Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Membuat Watermark di Excel dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Logo Excel
Daftar Topik

Cara membuat watermark di excel. Kamu tentu sudah tidak asing dengan aplikasi Microsoft Excel. Microsoft Excel biasa digunakan untuk mengolah data, terutama yang berhubungan dengan angka dan hitungan. Pada artikel ini akan dibahas mengenai Microsoft Excel dengan fitur Watermark. Bagaimana cara membuat watermark pada Ms. Excel. Simak artikel ini sampai habis ya.

Watermark atau sering disebut cap air atau gambar transparan pada Microsoft Excel merupakan tulisan atau gambar logo dengan warna semi transparan yang muncul pada bagian belakang teks pada lembar kerja dokumen Ms. Excel. Watermark ini kadang memang perlu ditambahkan, baik itu untuk keperluan memberi tanda pada lembar dokumen, mempromosikan merek dengan logo perusahaan, ataupun memberikan seentuhan seni pada lembar kerja dokumen, agar lebih terlihat enak dipandang.

Pada aplikasi Ms. Excel, baik yang versi tahun 2007, 2010, dan 2013, sudah menyediakan fitur watermark yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu bisa memasukkan watermark dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk gambar dan logo perusahaan. Meskipun untuk membuat watermark pada lembar kerja Ms. Excel terbilang mudah, namun ternyata masih banyak pengguna Ms. Excel, terutama pengguna yang pemula dan masih bingung bagaimana menambahkan watermark pada dokumen Excel yang mereka buat.

Langkah Mudah Membuat Watermark pada Microsoft Excel dengan Gambar dan Nomor Halaman

Terdapat dua jenis watermark yang bisa kamu buat pada Microsoft excel, terutama pada Excel versi tahun 2013 dan 2016, yakni watermark dalam bentuk tulisan dan juga dalam bentuk gambar. Bagaimana caranya? Berikut ini caranya:

  • Membuat Watermark Tulisan Nomor Halaman dan Teks

Buat kamu yang hendak membuat watermark berbentuk tulisan, seperti watermark nomor halaman atau tulisan lainnya, caranya adalah berikut ini:

    • Pertama, buka dahulu aplikasi Microsoft Excel pada komputer kamu
    • Kemudian kamu pilih menu Insert > dan pada group teks kamu klik tombol header & Footer. Maka kamu akan masuk ke mode header & footer editor. Kamu klik pada bagian header.
      Cara memasukkan nomor halaman
    • Untuk membuat Watermark dengan page number, kamu bisa pilih menu Design > Page Number. Maka akan muncul tulisan &[Page]. Kamu nisa seleksi tulisan tersebut untuk mengubah ukurannya.
      &[page]
    • Kamu bisa mengubah ukurannya dengan cara klik menu Home > pada group font, dan masukkan ukuran tulisan 100. Kemudian warna tulisan abu-abu.
      Masukkan warna abu
    • Posisikan kursor kamu sebelum kata & pada tulisan tadi, dan kemudian klik enter beberapa kali supaya tulisan sedikit bergeser ke tengah.
    • Apabila sudah selesai, kamu klik dibagian luar, dimana saja agar kamu keluar dari mode edit header.
    • Dengan begitu, watermark dalam bentuk nomor halaman akan muncul pada bagian belakang lembar kerja Ms. Excel yang berisi tulisan kamu.

Watermark dalam bentuk nomer halaman ini hanya bisa terlihat jika kamu mengaktifkan mode print preview.

  • Membuat Watermark Berupa Gambar atau Logo Perusahaan

Jika kamu ingin membuat watermark dalam bentuk gambar dan logo perusahaan transparan ada Ms. Excel maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

    • Kamu siapkan dan pastikan gambar atau logo yang akan kamu masukkan ke dalam dokumen sudah ada dan tersimpan di komputer yang kamu gunakan.
    • Kemudian kamu bisa buka aplikasi Microsoft Excel di komputer kamu
    • Kamu pilih menu Insert > Header & Footer, dan kamu bisa klik bagian header
    • Setelah itu, pada tab menu Design, kamu pilih menu Picture, dan pilih from file dan klik Browser
      Insert picture browse
    • Lalu, kamu bisa memilih gambar atau logo yang kamu inginkan untuk menjadi watermark dari dokumen yang kamu buat.
    • Maka akan muncul tulisan &[Picture], kamu arahkan kursor sebelum tanda &, dan klik enter beberapa kali sehingga tulisan tersebut lebih turun dan bergeser agak di tengah.

Watermark ini juga bisa kamu lihat dengan jelas jika dengan mode Preview atau mode Page Layout. 

Dengan cara yang sama, kamu juga bisa membuat tulisan diagonal, seperti tulisan draft atau teks confidential. Sehingga bila tulisan yang kamu inginkan adalah diagonal, maka kamu harus tetap membuat gambar dengan tulisan dengan arah diagonal, dan mengikuti langkah-langkah di atas. 

Itu dia penjelasan mengenai cara membuat watermark di excel dengan gambar dan nomor halaman. Jika kamu ingin membuat sebuah dokumen memiliki watermark, maka kamu bisa mengikuti kedua cara di atas. Semoga berhasil!

Baca juga:

Cara Menghapus Header Section pada Word

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP