Cara Membuat Rok Bagi Penjahit Pemula

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2312-rok skirt 1
Daftar Topik

Pakaian yang bagus tidak harus diperoleh dengan cara membeli atau dibuat oleh orang lain. Kamu bisa memperoleh pakaian yang bagus dengan cara membuatnya sendiri. Banyak jenis rok yang bisa kamu buat terutama jika masih seorang penjahit pemula. Ada rok berkerut, rok maxi dan masih banyak lagi model lainnya.

Membuat Rok Berkerut


Berikut ini merupakan langkah-langkah pembuatan rok berkerut:

  • Pilihlah Bahan Rok

Untuk membuat rok ini, kamu bisa memakai kain jenis apapun. Kamu akan membutuhkan karet dengan lebar sebesar 2,5 cm. Pilihlah kain yang lebih kaku untuk membuat rok yang lebih terstruktur. Untuk membuat rok yang lebih longgar pilihlah kain yang ringan.

  • Ukurlah Tubuh

Ukurlah tubuh memakai pita pengukur. Tentukan jarak antara bagian terkecil pinggang, bagian terlebar pinggul serta total panjang rok. Temukan panjang dari pinggul ke tingkat yang ditentukan pada kaki dan menambahkan ukuran untuk tempat karetnya sekitar 6,75 cm ekstra.

  • Potonglah Kain dan Karet

Potong kain sesuai hasil pengukuran tubuh. Potonglah karet dengan ukuran sepanjang lingkar pinggul dan dikurangi dengan 2,5 cm.

  • Jahitlah Garis-garis Sisinya

Letakkanlah kedua potongan kotak. Dalam keadaan sejajar satu kotak ada di atas yang lainnya. Siapkanlah ruang jahitan dengan lebar sebesar 1,25 cm, lalu jahitkan keduanya sampai menyatu. Ratakan bekas dari jahitan memakai setrika.

  • Buatlah Tempat Karet

Persiapkan penutup kain pada karet rok yang tersembunyi di dalam kain. Lipatlah dengan lebar sebesar 1,25 cm bagian atas kain.Lipat lagi sebesar 5,1 cm.Untuk menyatukan bagian ini pakailah jahitan pada bagian yang atas pada daerah yang sudah ditekan ke roknya. Sebagai tempat memasukkan karet sisakan bukaan dengan besar 10,2 cm di dekat salah satu garis samping rok.

  • Jahitlah Lipatan Bawahnya

Lipatlah pada bagian bawah rok dengan lebar sebesar 1,25 cm. Ratakan memakai setrika. Pakailah jarum untuk menjaga posisi lipatan jika dibutuhkan. Jahitlah bagian atasnya.

  • Masukkan Karet

Masukkan karet yang sudah dipotong sesuai tempatnya. Tariklah karet tersebut melingkari rok. Jahitlah kedua lembaran ini menjadi satu ketika sudah mencapai sisi satunya menggunakan jahitan lurus. Untuk menutup bukaannya pakai saja jahitan atas. Sedangkan untuk memperkuat pinggiran rok pakailah jahitan belakangnya.

  • Selesaikan Garis Pinggang

Sesuaikanlah kerutan di sekitar garis pinggang. Jadi jarak semuanya imbang. Sesudah melakukan hal ini, untuk menggabungkan kerutan dengan karet jahitkan pada area-area bawahnya. Jahitlah pada ruang di antara setiap kerutan yang ada.

Membuat Rok Maxi


Berikut ini merupakan langkah-langkah pembuatan rok maxi:

  • Pilihlah Bahan Kain

Pilihlah kain yang lebih berat supaya tidak mudah terangkat. Untuk membuat garis pinggang di bagian atasnya, pakailah karet berpita lebar. Pilihlah warna yang cocok dengan kain karena karet ini akan nampak.Pilihlah bahan kain yang cukup besar untuk bisa dipotong.

  • Lakukan Pengukuran

Ukurlah lingkar pinggul serta panjang rok. Kemudian ukurkan dari titik tersebut ke pergelangan kaki atau bisa juga menyesuaikan dengan panjang yang Kamu inginkan. Pengukuran ini tergantung tinggi badan. Ukurlah karet pada bagian pinggang yaitu dengan cara mengurangi sekitar 2,5 cm dari lingkar pinggul. Bagian panjang dan lebarnya tambahkanlah 2,5 cm kain ekstra.

  • Potonglah Kain

Ukurlah sebuah kotak besar dan lebarnya merupakan lingkar pinggul.Sedangkan panjangnya menyesuaikan dengan keinginan. Potonglah bentuk ini, lalu lipat menjadi dua dengan kedua ujung potongannya yang saling bersentuhan.

  • Jahitkan Mengikuti Panjangnya

Lipatlah lebih dari 1,25 cm kain pada setiap pinggiran panjangnya. Untuk meratakan pakai saja setrika. Kemudianuntuk menempelkan kedua sisi kain serta menciptakan sebuah tuba jahitlah dengan berbiku.

  • Mulailah Membuat Garis Pinggang

Baliklah tuba untuk mengerjakan bagian atas bahannya. Jika mempuanyai mesin obras, obraslah bagian pinggiran kain untuk pencegahan agar tidak lepas. Jika tidak, untuk menstabilkan ujung-ujungnya pakailah jahitan berbiku.

  • Jahitkan Karetnya

Lipat karet menjadi dua. Kedua ujungnya terletak saling bertindihan. Dengan jarak sekitar 0,625 cm dari pinggir potongan karet gunakan jahitan lurus. Kemudian balikkan karet, jauhkan kedua bagian yang sudah Kamu sisakan tersebut. Satukanlah karet memakai jahitan berbiku.

  • Pasangkan Karet ke Bagian Garis Pinggang

Letakkanlah ke dalam karet bagian atas rok, lalu tusukkan. Pakailah jarum untuk meratakannya.

  • Jahitkan Karet

Jahitkan karet menggunakan jahitan lurus pada jarak sekitar 0,625 cm dari bawah karet. Lepaskan jarum ketika kamu menjahit.

  • Selesaikan Keliman

Lipatlah bagian bawah rok dengan ukuran 1,25 cm. Jahit secara berbiku untuk menjaga supaya bagian bawahnya tidak terlepas. Untuk menempelkannya ke rok pakailah jahitan lurus.

Ketika akan membuat rok, bacalah seluruh instruksi terlebih dahulu apalagi jika Kamu masih penjahit pemula. Pada saat bekerja menggunakan mesin jahit, jarum dan gunting harus sangat berhati-hati.

BACA JUGA! INILAH CARA MENJAHIT CELANA TANPA MENGGUNAKAN MESIN JAHIT

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA