Home Editor's Choice Home /Food Cara Membuat Tepung Keto Sendiri yang Bebas Pengawet

Cara Membuat Tepung Keto Sendiri yang Bebas Pengawet

0
Cara Membuat Tepung Keto Sendiri yang Bebas Pengawet

Memiliki tubuh yang ideal memang menjadi impian setiap orang, khususnya wanita. Sehingga tak heran jika kini banyak wanita yang melakukan berbagai cara agar memiliki badan yang ideal. Selain melakukan operasi dan perawatan yang membutuhkan biaya yang besar, diet juga menjadi salah satu cara yang paling tepat.

Agar diet ini mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan menjaga pola makan yang tepat serta diimbangi dengan olahraga yang cukup. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan diet yaitu mengkonsumsi tepung keto dari ampas kelapa. Untuk mengkonsumsi tepung ini, kamu tidak perlu membelinya. Karena kamu bisa membuatnya sendiri dirumah, karena bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah ditemukan. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai cara membuat tepung keto sendiri, simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Mengenai Tepung Keto dari Ampas Kelapa


Mungkin kebanyakan dari kita masih bingung apa itu tepung keto. Perlu kamu ketahui bahwa tepung keto merupakan tepung yang memang sengaja didesain untuk memenuhi kebutuhan diet keto. Tepung keto terbuat dari beberapa bahan yang berprotein tinggi.

Selain itu, ada beberapa bahan campuran lain seperti micellar cisein, whey protein isolae, egg white powder dan egg yolk powder . Dengan bahan-bahan tersebut, tepung keto ini sangat cocok untuk ketogenic diet. Untuk menghasilkan kue yang lebih nikmat dan lembut, tambahkan dengan tepung almond.

Selain bahan-bahan tersebut, kamu bisa membuat tepung keto dari ampas kelapa. Jika dibandingkan dengan tepung terigu, tepung kelapa ini memiliki perbedaan baik dari tingkat serat yang dimiliki. Dengan pengolahan yang tepat, tepung terigu ini bisa menjadi makanan yang sangat nikmat.

Seperti yang telah kita ketahui, tepung kelapa ini memang sangat sulit ditemukan. Meskipun ada, harganya sangat mahal. Nah daripada kamu harus mengeluarkan biaya yang banyak, tidak ada salahnya jika kamu membuatnya sendiri untuk menjadikan makanan diet.

Langkah-langkah Membuat Tepung Keto


Nah, setelah mengetahui apa itu tepung keto, kini masuk pada pembahasan utama yaitu cara membuat tepung keto dari ampas kelapa. Jka dibandingkan harus membeli dengan harga yang mahal, tidak ada salahnya jika kamu meluangkan waktu sebentar untuk membuat tepung keto. Karena bahannya sangat sederhana dan sangat mudah untuk dibuat.

Adapun berikut ini langkah-langkah membuat tepung keto yang tepat:

  • Langkah pertama yaitu siapkan satu cangkir serpihan kelapa kering. Lalu rendam serpihan kelapa tersebut ke dalam 4 gelas air. Setelah itu diamkan beberapa jam.
  • Langkah selanjutnya yaitu masukkan campuran air dan serpihan kelapa tersebut ke dalam food processor. Hal ini bertujuan agar tepung bisa halus lebih cepat dan merata. Jika tepung ini terlalu kental dan sulit untuk dihaluskan, kamu bisa menambahkan sedikit air.
  • Nah, untuk memisahkan santan dengan ampasnya, saring serpihan kelapa yang sudah halus menggunakan kain katun yang tipis. Sebenarnya kamu bisa menggunakan saringan lainnya, namun sangat disarankan untuk menggunakan kain. Karena ampasnya tidak akan ikut keluar bersama airnya. Setelah proses penyaringan selesai, simpan santan ke wadah lalu masukkan ke dalam lemari es.
  • Selanjutnya ampas kelapa tersebut dimasukkan ke dalam loyang. Setelah itu keringkan ampas kelapa tersebut di bawah sinar matahari. Agar bisa mengering lebih cepat dan merata ratakan hingga datar.
  • Setelah proses pengeringan selesai, masukkan ampas tersebut ke dalam oven dengan suhu kurang lebih 180 derajat celcius. Hal ini bertujuan agar ampas kelapa bisa kering lebih sempurna.
  • Langkah yang terakhir yaitu ampas yang sudah dikeringkan lalu digiling dengan oven hingga halus. Nah, agar kamu bisa mendapatkan tepung kelapa yang lebih halus, sebelum terlebih dahulu untuk makukan penyaringan sebelum digunakan.

Tips dan Trik Membuat Tepung Keto


Setelah mengetahui apa itu tepung keto dan cara membuatnya, kamu juga perlu mengetahui tips dan trik dalam membuat tepung keto. Dengan begitu tepung keto buatanmu bisa menjadi lebih sempurna. Adapun berikut ini tips dan trik membuat tepung keto:

  • Untuk membuat tepung keto, kamu tidak harus menggunakan kelapa kering. Kamu bisa mengganti kelapa kering ini dengan daging kelapa yang segar. Jika pada ada ulasan sebelumnya untuk membuat tepung keto ini campuran dari kelapa dan air. Namun jika kamu menggunakan daging kelapa segar, maka jangan tambahkan terlalu banyak air. Perbandingan air yang digunakan yaitu 2 banding 1, hal ini tergantung d.ari kekentalan santan yang diinginkan
  • Agar warna adonan tepung keto ini tidak menjadi coklat, sebisa mungkin terus pantau ketika sedang di oven. Karena nilai jual dari tepung kelapa ini tergantung dari warna coklatnya.

Itulah ulasan mengenai cara membuat tepung keto sendiri dari ampas kelapa. Cara membuat tepung keto pada ulasan kali ini tanpa menggunakan pengawet, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Bagi kamu yang diet, tepung ini sangat cocok untuk dikonsumsi.

BACA JUGA! DIET KETO, CARA DAN MANFAAT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here