Cara Membuat Shampo dari Bahan Alami

0

Dewasa ini produk atau merk shampo memang sudah banyak di pasaran. Namun kebanyakan shampo yang dijual mengandung sulfat atau bahan pembersih yang keras. Dampak pemakaian shampo dengan bahan ini yaitu membuat rambut kering dan rusak. Selain itu shampo berbahan ini juga berdampak pada tubuh, karena bisa masuk melalui pori-pori dan masuk ke aliran darah.

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki rambut yang sehat tanpa menggunakan shampo berbahan kimia, kamu bisa membuat shampo dari bahan-bahan alami. Bahan-bahan untuk membuat shampo ini mudah ditemukan. Bahkan harganya tidak terlalu mahal. Adapun bahan-bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat shampo yaitu cuka, baking soda, madu dan aloe vera. Untuk lebih jelasnya berikut ini ulasan mengenai cara membuat lampu dari bahan alami.

Shampo dari Cuka dan Baking Soda


Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat shampo yaitu cuka dan baking soda. Dengan menggunakan dua bahan ini, kamu bisa mendapatkan kulit kepala dan rambut yang bersih dalam hitungan menit. Mengingat bau cuka ini sangat kuat, kamu bisa menambahkan dengan minyak esensial tertentu. Adapun minyak bisa kamu gunakan seperti minyak pohon teh yang berguna untuk menghilangkan ketombe dan minyak rosemary untuk penanganan rambut rontok.

Adapun berikut ini cara pembuatan shampo dari cuka dan baking soda:

  • Langkah pertama yaitu campurkan satu sendok makan baking soda ke dalam segelas air hangat yang ada di botol. Selanjutnya campur cuka sari apel dengan secangkir air di wadah yang lain. Nantinya campuran juga air ini menjadi conditioner.
  • Setelah itu kamu bisa langsung menggunakan shampo dan conditioner ini pada rumput. Caranya yaitu terlebih dahulu basahi rambut dan pijat campuran pertama ke rambut. Setelah itu gunakan air hangat untuk membilasnya. Setelah di bilas, rambut memang terasa kering. Namun kamu bisa menggunakan conditioner yang telah dibuat dari cuka sari apel. Karena conditioner ini berfungsi untuk membantu keseimbangan ph.
  • Untuk menghasilkan perisai pelindung yang alami, lihat hasilnya selama beberapa hari menggunakan shampo dan conditioner tersebut. Untuk penggunaan pertama memang memberikan efek rambut berminyak dan berketombe. Namun demi kesehatan rambut, hal ini tak perlu dikhawatirkan karena menggunakan bahan alami.

Shampo dari Aloe Vera


Selain bisa menggunakan cuka dan baking soda, kamu juga bisa mau membuat shampo dari aloe vera. Aloe vera merupakan tanaman yang berguna untuk melunakan kulit. Untuk membuat shampo dari aloe vera ini ada beberapa bahan lain yang perlu dicampurkan. Seperti halnya (5ml), gel aloe vera (satu sendok makan), sabun cair Castile (60 ml) dan minyak sayur (1 ml). Kamu dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk sampo, agar memberikan aroma yang bagus.

Adapun berikut ini cara membuat sampul dari aloe vera:

  • Langkah pertama campurkan semua bahan yang telah disebutkan sebelumnya di wadah. Gunakan mixer atau sendok untuk mencampurnya agar bisa merata. Untuk memberikan aroma yang bagus, kamu bisa menambahkan beberapa minyak esensial. Setelah semuanya tercampur rata, kamu bisa menuangnya ke plastik atau botol kaca. Namun sangat disarankan untuk menggunakan botol karena bisa memudahkanmu dalam penggunaannya.
  • Untuk pemakaian shampo alami dari aloe vera ini, pertama basahi rambut lalu tuangkan shampo ke telapak tangan dan pijat pada kulit dan rambut. Sebelum penggunaan, alangkah baiknya kocok botol shampo tersebut. Karena setelah beberapa minggu bahan bisa terpisah.

Shampo dari Chamomile


Chamomile bisa kamu gunakan untuk menjadi shampo alami yang sehat. Dengan bahan ini kamu bisa membersihkan rambut dengan cepat. Untuk membuat shampo dari Chamomile ini ada beberapa bahan tambahan, agar shampo bisa memberikan manfaat lebih banyak.

Adapun bahan-bahan tersebut seperti 1 liter sodium lauryl eter sulfat, 1/4 sendok teh minyak zaitun, 1 cangkir air dimurnikan, 1/4 sdt alkohol setil, 20 gram chamomile (atau 4 kantong teh), 1 gelas wadah yang dapat menampung 2,5 liter, saluran dan sebuah botol plastik yang dapat menampung 1 liter. Shampo  yang terbuat dari bahan ini hanya bisa digunakan selama 6 bulan serta simpan di tempat yang sejuk.

Cara membuat shampo dari kamu mile sebagaimana berikut ini:

  • Langkah pertama yaitu panaskan air dalam panci. Sembari menunggu air mendidih, infus dengan chamomile. Setelah itu tutup panci selama 5 menit, lalu tambahkan still alkohol dan minyak. Agar bahan-bahan yang direbus tidak cepat berkurang, ubah kompor pada panas tingkat rendah dan bahan bisa meleleh dengan sempurna.
  • Selanjutnya rendam natrium sulfat kedalam wadah, lalu tambahkan campuran sebelumnya. Untuk menciptakan homogen, terlebih dahulu kocok bahan-bahan tersebut.
  • Langkah yang terakhir yaitu tuangkan campuran tersebut ke dalam botol plastik yang terdapat salurannya agar dalam penggunaannya semakin mudah.

Inilah beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat shampo secara alami. Meski terlalu ribet  dalam membuatnya, namun tidak ada salahnya jika kamu mencobanya, karena sangat aman untuk kesehatan rambut.

BACA JUGA! 5 MERK SHAMPO ANAK UNTUK RAMBUT RONTOK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here