Cara Membuat Thai Tea yang Bisa Dipraktekkan di Rumah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
31320-thaitea
Daftar Topik

Thai tea, minuman teh yang satu ini memang telah menjadi eprbincangan banyak pihak. Sampai saat ini banyak gerai yang menjual thai tea dengan pengunjung yang banyak pula. Sebenarnya apa itu thai tea dan bagaimana cara membuat thai tea?

Thai tea adalah minuman teh yang berasal dari negeri gajah putih Thailand yang sudah dikenal berkhasiat. Teh yang satu ini telah ada sejak tahun 1980 an. Selain itu, thai tea juga memiliki ciri sebagai teh yang pekat dengan perpaduan rempah seperti asam dan anise. Maraknya para penjual thai tea serta penikmatnya, Anda bisa membuat thai tea di rumah loh. Tanpa harus keluar rumah terlebih dahulu.

Cara Membuat Thai Tea


Membuat thai tea ternyata tidak serumit yang dikira loh, bahkan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Selain itu, membuat thai tea di rumah dinilai lebih efisien dari pada harus keluar agak jauh untuk membeli teh yang sedang booming ini.

Untuk membuat thai tea bahan utamanya tentu saja teh yang berasal dari Thailand. Namun, Anda juga bisa menggantinya dengan teh seduh biasa yang dijual di warung-warung. Lalu apakah rasanya akan sama dengan thai tea Thailand? Nah, untuk pertanyaan ini akan dibahas lebih lanjut

Informasi Resep Thai Tea Buatan Sendiri

  • Waktu masak: 45 menit
  • Untuk 300 ml / 1 gelas sedang

Setiap satu gelas thai tea mengandung:

  • 7,55 g protein
  • 8,31 g lemak
  • 307 kalori
  • 51,95 karbohidrat

Bahan pembuatan

  • 10 kantong teh / 20 g
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 70 g susu kental manis
  • 300 ml susu cair
  • 300 ml air mineral
  • Es batu sesuai selera

Proses pembuatan thai tea

Setelah beberapa bahan di atas beberapa langkah berikut ini harus dilakukan untuk membuat thai tea ala rumahan.

  1. Untuk membuatnya, masukkan susu cair ke dalam panci, lalu masak dengan api kecil selama 20 menit. Usahakan sampai susu tersebut mengental namun jangan sampai mendidih.
  2. Langkah 2: teh pekat, Rebus daun teh hingga mendidih dan berwarna pekat, kurang lebih selama 15 menit.
  3. Masukkan bahan yang sudah dimasak sebelumnya, yaitu teh pekat, susu evaporasi, serta susu kental manis dan gula pasir ke dalam alat kocok atau shaker.
  4. Tuangkan hasil kocokan tersebut ke dalam gelas yang sudah diisi es batu.

Manfaat Thai Tea


Setelah mengetahui cara membuat thai tea, maka selanjutnya berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi teh Thailand ini.

1. Mencegah penyakit kronis

Daun teh yang berasal dari Thailand memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu antioksidan serta polifenol seperti katekin, theaflavin, epikatekin dan lain-lain. Penelitian menyebutkan kandungan katekin pada daun teh memiliki sifat antikarsinogenik, dimana fungsinya adalah mengurangi resiko penyakit kanker pada hati, usu, kulit, dan anyak lagi.

2. Kaya akan islofavon

Thai tea berbahan dasar teh hitam yang memang memiliki kandungan islofavon, dimana zat yang satu ini sebagai sumber antioksidan. Nah, antioksidan inilah yang membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit.

3. Protein

Protein dalam thai tea terdapat pada susu yang digunakan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa satu gelas thai tea berukuran sedang mengandung 7,55 gram protein.

4. Mencegah infeksi saluran kemih

Peradangan yang terjadi pada saluran kemih akan menyebabkan infeksi di are tersebut. untuk mengatasi reaksi semacam ini, Anda bisa meminum thai tea 2 sampai 3 kali sehari. Kandungan antioksidan yang ada pada daun teh dapat mengurangi peradangan yang terjadi.

5. Mencegah asma

Asma adalah kondisi kesulitan bernafas di saat-saat tertentu. Asma ini bisa menyerang semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Salah satu senyawa dalam thai tea yang dapat mencegah asma adalah star anise.

6. Untuk diet

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi bahwa thai tea bisa menjadi minuman terbaik pendamping diet Anda. Bagaimana tidak, mengkonsumsi thai tea saat waktu makan dapat emnormalkan metabolisme. Selain itu, thai tea juga memiliki kandungan karbohidrat sehingga mengenyangkan untuk diet.

Mungkin thai tea seringkali disamakan dengan teh tarik, padahal kedua minuman ini berbeda meski sama-sama berbahan dasar teh. Teh tarik memeiliki warna coklat muda dengan busa di atasnya. Selain itu, teh tarik dibuat dengan cara mengoper minuman secara berulang di dalam 2 gelas secara bergantian. Sedangkan thai tea lebih berwarna oranye dengan warna teh yang lebih pekat. Selain itu, thai tea merupakan minuman yang kaya akan rempah.

BACA JUGA!

Cara Membuat Bolu Pisang yang Mudah dan Praktis

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP