Cara Membuat Rangkaian Paralel dari Kabel dan Saklar

0

Rangkaian paralel yaitu perangkat elektronik yang disambungkan ke sumber daya arus listrik yang mengalir. Dalam rangkaian paralel ini melalui beberapa jalur. Membuat rangkaian paralel ini sangat menguntungkan, karena ketika salah satu perangkat rusak maka arus listrik tidak akan berhenti.

Nah, jika kamu termasuk salah satu orang yang ingin membuat rangkaian paralel, kamu berada di tempat yang benar. Karena pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai cara membuat rangkaian paralel dari kabel dan saklar. Selain itu, pada ulasan kali ini juga akan dibahas cara membuat rangkaian paralel dari Kertas aluminium. Langsung saja berikut ini ulasannya.

Membuat Rangkaian Paralel dari Kertas Aluminium


Sebelum membuat rangkaian paralel, hal penting yang harus dipertimbangkan yaitu usia dan keterampilan orang-orang yang terlibat. Karena tanpa keterampilan dan pengetahuan dalam membuat rangkaian paralel ini juga berbahaya. Namun rangkaian paralel ini sangat cocok sebagai materi pelajaran. Langsung saja berikut ini cara membuat rangkaian paralel dari Kertas aluminium

  • Langkah pertama yaitu pilih sumber daya seperti baterai. Karena baterai ini merupakan sumber daya yang termurah dan paling praktis untuk digunakan. Dalam pemilihan baterai ini, pilihlah baterai dengan daya 9 volt.
  • Langkah yang selanjutnya yaitu pilih muatan  yang akan disambungkan ke sumber daya Pilih muatan Anda. Pada muatan kali ini  menggunakan bola lampu atau lampu senter.
  • Siapkan kertas aluminium sebagai konduktor. Fungsi kertas ini yaitu untuk menghubungkan sumber daya dengan muatan, caranya yaitu potong kertas menjadi 4 setrip kecil dengan ukuran 20 cm dan ukuran 10 cm. Setidaknya lebar dari kedua kertas tersebut selebar sedotan.
  • Sambungkan setrip konduktor pertama berukuran 20 cm dengan terminal positif baterai. Sedangkan untuk setrip yang berukuran 20 cm ini disambungkan ke terminal negatif baterai.
  • Langkah yang selanjutnya yaitu sambungkan bola lampu ke rangkaian untuk menghubungkan muatan ke konduktor Anda.
  • Untuk strip berukuran 10 cm pada salah satu ujungnya dibalutkan ke setrip panjang dari terminal positif. Sedangkan untuk  salah satu bagian strip ini dibalutkan pada masing-masing bola lampu. Agar balutan tersebut tidak lepas, rekatkan menggunakan selotip kabel.
  • Sambungkan ujung kedua bola lampu dengan setrip, lalu nyalakan saklar agar bola lampu menyala.

Membuat Rangkaian Paralel dengan Kabel dan Saklar


Untuk proyek yang yang lebih berat, membuat rangkaian paralel dengan kabel dan saklar menjadi pilihan yang tepa. Keuntungan membuat paralel ini yaitu mudah untuk dibuat serta bahan-bahannya mudah untuk didapat. Nah, bagi kamu yang berniat untuk membuat rangkaian paralel dengan kabel dan saklar, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama yaitu siapkan komponen utama rangkaian paralel. Yang berupa sumber daya  konduktor, saklar dan benda yang menggunakan listrik seperti lampu atau senter. Sedangkan untuk sumber daya disarankan untuk menggunakan baterai.
  • Langkah yang selanjutnya yaitu siapkan kabel-kabel sebagai bahan konduktor dalam menyambungkan sumberdaya dengan muatan. Lalu potong kabel menjadi lima buah, masing-masing kabel panjangnya 15 sampai 20 cm.
  • Untuk memutuskan bagian tembaga kabel gunakan alat wirestriper atau gunting.
  • Untuk langkah yang selanjutnya yaitu hubungkan bola lampu pertama dengan baterai. Sedangkan kamu juga perlu menghubungkan salah satu kabel ke terminal positif baterai. Selain itu, bagian ujung lainnya hubungkan ke sisi kiri bola lampu.
  • Sambungkan saklar dengan baterai dengan cara ambil kabel lain dan hubungkan dengan terminal negatif baterai, sedangkan untuk ujung kabel lainnya sambungkan dengan saklar.
  • Hubungkan saklar dengan bola lampu pertama, terlebih dahulu sambungkan kabel dengan saklar.
  • Langkah selanjutnya balutkan kabel ke empat pada bagian kiri bola lampu. Sedangkan untuk kabel yang tersisa, balutkan pada salah satu sisi kanan bola pertama. Untuk ujung kabel lainnya sambungkan pada sisi kanan bola lampu.
  • Langkah yang terakhir yaitu hidupkan saklar Anda. Sehingga bola lampu bisa menyala.

Tips-tips Membuat Paralel dari Saklar dan Kabel


Setelah mengetahui cara membuat paralel dari alumunium, saklar dan kabel, kamu juga perlu mengetahui tips-tips dalam membuat rangkaian paralel. Adapun berikut ini tips-tipsnya:

  • Agar semua sambungan tidak mudah terlepas, sebaiknya eratkan semua sambungan dengan selotip kabel.
  • Hati-hati saat menangani bola lampu, hal ini bertujuan agar bola lampu tidak pecah.
  • Saat membuka kabel, gunakan alat wire-stipper agar lebih mudah dan tidak merusak kabelnya.
  • Jangan menggunakan sumber daya bervoltase dan ampere tinggi, jika tanpa adanya perlindungan yang aman.
  • Jangan sambungkan kabel merah ke terminal positif agar baterai tidak bocor. Selain itu jangan letakkan kabel hitam pada terminal negatif. Jika hal tersebut dilakukan, rangkaian tidak akan berfungsi dan bisa juga terbakar.
  • Jika tidak ada perlindungan yang aman, jangan menggunakan sumber daya bervoltase dan ampere tinggi.

Itulah cara mudah membuat paralel dari kabel dan saklar serta tips-tips dalam membuat rangkaian paralel. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa memberikan pengetahuan baru dan keamanan bagimu saat membuat paralel. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA!

Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana dari Dinamo