Cara Membuat Undangan Melalui Ms. Word

0

Undangan merupakan sebuah surat pemberitahuan yang ditujukan pada seseorang agar orang tersebut hadir pada sebuah acara. Terdapat berbagai jenis surat undangan misalnya undangan ulang tahun, undangan pernikahan, undangan rapat, undangan khitanan, dan lain sebagainya. Terdapat banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat undangan dan salah satunya melalui Ms. Word.

Ms. Word merupakan salah satu program pengolah kata yang dihadirkan oleh microsoft corporation untuk mempermudah para pengguna komputer. Ms. Word memiliki banyak fungsi misalnya untuk membuat makalah atau skripsi, untuk menulis artikel, untuk membuat proposal, bahkan untuk membuat kartu undangan.

Jadi, untuk membuat undangan kamu tidak perlu melakukannya secara manual atau memakai jasa pembuat undangan lagi. Kamu dapat mempraktekkannya langsung melalui Ms. Word yang ada di komputer kamu. Penasaran bagaimana cara membuat undangan melalui Ms. Word? Mari kita lihat beberapa penjelasannya di bawah ini.

Cara Mudah Membuat Undangan Melalui Ms. Word dengan Template


  1. Langkah awal yang harus kamu lakukan untuk membuat undangan melalui Ms. Word adalah menyambungkan komputer dengan koneksi internet karena saat membuat undangan nanti, kamu akan menghubungkan Ms. Word dengan browser untuk menjelajahi internet.
  2. Setelah koneksi internet terhubung dengan komputer, maka silahkan membuka program Ms. Word yang ada pada aplikasi Microsoft Office dengan mengklik Microsoft Word 2010. Kamu juga dapat melakukan cara pintas dengan mengklik shortcut Ms. Word 2010 yang terdapat pada desktop jika ada.
  3. Saat ini, kamu telah masuk ke dalam lembar kerja Ms. Word 2010. Klik new yang berada pada tombol office yang terletak di sebelah kiri atas untuk membuka lembar kerja baru
  4. Pada sub menu New tersebut, carilah sub menu invitation yang biasanya terletak agak bawah, gunakan scroll mouse untuk mencarinya. Setelah ketemu, klik sub menu invitation tersebut.
  5. Setelah kamu mengklik sub menu invitation, akan muncul berbagai template menarik yang dapat kamu gunakan untuk membuat undangan secara otomatis. Silahkan klik template yang kamu sukai kemudian klik download untuk mengunduh tema undangan tersebut.
  6. Silahkan menunggu hingga proses pengunduhan selesai. Seberapa lama proses pengunduhan tergantung dari kekuatan koneksi internet kamu. Jika koneksi internet kamu buruk, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendownload template tersebut, begitu juga sebaliknya.
  7. Setelah selesai melakukan pengunduhan maka tema yang tadi kamu pilih secara otomatis akan tampil pada layar monitor. Kamu dapat melakukan proses editting sesuai dengan undangan yang akan kamu buat.
  8. Saat proses editting yang meliputi penambahan nama, alamat, tanggal, deskripsi dan lain sebagainya telah selesai dilakukan maka kamu dapat mencetak undangan yang telah selesai kamu buat. Klik tombol ctrl + p pada keyboard atau klik office button lalu pilih sub menu print.
  9. Pastikan komputer kamu terhubung dengan mesin pencetak atau printer. Jika kamu tidak memiliki printer, maka kamu dapat mencetak undangan yang telah kamu buat pada jasa percetakan.
  10. Jangan lupa menyimpan undangan yang telah kamu buat dengan menekan tombol save as pada menu office button, dan simpanlah dalam format word 97-2003 untuk menjaga kompatibilitas undangan tersebut.

Membuat undangan sendiri melalui Ms. Word terbilang cukup mudah. Selain itu, kamu juga dapat menghemat pengeluaran kamu hingga puluhan ribu rupiah, apalagi jika kamu membutuhkan undangan dalam jumlah yang besar.

Cara Membuat Undangan Melalui Ms. Word dari Nol


Buat kamu yang ingin berkreasi dengan membuat undangan sendiri, maka kamu dapat mengikuti cara di bawah ini.

  1. Bukalah program Ms. Word melalui cara pintas pada desktop atau dengan membuka aplikasi Microsoft Office lalu pilih Ms. Word
  2. Klik tab insert lalu pilih sub menu insert picture atau insert clip art untuk menyisipkan gambar. Kamu dapat menggunakan bantuan mouse untuk menggeser, memperbesar maupun memperkecil gambar.
  3. Klik insert text box untuk mengetikkan semua informasi yang berhubungan dengan undangan baik berupa informasi tanggal, nama tamu undangan, acara, dan lain sebagainya. Cara ini digunakan untuk kamu yang ingin mengetik secara manual.’
  4. Jika kamu ingin mengetikkan informasi seputar undangan, selain dengan cara manual, kamu juga dapat menggunakan gaya kotak teks. Klik insert pada menu bagian atas kemudian pilih sub menu text box diantara page number dan quick parts kemudian pilih sub menu kotak text. Masukkan informasi yang ingin kamu sampaikan ke dalam kotak teks tersebut.

Ketikan tanggal, nama tamu undangan, deskripsi acara, dan informasi penting lainnya.

  1. Setelah pembuatan undangan selesai maka simpanlah undangan tersebut dengan mengklik tombol save as pada menu office button dan simpan dalam format word 97-2003 karena format ini kompatibel di berbagai versi Microsoft Office.
  2. Kamu dapat mencetak undangan yang telah selesai kamu buat.

Itulah sekilas uraian mengenai cara membuat undangan di Ms. Word. Berkreasilah dengan berbagai undangan yang akan kamu buat karena membuat undangan sendiri tentunya akan lebih berkesan. Selamat mencoba.

BACA JUGA! CARA MEMBUAT BINGKAI DI WORD UNTUK UNDANGAN