Cara Membuat Surat Bahasa Inggris

0

Media komunikasi banyak jenisnya. Ada media tertulis dan media non tertulis. Untuk media komunikasi tertulis terdiri dari memo, e-mail dan surat. Surat merupakan media komunikasi yang sering digunakan baik itu dalam surat formal atau informal karena penulisan surat ini isinya lebih lengkap jika dibandingkan dengan memo dan e-mail. Surat bisa digunakan sebagai media komunikasi dengan menggunakan berbagai bahasa yang kita inginkan. Bisa berupa surat bahasa Indonesia, surat bahasa inggris dan bahasa- bahasa lainnya.

Nah, kali ini kami akan membahas tentang cara membuat surat bahasa inggris. Seperti yang sudah dijelaskan di atas surat bahasa inggris juga memiliki dua jenis  yaitu surat yang bersifat formal dan surat yang sifatnya informal. Yang dimaksud formal disini yaitu surat yang ditujukan untuk instansi pemerintah ataupun untuk kepentingan bisnis yang sifatnya resmi . Dan untuk surat informal yaitu surat yang sifatnya tidak resmi. Berikut akan kami bagikan cara membuat surat bahasa inggris baik itu surat formal dan informal.

Cara Membuat Surat dalam Bahasa Inggris

1. Cara penulisan surat bahasa inggris yang sifatnya formal/ resmi


Untuk menulis surat dalam bahasa inggris yang sifatnya formal ada beberapa langkah yang harus diikuti. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, kalian harus tahu kapan waktunya untuk menulis surat formal ini. Jadi, untuk menulis surat formal hanya untuk ditujukan kepada instansi pemerintah atau untuk kepentingan bisnis bukan untuk pribadi. Surat resmi atau formal harus ditulis atau diketik lalu di print out. Akan tetapi jika untuk kebutuhan yang mendadak juga bisa dikirim via email.
  • Langkah kedua, silahkan kalian tulis alamat dan tanggal pada saat penulisan surat di halaman bagian atas. Tulis nama dan alamat di halaman atas bagian kiri. Kemudian silahkan kalian tulis tanggal yang lengkap. Jika kalian menggunakan bahasa inggris British format penulisannya yaitu “22 March 2019” dan jika menggunakan bahasa inggris Amerika formatnya “March ”
  • Langkah yang ketiga, yaitu tulis nama dan alamat penerima surat. Nama dan alamat penerima surat ditulis di baris yang terpisah sebelah kanan.
  • Langkah keempat yaitu tulislah salam pembuka surat. Seperti contohnya “Dear Sir or Madam”, “To whom It May Concern”, “Dear Sir, Dear Madam”
  • Langkah kelima yaitu, kalian harus menuliskan tujuan dari menulis surat ini.
  • Langkah yang keenam, kalian harus gunakan penutup dengan kata-kata yang mengandung pujian. Seperti contohnya “Thank you for taking the time to read my letter” atau thank you for your time adan your consideration”.
  • Langkah yang ketujuh, yaitu di akhir surat kalian harus mencantumkan tanda tangan serta nama lengkap. Kata-kata yang bisa digunakan seperti “Sincerely yours” atau “your faithfully”.
  • Langkah ketujuh, lipat surat dan masukkan kedalam amplop. Dan pada amplopnya tulislah alamat yang akan dituju. Di bagian pojok kanan amplop.

2. Cara penulisan surat bahasa inggris yang sifatnya informal / tidak resmi


Untuk menulis surat dalam bahasa inggris yang sifatnya informal atau tidak resmi ada beberapa langkah yang harus diikuti. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, kalian harus memastikan seberapa resmi surat yang akan dibuat. Jadi, jika kalian akan mengirim surat kepada orang yang lebih tua gunakanlah tulisan yang semi formal. Tapi jika kalian akan mengirimkan surat kepada teman dekat bisa gunakan bahasa yang tidak formal.
  • Langkah kedua yang harus kalian lakukan adalah menulis salam pembuka surat. Kalian bisa menggunakan kata “hello” “hei” atau kalian juga bisa menambahkan di akhir sapaan itu dengan nama panggilan.
  • Langkah ketiga, kalian tinggal memulai menulis suratnya. Untuk menulis surat yang tidak resmi kalian bisa memulainya dengan kata Tanya seperti “ how are you”, “ I hope you are well”.
  • Langkah keempat, yaitu kalian harus menuliskan apa tujuan ditulisnya surat ini. misalnya dengan kalimat”thank you for the gift”. Jadi di bagian ini kalian bisa menceritakan apa yang akan diberitahukan kepada penerima surat itu.
  • Langkah kelima yaitu kalian harus mengakhiri surat. Seperti contohnya pada surat informal bisa menggunakan kata “love”, “ affectionately” dan masih banyak lagi. Untuk surat yang semi formal, kalian bisa menggunakan kata “sincerely”, “best”, “regards” dan masih banyak lagi.
  • Langkah yang terakhir tinggal kalian kirim surat itu.

Nah, itulah cara menulis surat bahasa inggris, baik itu surat secara resmi maupun surat yang tidak resmi. Bagaimana, sangat mudah bukan? Jadi, tunggu apalagi jika kalian akan membuat surat dalam bahasa inggris penjelasan singkat diatas bisa digunakan sebagai referensi. Semoga dengan kami bagikannya cara menulis surat bahasa inggris di atas bisa buat menambah wawasan bagi kalian.

BACA JUGA!

7 Alat Pernapasan Pada Hewan Beserta Penjelasannya

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: