Cara Membuat Wifi Sendiri di Rumah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara-Membuat-Wifi-Sendiri[1]
Daftar Topik

Saat ini setiap orang membutuhkan untuk mengakses internet dengan mudah dan cepat serta dimanapun. Mulai di rumah, tempat kerja bahkan di jalan ataupun di tempat umum seperti taman. Kamu bisa memanfaatkan gadgetmu seperti tablet, smartphone, atau PC/ Laptop untuk berselancar didunia maya untuk mencari informasi maupun hanya sekedar membuka sosial media.

Kamu dapat memasang jaringan Wi-Fi untuk mempermudah dirimu mengakses internet saat dirumah. Ada berbagai cara untuk mendapatkan Wi-Fi mulai dari dihubungkan dengan provider Wi-Fi langsung hingga membuat sendiri dirumah. Tentunya, dengan membuat Wi-Fi sendiri di rumah dapat mempermudah kamu untuk mengaturnya. Saat ini banyak tersedia alat yang mudah untuk membuat Wi-Fi dirumah.

Membuat Wi-Fi dengan Memanfaatkan Tethering Smartphone


Kamu dapat memanfaatkan Smartphone kamu yang memiliki paket untuk membuat jaringan Wi-Fi dirumah sendiri menggunakan fitur tethering. Untuk memudahkan koneksi internet kamu supaya lebih cepat, gunakanlah Smartphone yang telah mendukung jaringan 3G maupun 4G. Pastikan ponsel kamu dalam pengaturan jaringan 3G atau 4G saja supaya mendapatkan jaringan internet yang stabil.

Cara ini tidaklah sulit yaitu dengan menggunakan fitur tethering atau hotspot pada ponsel kamu. Sebelum mengaktifkan mode hotspot seluler, pastikan bahwa hotpotmu pada mode password dengan memilih keamanan WPA2 PSK. Hal ini bertujuan untuk mengamankan jaringan wifimu agar tidak mudah digunakan oleh orang lain sehingga tidak menguras paket datamu.

Dengan menggunakan metode ini kamu akan mendapatkan kecepatan internet yang maksimal dan lebih cepat dibandingkan dengan jaringan hotspot dari laptop atau modem. Kamu harus sering memeriksa paket data dan secara rutin mengisinya sehingga dapat berselancar dengan lancar. Metode ini juga bergantung dengan kartu sim yang digunakan dan mode jaringan yang dipilih.

Membuat Wi-Fi dengan Perangkat Khusus Mifi Wi-Fi Router


Cara Membuat Wifi Sendiri di RumahPerangkat WI-Fi Router juga dikenal dengan Mifi yang tersedia banyak jenisnya di pasaran dengan berbagai harga,tipe, dan model. Ada wifi router yang terhubung dengan komputer seperti tp link tetapi harus memiliki modem atau kabel LAN. Mifi Wi-Fi router berbeda, yaitu tanpa terhubung komputer kamu bisa membagikan jaringan wifi divrumah kamu.

Kamu dapat menggunakan kartu sim sebagai paket data ataupun terhubung dengan jaringan wifi terdekat yang dapat terjangkau oleh Mifi. Dapat dikatakan bahwa Mifi merupakan hotspot portable yang dilengkapi dengan baterai. Kamu dapat menggunakan Mifi dimanapun dan dapat mengisi daya baterai dengan mudah mengunakan kabel pengisi daya baterai ponsel kamu.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Wi-Fi dengan metode ini adalah apabila kamu menggunakan paket data kartu sim untuk mengakses internet, kamu harus rutin mengecek jumlah paket datamu dan segera mengisinya jika sudah mendekati habis. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengakses internet dengan nyaman dan lancar.

Membuat Wi-Fi dengan Laptop dan Modem atau Kabel LAN yang Tersedia Koneksi Internet


Membuat jaringan Wi-Fi bisa menggunakan laptop dan modem dengan tambahan software wifi router atau hotspot. Ada beberapa pemikiran yang kurang tepat bahwa membagikan jaringan Wi-Fi harus menggunakan modem yang sudah terdapat fitur hotspot. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan PC/Laptop.

Gunakanlah software Wi-Fi router yang sesuai dengan operating system yang kamu gunakan pada PC/Laptop. Kamu juga bisa memanfaatkan software hotspot gratis untuk membagikan jaringan Wi-Fi sendiri di rumahmu. Salah satu software yang bisa digunakan sebagai pembagi jaringan Wi-Fi di rumah yaitu Baidu Hotspot.

Perlu diperhatikan apabila akan membuat jaringan melalui laptop/PC, kamu harus mengoneksikan laptop/PC mu ke modem atau kabel LAN yang memiliki akses internet. Kegunaan software Wi-Fi router disini adalah untuk memancarkan jaringan Wi-Fi yang berasal dari laptop/PC kamu, jadi hal yang dilakukan pertama yaitu mengoneksikan laptopmu dengan internet.

Saat ini kamu tidak perlu repot dan ribet untuk mengakses internet dan membuat jaringan Wi-Fi di rumah karena sudah terdapat berbagai jaringan internet dari banyak provider. Selain itu, kamu juga disuguhkan penawaran menarik sehingga murah untuk mengakses internet. Dengan sedikit modal, kamu dapat mengakses informasi darimana saja melalui internet.

Cara membuat jaringan Wi-Fi di rumah pun juga lebih mudah dan alat yang digunakan dapat ditemukan dipasaran dengan berbagai tipe dan harga. Dengan cara simpel kamu dapat mengakses internet dirumahmu. Tentunya, harus disertai bijak berselancar di dunia maya. Itulah cara membuat Wi-Fi di rumah yang bisa diterapkan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga! 3 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

 

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA