Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Membuka Excel yang Tidak Bisa Diedit

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pengertian Microsoft Excel Dan Fungsinya | Tutorial Microsoft Excel
Daftar Topik

Cara Membuka Excel yang Tidak Bisa Diedit – Kemajuan dunia teknologi sangat bermanfaat bagi peradaban umat manusia, dengan adanya teknologi maka kehidupan menjadi lebih mudah dan semakin berkembang. Salah satu kemudahan tersebut yaitu, dengan ditemukannya computer dan beberapa program di dalamnya.  Dengan computer, maka pekerjaan seperti mengetik atau membuat laporan bisa dilakukan dengan mudah.

Salah satu program yang paling banyak digunakan saat ini adalah Excel.  Dengan beberapa fitur di dalam excel. Walupun sistem computer sangat canggih, namun sama seperti mesin terkadang memiliki eror atau masalah. Salah satu contohnya adalah lembar kerja excel yang tidak bisa diedit akibat diproteksi atau sengaja dikunco oleh seseorang.

Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya | Tutorial Microsoft Excel

Apabila Anda mengalami masalah tersebut tidak perlu bingung, karena ada Cara Membuka Excel yang Tidak Bisa Diedit dengan mudah tanpa harus mendownload aplikasi lain. Berikut caranya:

Menggunakan Menu Unprotect Sheet

Apabila sebuah file excel tidak bisa untuk diedit, itu artinya file tersebut diproteksi atau dikunci agar terjaga kerahasiannya. Jika Anda menguncinya sendiri, cara untuk membuka proteksi atau kunci file sangat mudah yaitu:

  • Pertama-tama, klik dua kali pada nama berkas untuk membuka file.
  • Selanjutnya, klik ikon gembok yang ada lembar kerja tau sheet
  • Buka menu review yang ada pada pilihan toolbar
  • Pilih menu unprotect sheet dan lembar kerja bisa otomatis terbuka kuncinya apabila diatur tanpa kata sandi
  • Jika proteksi file diatur dengan menggunakan kata sandi, maka saat mengklik ikon unprotect akan muncul jendela pop up untuk memasukkan kata sandi.

Namun, jika Anda lupa dengan kata sandi yang dibuat atau mendapatkan file dari orang lain dan terkunci. Maka diperlukan beberapa Cara Membuka Excel yang Tidak Bisa Diedit  agar file bisa di benahi sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Langkah Mudah dalam Membuat Tabel di Excel

Menggunakan Menu Microsoft Visual Basic

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuka proteksi atau kunci pada lembar kerja excel yaitu dengan cara mengaktifkan Microsoft visual basic pada pc atau laptop. Microsoft visual basic sendiri adalah, sebuah Bahasa pemrograman di dalam computer untuk memudahkan user mendesain sendiri program visual basic yang ada di dalam Microsoft office utama. Adapun cara untuk membuka proteksi file dengan Microsoft visual basic  adalah sebagai berikut:

  • Buka nama file excel yang dikunci, klik lembar kerja sampai terbuka
  • kemudian aktifkan lembar kerja Micorosft visual basic dengan cara menekan tombol Alt+F11 yang ada pada keyboard.
  • Tunggu selama beberapa saat, setelah muncul tampilan jendela baru dari Microsoft basic pada layar computer klik menu insert pada toolbar kemudian pilih module.
  • Setelah menu module di klik, maka akan muncul lembar kerja coding dari pemrograman. Klik nama file yang masih di proteksi, kemudian klik pilihan run  macro di dalam toolbar jika  menginginkan sistem kerja yang lebih cepat maka klik tombol F5 pada keyboard.
  • Klik pilihan menu internal password pada kotak dialog macros yang sudah muncul, klik save kemudian tunggu beberapa saat agar pembenaman kode pada menu module bisa bekerja membuka proteksi file.
  • Proses run macro memerlukan waktu yang bervariasi tergantung dari ukuran file, semakin besar ukuran file office excel maka waktu yang dibutuhkan untuk membuka proteksi menjadi lebih lama.
  • Tunggu sampi proses dalam run macro selesai, kemudian jika sudah ada notifikasi berhasil segera tutup lembar kerja dari Microsoft visual basic.
  • klik menu review yang ada pada bagian atas toolbar excel, apabila ikon unprotect sudah berganti menjadi protect sheet maka proses pembukaan kunci dengan Microsoft basic berhasil dan file siap untuk dibenahi.

Menggunakan Google Sheet

Selain beberapa cara diatas, membuka lembar kerja excel yang terkunci juga bisa dilakukan dengan bantuan google sheet. Adapun google sheet sendiri adalah, salah satu menu di dalam google drive dan memiliki fungsi serupa dengan excel. Untuk menghilangkan proteksi pada file dengan google sheet, berikut caranya:

  • Buka google drive, kemudian unggah file excel yang dibutuhkan dengan cara klik pada ikon tambah kemudian akan muncul pilihan file lalu open.
  • Setelah file terungga ke google drive, buka dengan pilihan google sheet dan proteksi akan dihilangkan secara otomatis oleh google.

Apabila ingin tetap mengedit file di dalam excel, unduh file yang sudah hilang proteksinya. Caranya sebagai berikut:

  • Pilih menu file pada google drive, kemudian klik.
  • Setelah itu akan muncul beberapa kolom perintah, klik pilihan download as.
  • Klik file dengan keterangan Microsoft excel (.xlsx) kemudian pilih folder yang kan digunakan untuk penyimpanan berkas.
  • Terakhir klik pilihan save dan file akan terunduh otomatis.

Jika Anda sudah mempraktekkan Cara Membuka Excel yang Tidak Bisa Diedit seperti ulasan diatas namun proteksi masih belum hilang, maka ada dua kemungkinan yaitu bisa saja file excel tersebut corrupt atau mengalami kerusakan dan ada masalah dengan Microsoft excel sehingga perlu pembaruan.

Contoh dan Cara Menggunakan Rumus Excel IF

ARTIKEL LAINNYA