Cara Membuat Tato Temporer dengan Bahan-Bahan Mudah

0

Banyak orang yang ingin mengaplikasikan tato pada tubuhnya namun takut jika akan merusak kulit. Bagi kamu yang ingin menghiasi tubuh dengan tato tanpa harus takut mengalami kerusakan kulit secara permanen, kamu dapat memilih tato temporer. Selain tidak merusak kulit, dengan tato temporer kamu dapat mengubah jenis lukisan atau gambar yang ada pada tubuh kamu.

Bahan-bahan untuk membuat tato temporer juga dapat dengan mudah kamu temukan. Bahan-bahan tersebut antara lain stensil, pensil eyeliner, kertas dan spidol Sharpie. Penasaran bagaimana cara membuat tato temporer dengan bahan-bahan mudah tersebut? Ayo, kita cari tahu jawabannya di bawah ini.

Membuat Tato Temporer dengan Eyeliner


Bagi kaum hawa, pasti tidak akan merasa asing lagi dengan yang namanya eyeliner. Selain dapat mempercantik mata ternyata eyeliner juga dapat kamu gunakan untuk menghiasi tubuh kamu dengan tato temporer. Caranya yaitu :

1. Buat Desain Tato

Seperti halnya saat kamu ingin menggambar sesuatu, hal yang pertama kali kamu lakukan pastinya membuat sketsa gambar terlebih dahulu. Sama juga dengan saat kamu ingin melukis tato temporer menggunakan eyeliner. Buatlah sketsa tato di kertas terlebih dahulu, setelah itu pasti kamu akan menemukan desain yang pas untuk kamu aplikasikan pada tubuh.

Tato temporer menggunakan eyeliner akan tampak lebih indah jika desainnya simpel dengan garis-garis yang tebal. Untuk ukuran desainnya pun akan lebih terlihat otentik jika ukurannya kecil dibandingkan jika ukuran tato tersebut besar.

2. Pilih Jenis Eyeliner

Untuk jenis eyeliner, pilihlah eyeliner dalam bentuk pensil yang dapat diruncingkan, tidak berminyak atau menimbulkan kilau karena pensil yang dapat menggambar garis-garis merata dan kering akan menghasilkan tato yang tidak mudah luntur dan awet.

Tato temporer dengan warna mencolok akan kamu dapatkan jika memakai eyeliner warna hitam namun penggunaan warna lain juga diperlukan agar tato tampak lebih indah. Kamu dapat menggunakan warna ungu, hijau zamrud maupun biru safir. Hindarilah penggunaan eyeliner cair untuk membuat tato temporer karena eyeliner cair sulit untuk melekat sempurna pada kulit selain kelopak mata.

3. Gambar Desainnya di Kulit

Gunakan pensil eyeliner untuk menggambar desainnya di kulit kamu. Pastikan bentuknya sesuai dengan desain yang kamu inginkan. Jika saat menggambar terjadi kesalahan, kamu dapat membilasnya kemudian menggambar kembali desainnya. Pilihlah area tubuh yang tidak ditumbuhi rambut untuk mengaplikasikan tato temporer ini karena akan lebih mudah untuk digambar.

Sebelum menggambar tato pada kulit, pastikan kulit dalam keadaan bersih dan kering. Kamu juga dapat menciptakan gradasi warna dengan menggunakan cotton bud.

4. Semprotkan Hairspray pada Desain

Hairspray biasanya digunakan untuk mengeraskan rambut. Pada pembuatan tato temporer, kamu dapat memanfaatkan hairspray untuk mencegah agar tato dapat bertahan lama dan tidak rontok. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu semprotkan secara ringan hairspray pada desain tato kamu.

5. Bilas

Tato temporer menggunakan eyeliner dapat bertahan sekitar satu hari. Kamu dapat membersihkannya dengan mudah dengan cara bilas tato menggunakan air sabun hangat. Agar eyeliner tidak mengotori sprei maka bersihkan tato sebelum tidur.

Membuat Tato Menggunakan Stensil


1. Buat Sebuah Stensil

Untuk membuat tato temporer agar terlihat profesional kamu dapat membuat stensil. Selain mengandalkan kemampuan kamu dalam menggambar, membuat stensil juga dapat mengendalikan desain tato kamu. Buatlah desain tato sesuai yang kamu inginkan pada kartu indeks, kemudian gunakan gunting kecil atau cutter untuk memotong bentuk tato kamu.

2. Beli Spidol Permanen

Kamu dapat menggunakan lebih dari satu warna spidol untuk membuat desain tato kamu agar tampak indah. Namun, warna hitam sering dijadikan pilihan karena tampak klasik dan membuat tato tampak sungguhan. Pada dasarnya, spidol permanen mengandung bahan kimia yang tidak aman jika diaplikasikan pada kulit. Jadi, kamu dapat memilih spidol yang berlabel aman untuk membuat tato.

Kamu juga dapat memilih spidol biasa jika kamu tidak suka spidol permanen untuk membuat tato temporer, tetapi kelemahannya tato tidak akan bertahan lama. Kamu juga dapat menggunakan tinta stempel yang terdapat bantalan basah pada wadahnya. Caranya cukup mudah, tekan bola kapas pada bantalan tinta stempel kemudian usapkan di atas stensil dan kulit yang ingin kamu tato.

3. Tempelkan Tato pada Kulit

Pada bagian tubuh yang ingin kamu beri tato, letakkan stensil di atasnya. Agar potongan stensil menempel dengan rata, gunakan satu tangan untuk menahannya agar stensil melekat kuat pada kulit kamu. Kemudian warnai bentuk tato sesuai dengan spidol yang kamu inginkan menggunakan tangan yang satunya. Setelah proses pewarnaan selesai, lepas stensil dan biarkan hingga tintanya mengering.

4. Hapus Tato

Saat kamu telah puas menggunakan tato temporer tersebut, kamu dapat menghapusnya menggunakan air sabun hangat atau bisa juga dengan cara menggosok tato tersebut menggunakan kapas yang telah dimasukkan ke dalam minyak.

Itulah uraian singkat mengenai cara membuat tato temporer dengan bahan mudah. Selain kedua cara di atas, kamu juga dapat membuat tato temporer menggunakan kertas dan spidol sharpie. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

BACA JUGA! CARA MEMBUAT TATO TEMPORER AGAR TAHAN LAMA