Cara Membuat Tahu Bulat Agar Dalamnya Kopong

0

Masyarakat Indonesia terkenal suka mengkonsumsi camilan dengan rasa gurih dan asin, contohnya tahu bulat. Jajanan yang sempat viral pada beberapa tahun lalu ini merupakan salah satu makanan ringan yang sangat digemari oleh anak-anak sampai orang dewasa. Ciri khas dari jajanan tahu bulat yaitu, biasanya dijual diatas mobil pick up dan digoreng langsung apabila ada pelanggan alias digoreng dadakan.

Tahu bulat sangat digemari karena selain rasanya yang enak, harganya juga sangat murah. Dengan uang 500 rupiah saja, kita sudah bisa mendapat satu buah tahu bulat dengan aneka macam pilihan bumbu bubuk. Cara Membuat Tahu Bulat juga terbilang sangat mudah dan bahannya juga murah, sehingga banyak yang menjadikannya sebagai peluang usaha.

Seiring dengan semakin terkenal jajanan tahu bulat, banyak varian baru yang muncul. Namun, yang paling favorit adalah tahu bulat yang tengahnya kopong. Sebenarnya membuat tahu bulat yang enak dan tengahnya kopong tidaklah susah, asal mengerti Cara Membuat Tahu Bulat dengan benar. Jika Anda ingin membuat tahu bulat sendiri di rumah dan ingin hasil yang dijamin memuaskan, cermati beberapa tips berikut ini.

Siapkan Bahan untuk Tahu Bulat


Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin membuat tahu bulat adalah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, hal ini perlu dilakukan agar pekerjaan tertata rapi dan bisa fokus dalam proses pembuatannya. Berikut bahan-bahannya:

Bahan:

  • ½ kg tahu putih
  • 1 butir telur ayam
  • 4 buah bawang putih, dihaluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh penyedap rasa ayam
  • 1 sendok teh baking powder

Cara Membuat Adonan


Setelah semua bahan siap, langkah yang selanjutnya adalah membuat adonan. Berikut Cara Membuat Tahu Bulat agar bagian tengahnya menjadi kopong saat digoreng.

  1. Pertama-tama siapkan wadah (bisa berupa mangkuk atau wadah lainnya) kemudian masukkan tahu putih yang sudah dicuci dengan air bersih, lalu hancurkan secara perlahan sampai teksturnya menjadi agak halus.
  2. Ambil lumatan tahu lalu peras dengan menggunakan kain kasa atau kain bersih sedikit demi sedikit sampai kadar air yang ada di dalam tahu menjadi berkurang.
  3. Masukkan telur ayam, bawang putih halus, garam, penyedap rasa dan baking soda ke dalam adonan lalu aduk merata agar semua bahan tercampur menjadi satu.
  4. Periksa tekstur adonan, apabila masih terasa terlalu lembek maka tambahkan tepung tapioka ke dalamnya sampai terlihat lembut dan mudah untuk dibentuk.
  5. Setelah itu, adonan tahu bulat dimasukkan ke dalam kulkas (jangan taruh di freezer) dan diamkan sekitar 15 menit. Hal ini bertujuan agar kandungan sodium bikarbonat yang ada di dalam baking soda bisa bereaksi, sehingga membuat adonan tahu bulat menjadi mengembang dan bisa kopong saat digoreng.
  6. Setelah 15 menit, keluarkan adonan dari dalam kulkas kemudian biarkan lagi selama 10 menit pada suhu ruangan.
  7. Setelah itu, cetak adonan menjadi bulatan kecil dengan menggunakan tangan.

Cara Menggoreng Tahu Bulat


Selain memperhatikan cara pembuatan, menggoreng adonan dengan benar sangat perlu untuk dilakukan agar menghasilkan tahu bulat yang enak dan krispi.

Berikut tipsnya:

  1. Pertama-tama siapkan wajan kemudian tuang minyak goreng sampai setengahnya agar adonan bisa tercelup semua.
  2. Panaskan minyak dengan api besar, kemudian setelah itu kecilkan api dan masukkan adonan ke dalamnya.
  3. Goreng adonan dengan api kecil sambil di bolak-balik agar matang dengan sempurna dan warnanya berubah menjadi kuning keemasaan.
  4. Tiriskan tahu bulat pada wadah yang telah disiapkan

Bumbu Pelengkap


Bumbu pelengkap untuk tahu bulat  yang sudah matang sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Namun, bumbu atau topping yang direkomendasikan adalah bumbu bubuk dengan aneka macam rasa seperti barbeque, balado, atau keju agar lebih praktis. Atau jika ingin citarasa yang lebih unik bisa membuat sambal petis, yang bisa digunakan untuk cocolan.

Berikut cara membuat sambal petis untuk pelengkap tahu bulat:

Bahan dan bumbu

  • Petis 3 sendok makan
  • Sedikit gula merah
  • Cabai merah secukupnya
  • Cabai rawit, gunakan sesuai selera
  • Bawang merah 2 buah
  • Bawang putih 1 siung
  • Air secukupnya

Cara Buat:

  1. Masukkan semua bahan bumbu halus yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit dan gula merah yang sudah disisir ke dalam cobek kemudian tumbuk sampai halus.
  2. Siapkan wajan, masukkan sambal petis lalu tambahkan sedikit air dan masak sampai mendidih.
  3. Matikan kompor kemudian pindahkan sambal petis ke dalam wadah.

Tahu bulat sangat cocok jika dijadikan camilan teman minum kopi atau untuk suguhan saat berkumpul bersama teman maupun  keluarga. Bahan untuk membuat tahu bulat sangat mudah didapatkan, sehingga bisa dibuat sendiri di rumah cara membuatnya tidak membutuhkan teknik yang rumit sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Yang terpenting, pastikan bahan yang digunakan dalam pembuatan tahu bulat aman dan sehat untuk dikonsumsi.

BACA JUGA! 

3 Resep Ayam Rica-rica yang Mudah Dibuat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here