Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Source: CultureMagz
Daftar Topik

Bungkus kopi merupakan salah satu limbah berbahan dasar plastik yang sulit terurai. Banyaknya sampah plastik yang tersebar menjadi salah satu penyebab dari pencemaran lingkungan. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat tas dari bungkus kopi. Kerajinan tangan tersebut telah banyak dikembangkan sebagai bisnis rumahan dan bisnis bersama.

Manfaat yang bisa diperoleh dari pemanfaatan bungkus kopi menjadi bahan yang memiliki nilai seni dan nilai jual, membantu para pengembang UKM untuk terus mengembangkan usaha yang dibuat. Kemudian juga mampu mengurangi penumpukan sampah plastik yang selama ini sering menjadi masalah pada lingkungan. Berikut adalah cara yang bisa Anda gunakan dalam proses membuat tas dari bungkus kopi.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan


1. Bungkus kopi

Bungkus kopi disini, Anda dapat menggunakan apa saja dengan berbagai merk. Namun, akan lebih baik jika memiliki warna yang sama dan padu. Tetapi jika hendak melakukan kombinasi warna, Anda juga bisa mencari bungkus kopi dari berbagai merk dengan warna yang berbeda. Kemudian cari yang banyak agar lebih mudah untuk dikreasikan membuat tas.

2. Gunting

Aturannya menggunakan gunting yang memiliki ukuran sedang dan tajam. Karena akan lebih mudah untuk dioperasikan. Apabila penggunaan gunting terlalu kecil, maka akan kesulitan.

3. Jarum dan benang jahit

Kedua benda tersebut berguna sebagai perekat yang nantinya akan menempelkan antar bungkus kopi. Penggunaan perekat berupa benang, berguna agar bungkus kopi menjadi lebih menempel dan tidak mudah ambyar.

4. Furing

Furing nantinya untuk melapisi bagian dalam dari tas. Pemilihan furing akan lebih baik jika disesuaikan dengan bungkus kopi. Tetapi, biasanya lebih baik menggunakan furing yang memiliki warna netral.

5. Penggaris dan resleting

Kedua bahan tersebut berguna dalam pembuatan tas. Penggaris digunakan untuk menentukan ukuran yang tepat. sedangkan resleting berguna untuk memberikan nilai ketergunaan yang mudah pada tas tersebut.

Cara Pembuatan Tas dari Bungkus Kopi


1. Pembersihan

Agar tas nantinya tetap awet bersih dan tidak berjamur, maka hal yang harus diperhatikan adalah bahan pembuatnya. Jika bahan-bahannya bersih dan higienis, maka tas nantinya akan selalu bersih.

Maka dari itu, seluruh sampah plastik dari bungkus kopi, sebaiknya terlebih dahulu dibersihkan. Bersihkan hingga seluruh bagian tidak memiliki sisa kotoran atau kopi. Selanjutnya lakukan metode pengeringan. Anda bisa mengeringkan dengan dilap atau dijemur. Tunggu hingga bahan benar-benar kering.

2. Pengguntingan

Cara membuat tas dari bungkus kopi yang selanjutnya adalah dengan metode pengguntingan. Setelah seluruh bungkus kopi bersih dan kering, maka Anda bisa mengguntingnya menjadi dua bagian. Tentu saja hal tersebut untuk memudahkan proses pembentukan anyaman plastik yang akan dilakukan. sehingga satu bungkus kopi akan menjadi dua bungkus setelah digunting.

3. Pelipatan

Berkaitan dengan lipatan bungkus kopi ini, sebenarnya terdapat banyak cara yang bisa digunakan. Selain itu, Anda juga bisa memilih. Bisa memilih bungkus kopi luar sebagai wallpaper atau bungkus kopi dalam sebagai wallpaper. Proses pelipatan sendiri bisa bervariasi. Namun, agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan proses pelipatan berikut ini.

  • Pada salah satu ujung dari sisi bungkus kopi bisa dilakukan pelipatan ke arah dalam. Panjang lipatan yang terbentuk bisa dikira-kirakan sekitar 1 cm saja.
  • Lakukan penganyaman setiap bungkus kopi yang telah dilipat dengan rapi. Penganyaman bisa dilakukan bervariasi. Namun, yang lebih mudah jika Anda melakukan penganyaman membentuk seperti ketupat.

4. Pembentukan

Jika seluruh anyaman yang dibentuk dirasa cukup dan sudah pas untuk membuat tas, maka selanjutnya Anda dapat membuat bentuk tas yang diinginkan. jangan lupa untuk menambahkan keindahan, maka pada bagian dalam tas bisa dilapisi dengan kain furing yang telah dipersiapkan. Cara melapisi bagian dalam adalah dengan membentuk jahitan tertentu. Jahitan diletakkan pada bagian tertentu sehingga tas dan furing bisa melekat dengan baik.

5. Pembuatan Tali

Tas akan lebih menarik juga diberikan tali sebagai pegangan. Pada tali tersebut, Anda bisa membuat sendiri dengan bahan plastik bekas kopi, atau juga bisa menggunakan tali bekas yang tas yang sudah tidak terpakai.

6. Menambahkan Penutup Tas

Resleting digunakan dalam hal ini. Sebenarnya untuk penutup bagian atas tas, Anda dapat menggunakan resleting atau kancing baju. Pada intinya adalah menambah nilai seni dan nilai ketergunaan dari tas tersebut.

Kemudahan dalam membuat tas dari bungkus kopi, menjadikan banyak pengembang mencoba usaha tersebut. Anda cukup mengikuti saja tutorial dengan baik dari awal. Mulai dari pembersihan hingga penambahan penutup tas.

Akan lebih baik lagi, jika memiliki hiasan tertentu atau melakukan kombinasi bahan. Semakin menarik dan bagus tas tersebut, maka nilai jual juga semakin tinggi. Selain mendapatkan keuntungan, Anda juga membantu mengurangi sampah plastik.

BACA JUGA!

Kreasi Dan Cara Membuat Tote Bag dengan Bahan Sederhana

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP