Cara Membuat Subtitle dengan Mudah!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
subtitle
Daftar Topik

Cara membuat subtitle. Kamu tentunya sering sekali menonton film luar yang menggunakan bahasa asing dong. Nah tentunya kamu akan familiar dengan istilah subtitle. Subtitle adalah sebuah teks, berupa terjemahan, yang disematkan di dalam sebuah konten digital, seperti film, video, dan konten-konten serupa. Subtitle sendiri selalu menjadi yang dicari ketika kamu ingin menonton film-film luar, terkhusus buat kamu yang gak ngerti bahasa asing tersebut. Bahasa asing yang biasanya sering dibuatkan terjemahannya adalah Korea, Inggris, Thailand, Mandarin, dll. Banyaknya film yang berasal dari negara tersebut menjadikan subtitle dengan bahasa tersebut menjadi banyak diminati. Hal ini jug ayang menjadi dasar beberapa orang mengandalkan membuat subtitle menjadi penghasilan pribadinya.

Peran subtitle dalam dunia perfilman tentunya juga cukup krusial. Makna dari sebuah film akan bergantung dari bagaimana cara membuat subtitle tersebut. Bagaimana dia mampu menerjemahkan dan menafsirkan dialog dan suara yang ada di sebuah film menjadi dalam bahasa Indonesia. Oleh karenanya, seseorang yang ingin menerjemahkan sebuah film, seharusnya memiliki kapabilitas dan juga pengetahuan sosial budaya dari film yang akan diterjemahkan. Hal ini tentunya akan sangat berguna dalam proses penerjemahan dimana informasi yang ada akan tersampaikan dengan tepat dan efektif. 

cara membuat subtitle

Pengetahuan akan budaya, sosial, dan politik dari negara yang akan diterjemahkan, akan membuat subtitle yang kalian buat bisa menjadi lebih baik lagi. Misalkan saja, jika kamu mengetahui gaya bicara, tone, gestur, ungkapan, pribahasa, sejarah, hingga suku-suku yang ada di negara tersebut, kamu akan bisa menerjemahkannya secara lebih tepat ke gaya bahasa yang ada di Indonesia. Hal ini tentunya akan membuat subtitle yang kamu buat akan menjadi lebih baik lagi.

Sekarang ini, terdapat beberapa situs online yang menyediakan kebutuhan subtitle kamu untuk berbagai bahasa yang cukup variative. Dari situs tersebut, kamu bisa memilih pembuat subtitle, bahasa yang dipilih, dan tentunya judul film yang kamu mau. Hasilnya juga cukup baik, terutama untuk terjemahan ke bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Di kebanyakan kasus, terjemahan oleh penerjemah pertama biasanya dilakukan ke bahasa inggris terlebih dahulu. Setelah subtitle diterjemahkan ke bahasa inggris inilah yang kemudian membuka jalan bagi penerjemah lain untuk menerjemahkannya ke bahasa nasional mereka. 

Bagi kamu yang penasaran mengenai cara membuat subtitle, kamu bisa simak artikel kali ini nih karena pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat subtitle pada PC pribadi kamu. Terdapat 2 cara yang bisa kamu gunakan, yaitu dengan dan tanpa bantuan advanced software. Tanpa basa basi lagi, langsung aja simak cara membuat subtitle berikut ini:

Cara Membuat Subtitle

1. Cara membuat subtitle dengan bantuan notepad

notepad

Tentunya kamu sudah familiar dengan notepad bukan? Aplikasi yang sudah terinstall sejak awal ini memang terbukti memiliki banyak fungsi yang bermanfaat. Nah pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat subtitle dengan bantuan notepad. Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi notepad pada PC pribadimu. Ketikkan angka 1 pada baris pertama.
  2. Setelah melakukan penomoran, kamu masukkan waktu awal subtitle tersebut muncul beserta waktu berakhirnya dalam format seperti gambar di bawah ini.
  3. Lalu tekan enter untuk membuat baris baru, dan pada baris ini silahkan masukkan subtitle yang kamu mau pada interval waktu tersebut.
  4. Lakukan Langkah ini hingga percakapan terakhir pada konten tersebut.

Itulah dia cara pertama untuk membuat subtitle. Tentunya untuk menghasilkan timing yang lebih sinkron, baiknya kamu menulis sambil menonton video yang ingin kamu buat subtitlenya. 

Langkah terakhir adalah simpan file tersebut dalam extension .srt dan encoding UTF-8. Dengan ini kamu sudah bisa menggunakan file tersebut dengan cara drag file tersebut ke dalam aplikasi video player kamu atau dengan cara mengubah namanya sesuai dengan nama filmnya.

2. Cara membuat subtitle dengan bantuan Aegisub

aegisub

Langkah selanjutnya yang mungkin lebih advanced adalah dengan menggunakan bantuan software Aegisub. Dengan menggunakan software ini, kamu bisa membuat subtitle yang lebih variative lagi. Selain dapat membuat teks, aplikasi ini juga mampu mengubah warna dan efek pada subtitle yang muncul tersebut. 

Subtitle yang kamu akan hasilkan dengan software ini pun tentunya akan lebih advanced lagi nih. Selain dari segi desain, kamu juga akan lebih mudah mensinkronisasi subtitle dengan dialog yang ada dan juga melakukan preview pada waktu dan subtitle yang kamu masukkan. Dengan beberapa fungsi tersebut, software ini dapat dikatakan cukup enteng dipasang di laptop pribadimu. Software ini juga tidak memakan memori yang besar sehingga cukup praktis banget buat kamu gunakan sehari-hari.

Jika kamu ingin menggunakan Aegisub untuk membuat subtitle, maka ikuti beberapa tutorial berikut:

  1. Yang pertama adalah kamu buka Aegisub-nya lalu buka video yang ingin kamu bubuhi subtitle. Bisa kamu lakukan dengan klik Video>Open Video. Setelah itu kamu masukkan audionya dengan cara klik Audio> Open Audio.
  2. Selanjutnya adalah mengatur display dari subtitle kamu, yang meliputi warna, jenis font, ukuran, dlsb. Pengaturan ini bisa kamu lakukan di styles manager.
  3. Setelah persiapan tersebut sudah kamu lakukan, langkah selanjutnya adalah menuliskan subtitle pada tiap tiap interval waktu yang ada. Untuk memulai proses ini, kamu tinggal pergi ke menu audio box. Sebagai catatan, jika kamu ingin membuat dua baris teks dalam satu subtitle, kamu harus memasukkan kode \N. Jika telah selesai memasukkan naskah, tekan enter.
  4. Setelah dirasa semua subtitle sesuai dengan keinginanmu, maka kamu hanya tinggal menyimpan subtitle tersebut dengan menekan CTRL + S pada keyboard.

subtitle

Dengan ini kamu berhasil membuat subtitle kamu. 

Itulah dia cara membuat subtitle menggunakan bantuan software yang sangat ringan. Dengan begitu, kamu bisa mencoba sendiri di PC pribadi kamu tanpa khawatir masalah teknis lainnya, seperti lag dll.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat ya.

Baca juga:

Cara Membuat Header di Halaman Pertama Saja

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA