kandang, perlu juga menyemprotkannya pada tubuh ternak. Umumnya cairan yang digunakan untuk menyemprot ini memiliki warna biru atau merah. Untuk membelinya kamu bisa ke pasar ternak atau membelinya secara online.
  • Kulit hewan ternak yang memiliki luka ini akan mengandung nanah, sehingga perlu penanganan yang tepat. Selain membutuhkan penanganan di atas, kamu juga perlu meminta bantuan pada petugas kesehatan hewan. Karena petugas kesehatan ini akan menyuntik hewan ternak menggunakan antibiotik. Sehingga sebagai penyembuhan dari dalam. Pemberian antibiotik ini memang tidak disarankan diberikan untuk dikonsumsi. Namun alangkah baiknya jika dilakukan dengan penyuntikan. Karena hewan ternak membutuhkan bakteri untuk membantu proses pencernaan makanan di dalam lambung.

Itulah cara mudah membunuh belatung pada hewan ternak serta cara mencegah agar luka hewan ternak tidak dihinggapi belatung. Cara yang tepat dalam mencegah belatung hinggap yaitu tetap jaga kebersihan di lingkungan kandang hewan serta lakukan penanganan yang tepat jika memang luka sudah dihinggapi belatung. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! Langkah Mudah Ternak Bebek Petelur Untuk Pemula 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here