Cara Membuat Whipped Cream yang Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
31320-whipped cream2
Daftar Topik

Anda suka membuat kue seperti tart di rumah? Atau Anda suka menghias kue agar menjadi lebih menarik dan lezat untuk dimakan? Nah, menghias kue memang merupakan bagian paling akhir dalam prosesnya. Dimana tujuannya adalah menjadikan kue tampak elegan dan cantik. Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghias kue, salah satunya adalah whipped cream.

Selain whipped cream, bahan yang biasa digunakan untuk menghias kue lainnya yaitu butter cream. Namun nyatanya masih ada loh yang sulit membedakan mana whipped cream dan mana butter cream, apakah Anda termasuk orang tersebut? meski memiliki rasa yang sama lembutnya, kedua bahan tersebut dibuat dari bahan yang berbeda dengan cita rasa yang berbeda pula.

Whipped cream adalah sebuah krim yang bentuknya cair dengan lemak 30% sampai 50%. Nah, krim cari tersebut akan dikocok hingga mengeras atau sedikit mengental. Sedangkan untuk membuat butter cream memiliki kadar lemak yang lebih tinggi yang didapat dari susu kental, mentega serta gula. Meski begitu whipped cream tetap memiliki rasa yang lebih manis dari butter.

Cara Membuat Whipped Cream


Tertarik untuk membuat whipped cream anda sendiri? Ada beberapa cara membuat whipped cream yang enak dan simple loh. Anda juga bisa membuatnya di rumah tanpa harus membeli bahan ini di toko. Selain itu, bahan yang diperlukan juga mudah.

Bahan membuat whipped cream

  • Putih telur 100 g
  • Ekstrak vanilli ½ sdt
  • Icing sugar 1/3 cup
  • Bahan dasar berupa heavy cream 1 cup
  • Garam secukupnya

Instruksi membuat whipped cream

  1. Masukkan putih telur dan heavy cream ke dalam sebuah wadah, lalu kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi, hingga bahan tersebut tercampur rata dan memadat
  2. Saat mengocok Anda harus menaik turunkan kecepatan mixer. Jadi, setiap satu menit Anda harus menurunkan kecepatannya lalu memakainya lagi
  3. Pada tahapan nomor dua Anda harus melakukannya sebanyak 2 hingga 3 kali. Setelah diulang, maka kocok dengan kecepatan tinggi hingga berwarna putih
  4. Setelah menjadi putih dan menggumpal, tambahkan icing sugar agar krim terasa manis. Anda juga bisa mengganti icing sugar dengan gula halus
  5. Taburkan sedikit garam pada adonan lalu kocok kembali hingga tercampur rata
  6. Tanda-tanda whipped cream berhasil dibuat adalah adonan tersebut tidak akan tumpah meski wadah tersebut dibalik

Cara Menyajikan Whipped Cream


  1. Agar whipped cream dapat digunakan dengan sempurna, Anda harus memperhatikan suhu ruangan yang ada d ruangan tersebut. apabila tempat membuat kue Anda terkesan bersuhu dingin atau indoor, gunakan whipped cream sebagai hiasannya. Sedangkan jika suhu ruangan Anda agak tinggi dan panas, maka menggunakan butter cream menjadi pilihan yang tepat.
  2. Mengapa begitu? Karena whipped cream lebih sensitif terhadap suhu. Sehingga tidak boleh terkena suhu panas. Cara membuat whipped cream mengaduk cream kocok dengan alat tertentu sampai didapatkan tekstur yang diinginkan, yaitu sampai menggumpal. Agar lebih manis dan enak whipped cream biasa dibuat dengan menambahkan susu vanilla.
  3. Selain itu, whipped cream memiliki kadar lemak yang cukup tinggi loh. Sehingga saat kita memakan whipped cream sama dengan meminum segelas susu. Whipped cream kini sudah banyak dijual di toko kue. Whipped cream juga telah banyak digunakan untuk menghias kue ulang tahun. Tidak hanya itu, whipped cream banyak digunakan untuk membuat minuman agar lebih creamy.
  4. Meski terkenal menggunakan bahan yang berasal dari protein hewani, sekarang whipped cream bisa dibuat dari lemak nabati atau yang berasal dari tumbuhan. Anda penasaran dengan cara membuat whipped cream? Sebenarnya cara membuat whipped cream sudah dikenal sejak abad 16. Waktu itu, masyarakat Eropa mengenal whipped cream dengan nama salju susu. Sedangkan nama tersebut semakin menjadi modern sejak abad 18, yaitu whipped cream.

Tips Membuat Whipped Cream


Agar whipped cream yang Anda buat berhasil dan dapat digunakan, perhatikan beberapa tips berikut ini:

  1. Agar whipped cream tidak tumpah saat dikocok Anda harus menggunakan wadah yang cukup besar. Pasalnya ketika dikocok whippe cream akan mengambang, sehingga masanya oun akan berlipat dari pada sebelumnya
  2. Agar hasil lebih optimal, gunakan wadah yang dingin seperti stainless steel yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas sebelumnya
  3. Pastikan putih telur yang digunakan masih bagus dan segar

Bahan utama membuat whipped cream sendiri adalah susu, sehingga kandungan gizinya pun juga ada. artinya saat mengkonsumsi whipped cream otomatis akan mendapat manfaat dari susu. Selain itu, manfaat whipped cream sendiri adalah mencegah osteoporosis, mencegah resiko kanker dan diabetes.

Bagaimana? Sungguh mudah bukan cara membuat whipped cream di rumah? Kreasikan whipped cream Anda sendiri tanpa perlu membelinya di toko.

BACA JUGA!

4 Resep Olahan Daging Sapi yang Nikmat

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA