Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Membuat Tulisan Melengkung di Word Dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
cara membuat tulisan melengkung di word-4
Daftar Topik

Cara membuat tulisan melengkung di word. Saat ini seluruh tugas sekolah, kuliah, hingga pekerjaan membutuhkan Microsoft Word, sebuah perangkat lunak pengolah kata, yang dapat membantu kita mengerjakan tugas-tugas lebih cepat dan mudah tentunya. Pertama kali dirilis pada 25 Oktober 1983, perangkat lunak yang dikembangkan oleh Microsoft ini kini telah menjadi perangkat lunak pembuatan dokumen dan pengolahan kata terbaik dan terbanyak digunakan loh. Berdasarkan Microsoft FY20 First Quarter Earnings Conference Call tahun 2019, tercatat jumlah pengguna Microsoft mencapai 200 juta pengguna. 

Tidak hanya sekedar mengolah kata, Microsoft terus menerus mengembangkan Microsoft Word untuk menjadi perangkat lunak pengolah kata dan pembuat dokumen yang memiliki fitur-fitur canggih dan mampu mempermudah pekerjaan penggunanya. Fitur-fitur seperti “Find and Replace”, “Hyperlink”, “Page Layout”, “Copy”, “Paste”, hingga kini mampu mengubah format dokumen Word menjadi format PDF langsung. Selain fitur di atas, Microsoft Word juga memiliki sebuah fitur yang pernah hype di zamannya, yaitu WordArt. 

WordArt

WordArt merupakan sebuah fitur galeri gaya teks dalam aplikasi Microsoft Word yang dapat ditambahkan ke dalam halaman kamu untuk menambahkan efek seni dalam tulisan, dekoratif, hingga efek bayangan pada teks atau teks yang dicerminkan (mirror). Kamu bisa menggunakan fitur WordArt untuk menambahkan efek tulisan dalam dokumen yang kamu inginkan, mulai dari merentangkan teks, memiringkan teks, membuat ukuran teks tepat sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan, hingga membuat teks memiliki warna yang solid atau gradasi. 

Jika kamu membuat tulisan dengan fitur Word Art, tulisan yang dihasilkan akan berbentuk objek yang dapat kamu pindah-pindah dengan kursor, tidak seperti hasil jika menulis seperti biasanya. Walaupun berbentuk objek, hasil tulisan WordArt juga bisa tetap kamu ubah atau modifikasi hingga menambahkan teks walaupun objek WordArt sudah jadi. 

cara membuat tulisan melengkung di word-1

Perubahan WordArt dari Microsoft Word 2007 hingga Microsoft Word 2010, 2013, dan 2016

Untuk kamu yang sudah lama menjadi pengguna Microsoft Word, kehadiran Microsoft Word Versi 2010 pasti membuatmu merasa ada yang hilang, tidak seperti versi sebelumnya yaitu Microsoft Word versi 2007. Microsoft telah memutuskan untuk mengembangkan Microsoft Word versi 2010 menjadi aplikasi yang memiliki user interface lebih ramah kepada pengguna, sehingga mengedepankan user interface yang sederhana dan tidak terlalu menonjolkan variasi fitur-fitur Word. Salah satunya fitur yang berkembang tentu WordArt. 

cara membuat tulisan melengkung di word-2

Cara Menampilkan WordArt Versi Microsoft Word 2007 Pada Microsoft Word versi Terbaru

WordArt pada Microsoft Word tahun 2010 menunjukkan WordArt yang hanya mampu membuat tulisan dengan gradasi warna, sedangkan pada Microsoft Word 2007, WordArt merupakan fitur pembuatan tulisan dengan berbagai macam bentuk. Namun, perubahan WordArt ini ternyata tidak menghilangkan WordArt pada Microsoft Word 2007 loh. Berikut adalah cara untuk menampilkan WordArt versi Microsoft Word 2007 di Microsoft Word 2010, 2013, dan 2016.

  1. Buka “New Document” pada Microsoft Word 2010/2013/2016;
  2. Simpan dokumen dengan klik “File” > “Save As”;
  3. Pada bagian bawah Dialog Box “Save As” ubah tipe file pada “Save as type” menjadi tipe “Word 97-2003(*.doc)”;
  4. Kemudian klik “Save”;
  5. Setelah tersimpan, buka tab menu “Insert” dan pilih sub menu “WordArt”;

Menu WordArt yang kemudian muncul adalah menu WordArt versi lama. Mudah bukan?

cara membuat tulisan melengkung di word-3

Cara Menyisipkan WordArt

Fitur WordArt pada Microsoft Word dapat memudahkan kita dalam membuat efek-efek tulisan mulai dari berdiri hingga melengkung seperti yang sering kita lihat pada logo, banner, hingga seragam. Dengan menambahkan efek seni pada tulisan, tentu tulisan kita menjadi terasa lebih hidup dan mampu menarik perhatian. Nah, agar kamu bisa menggunakan fitur WordArt ini, kamu bisa mengikuti cara membuat tulisan melengkung di Word dengan fitur WordArt pada Microsoft Word versi 2007 seperti di bawah ini. 

cara membuat tulisan melengkung di word-4

  1. Pertama, buka “New Document” atau buka dokumen Microsoft Word yang ingin kamu tambahkan WordArt;
  2. Kedua, buka tab menu “Insert” dan pilih “WordArt”;
  3. Kemudian WordArt akan memunculkan berbagai macam pilihan bentuk seni tulisan, pilih salah satu bentuk dengan cara mengklik bentuk tulisan yang ingin kamu buat;
  4. Setelah mengklik bentuk tulisan maka akan muncul dialog box “Edit WordArt Text” yang berisi menu “Font”, “Size Font” dan “Teks” yang ingin kamu tulis;
  5. Setelah muncul, silahkan isi tulisan yang ingin kamu tampilkan pada kolom “Teks” dan kemudian sesuaikan lagi tulisan dengan menu “Font” dan menu “Size Font”;
  6. Jika sudah selesai, klik tombol “OK”;
  7. Setelah klik tombol “OK” maka hasil tulisan WordArt yang telah kamu buat akan muncul;
  8. Klik objek WordArt tersebut;
  9. Setelah klik objek WordArt, maka akan muncul menu “WordArt Tools”;
  10. Kemudian pada menu “WordArt Tools” klik menu “Format”;
  11. Pilih sub menu “Change Shape” untuk menampilkan pilihan bentuk tulisan dari WordArt lainnya;
  12. Klik bentuk arah tulisan WordArt yang kamu inginkan seperti melengkung;
  13. Objek WordArt yang kamu buat akan menjadi teks melengkung

cara membuat tulisan melengkung di word-5

Gampang bukan cara membuat tulisan melengkung di word? Sekarang kamu tidak harus menggunakan aplikasi editor foto untuk membuat karya seni tulisan, cukup dengan WordArt kamu dapat membuat karya seni tulisan dengan mudah dan cepat. Dengan banyak berlatih menggunakan Microsoft Word terutama WordArt, kamu dapat membuat seni tulisan yang menarik dan unik. Cara menggunakan WordArt juga tidak terbatas seperti yang telah dijelaskan di atas ya, kamu bisa berkreasi menggunakan berbagai macam bentuk, berbagai macam fitur, dan bisa mengubah warna WordArt sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat! 

Baca juga:

Inilah 4 Cara Membuka File RAW yang Wajib Diketahui

ARTIKEL LAINNYA