Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Membuat Tulisan Watermark yang Banyak di Word

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
2. Kotak Dialog Printed Watermark
Daftar Topik

Cara membuat tulisan watermark banyak di word. Sebagian dari kamu para pengguna Ms. Word mungkin belum mengetahui fitur watermark yang ada di Ms. Word. Ada diantara kamu yang mungkin belum pernah lihat dan menggunakannya, ada juga yang pernah lihat tapi tidak tahu bagaimana cara penggunaannya. Padahal membuat watermark itu mudah, lho! Nah, kali ini ada info bagaimana cara membuat tulisan watermark yang banyak di word. Tapi tunggu dulu, ada yang belum tahu, nih, apa itu watermark. Nah, buat kamu yang pengen tahu apa itu watermark, yuk simak informasi berikut!

Definisi Watermark

Watermark adalah sebuah tanda berupa tulisan atau gambar logo yang tertanam pada dokumen, seperti file, gambar digital, dan foto. Watermark sebenarnya sudah ada sejak akhir abad ke-13. Di abad tersebut, ada salah satu pabrik kertas di Italia yang menggunakan  watermark untuk melindungi hasil karya seniman dan mengamankan hak cipta karya tersebut. Tanda ini juga masih digunakan hingga saat ini, bahkan sekarang kita dapat menemukan digital watermark. Digital watermark telah dikembangkan pada tahun 1990-an di Jepang dan tahun 1993 di Swiss. Hingga hari ini, kamu dapat menemukan digital watermark pada banyak dokumen yang tersebar di internet. Keberadaan suatu watermark biasanya menandakan bahwa dokumen tersebut adalah hasil karya milik seseorang atau suatu instansi. Letak watermark bisa dimana saja. Watermark di Ms. Word  juga biasanya berwarna lebih transparan daripada tulisannya sehingga tulisan dalam dokumen tetap bisa terbaca dan tidak mengganggu pembacanya. Watermark juga memiliki berbagai fungsi. Berikut adalah fungsi-fungsi dari watermark.

1. Contoh Watermark

  • Hak Cipta
    Watermark memiliki fungsi sebagai hak cipta sehingga suatu dokumen dengan watermark tidak akan disalahgunakan oleh orang lain. Hasil karya penciptanya ini akan terlindungi dari pembajakan dan terhindar dari klaim pihak yang tidak bertanggung jawab serta adanya watermark memungkinkan agar hasil karyamu tidak dijiplak oleh orang lain. Keberadaan watermark akan menyulitkan orang lain yang ingin mengambil atau meniru hasil karyamu.
  • Identitas

Selain melindungi dokumen dari para pembajak, watermark juga memiliki fungsi sebagai identitas. Watermark biasanya berupa nama orang atau sebuah instansi. Fungsinya agar kamu mengenali siapa pemilik hasil karya tersebut. Jika kamu menemukan dokumen dengan watermark suatu instansi, maka kamu akan langsung berasumsi bahwa dokumen tersebut milik instansi yang dijadikan watermark.

  • Promosi

Watermark juga dapat berfungsi sebagai promosi. Watermark sering digunakan oleh banyak pelaku usaha, mulai dari restoran, toko, dan masih banyak lagi. Biasanya watermark dicantumkan pada foto produk para pelaku usaha atau dokumen apapun yang diterbitkan oleh para pelaku usaha.

Dengan fungsi watermark seperti di atas, kamu memiliki berbagai keuntungan jika menggunakan watermark dalam suatu dokumen. Adapun keuntungan menggunakan watermark dalam dokumen adalah orang lain dapat dengan mudah mengenali hasil karya kamu, hasil karyamu tidak akan mudah dibajak atau di duplikat, dan kamu bisa memamerkan hasil karyamu pada teman-teman di sosial media. Jika kamu menggunakannya untuk promosi, maka brand atau nama usahamu akan lebih dikenal banyak orang dan hal tersebut dapat menumbuhkan rasa bangga pada diri sendiri.

Nah, sekarang kamu sudah paham apa itu watermark dan mungkin sebagian dari kamu sudah sadar kalau kamu pernah melihat watermark karena watermark sering sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang pasti kamu bertanya-tanya, bagaimana cara membuat watermark untuk promosi atau agar hasil karya kamu terlindungi. Yuk, simak langkah-langkah membuat watermark yang banyak di Ms. Word.

Cara Membuat Tulisan Watermark yang Banyak di Word

Watermark yang banyak biasanya sering digunakan untuk sertifikat atau ijazah. Nah, supaya kamu tahu bagaimana caranya membuat watermark dan bisa membuat desain sertifikat atau ijazah sendiri, yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, bukalah Ms. Word dan dokumen yang kamu inginkan. 
  2. Tambahkan watermark ke dalam dokumen. Nah, cara yang satu ini berbeda-beda, tergantung pada versi Ms. Word yang kamu gunakan.
    Jika kamu menggunakan Ms. Word tahun 2007 dan 2010, pilihlah tab Page Layout. Lalu pada Page Background, klik Watermark.
    Jika kamu menggunakan Ms. Word tahun 2013, pilihlah tab Design. Lalu pada Page Background, klik Watermark.
  3. Ms. Word menyediakan berbagai pilihan watermark default, yaitu Confidential, Do not Copy, Draft, Sample, ASAP, dan Urgent dengan berbagai posisi, yaitu horizontal dan diagonal. Jika kamu hanya membutuhkan watermark tersebut, maka pilihlah watermark sesuai kebutuhanmu.
  4. Tapi jika kamu ingin membuat watermark yang banyak sesuai dengan keinginan sendiri, maka klik Custom Watermark. Setelahnya akan muncul kotak dialog Printed Watermark.
  5.  Pada kotak dialog Printed Watermark yang muncul, pilihlah Picture Watermark.
    2. Kotak Dialog Printed Watermark
  6. Setelah muncul pilihan yang lain, pilihlah Select Picture, kemudian kotak dialog Insert Picture akan muncul.
    3. Kotak Dialog Insert Pictures
  7. Pada kotak dialog Insert Picture yang muncul, klik browse. Pilihlah gambar tulisan yang berulang yang kamu buat sebelumnya dan tersimpan di perangkatmu.
  8. Jika gambar watermark tidak terlihat atau terlalu transparan, kamu bisa hilangkan centang pada pilihan Washout. Kalau terlalu terang, maka tidak apa-apa kalau kamu mencentang pilihan Washout.
  9. Jika kamu ingin watermark memenuhi halaman, kamu bisa mengubah pilihan Scale sesuai dengan keinginanmu, misalnya pilihlah scale 200%
    4. Pilih scale
  10. Untuk melihat preview dari watermark pilihanmu, klik Apply. Jika kamu sudah yakin dengan watermark, klik OK.
    5. Hasil akhir

Nah, sekarang watermark sudah jadi! Itulah berbagai informasi tentang watermark dan bagaimana cara membuat tulisan watermark banyak di word. Sekarang kamu bisa mengaplikasikannya pada berbagai dokumen berharga dan hasil karya kamu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, ya!

Baca juga:

Kumpulan Font Latin Keren untuk Berbagai Kebutuhan

ARTIKEL LAINNYA