Home Editor's Choice Home & Garden Cara Membuat Potpourri di Rumah

Cara Membuat Potpourri di Rumah

0
Cara Membuat Potpourri di Rumah

Apakah kamu tahu mengenai potpourri? Potpourri rupanya mempunyai berbagai macam fungsi bagi rumah dan salah satunya ialah mampu menghilangkan bau bahkan bisa menambahkan aroma yang cocok dengan musim.

Sebetulnya terdapat banyak sekali cara yang memungkinkan untuk bisa membuat potpourri sendiri. Sehingga kamu pun tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk membeli potpourri karena membuat potpourri sendiri jauh lebih praktis meskipun menggunakan wadah bekas sekalipun.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba dalam pembuatan potpourri:

Pembuatan Potpourri dengan Cara Kering


Metode dalam pembuatan potpourri yang satu ini merupakan metode yang sangat cepat dibandingkan metode lain dan banyak orang yang menggunakan metode.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyiapkan material kering di mana seluruh tanaman yang dipakai harus dikeringkan terlebih dahulu sehingga nantinya tidak akan menghasilkan air pada saat dicampur. Akan jauh lebih baik jika kamu menggunakan bunga dan juga rempah yang paling segar dan juga bagus serta buanglah material yang telah rusak atau penumbuk kondisinya. Untuk bunga dan juga kelopak bunga dapat kamu keringkan diatas kain atau pun kertas. Pada saat kamu mengeringkan bunga lebih baik secara teratur guna memastikan sirkulasi udara dan kelopak pun bisa mengering jauh lebih cepat.
  2. Masukkan bumbu-bumbu yang telah ditumbuk ke wadah mangkuk yang kecil. Kamu juga bisa memasukkan fixative yang berupa akar orris. Pada setiap gelas nantinya akan membutuhkan material kering serta memerlukan 2-3 sendok makan bubuk bumbu. Kemudian nantinya akan ditambahkan 2 sendok makan agar orris yang telah ditumbuk dan juga satu setrip kulit citrus beserta dengan beberapa tetes minyak esensial. Kemudian pada wadah mangkok muncul lebih besar kamu bisa memasukkan seluruh bahan kering yang masih tersisa.
  3. Kombinasikan adonan dari fixative dengan menggunakan bahan-bahan kering yang ada di dalam mangkuk besar tersebut. Pastikan kamu mencampur seluruh ban tersebut hingga merata. Setelah bahan tercampur merata kamu bisa memasukkan larutan tersebut ke dalam wadah yang ditutup atau disegel.
  4. Menyisihkan wadah tersebut ke arah yang gelap dan juga kering dan biarkan selama 4 sampai 8 Minggu. Tentunya hal ini nantinya akan memberikan waktu rumah untuk lebih menyatu serta bisa menghasilkan aroma yang jauh lebih sempurna. Namun pastikan pada minggu pertama kamu harus mengocok wadah setiap hari.
  5. Masukkan potpourri yang kering ke dalam wadah display. Setelah kamu memasukkan potpourri susunlah ulang untuk bisa memastikan bahan yang paling menarik berada pada bagian atas dan taruhlah potpourri tersebut ke area yang kamu inginkan.

Pembuatan Potpourri dengan Keadaan


Metode yang satu ini memang membutuhkan usaha yang jauh lebih banyak sehingga hasil akhirnya pun bisa terlihat menarik. Dan yang pasti aroma yang dihasilkan dari cara ini pun jauh lebih kuat dibandingkan dengan metode yang kering. Karena metode ini nantinya akan mengawetkan bunga dedaunan dan kelopak lainnya sehingga meninggalkan aroma yang sangat kuat.

Bahan-bahan yang digunakan kamu butuhkan:

  • Bunga
  • Dedaunan
  • Kelopak yang sudah mengering sebagian

Cara Membuat Potpurri

  1. Meletakkan lapisan awal bunga daun dan juga kelompok lain yang mengering sebagian ke dalam toples kaca yang sangat besar.
  2. Taburkan garam kasar di bagian atas lapisan bunga pertama tersebut. dan lebih baik ketebalan dari garam mencapai sepertiga dari ketebalan lapisan bunga.
  3. Tambahkan beberapa lapisan bunga maupun kelopak lalu tekanlah menggunakan jari jarimu dan kemudian tambahkan lagi lapisan garam.
  4. Setelah itu berilah taburan gula palem beserta dengan air Vodka. Kemudian kamu bisa memasukkan seluruh adonan tersebut ke dalam wadah yang bisa ditutup lalu simpanlah ke area yang sejuk selama 2 bulan.
  5. Meskipun tidak mencapai 2 bulan paling tidak, kelopak bunga diharuskan telah membentuk gumpalan yang sangat padat.
  6. Ketika sudah membentuk gumpalan yang padat maka kamu tidak bisa mengeluarkan dari wadah penyimpanan dan beralih ke mangkuk yang sudah diisi bumbu, fixative, peserta dengan rempah minyak esensial.
  7. Apabila kamu memakai metode lembab ini maka pastikan jika minyak esensial yang dipilih adalah yang mempunyai harga mahal seperti halnya Attar of roses. Lalu campurlah semuanya sehingga minyak esensial bisa merata ke seluruh gombalan.
  8. Jika sudah masukkan ke dalam wadah penyimpanan yang baru kemudian disegel, dan pastikan proses pengawetan selama 1 bulan.

Itulah sekilas info yang bisa diberikan kepada kamu mengenai pembuatan dari potpourri yang menambah aroma harum di dalam rumah. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa berguna dan membantu kamu untuk menemukan aromaterapi yang mudah dibuat sendiri.

BACA JUGA! REKOMENDASI PEWANGI TOILET YANG AROMANYA SEGAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here