Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik

0

Terdapat berbagai macam contoh kondisi yang mana kamu harus menggunakan pompa air namun pada saat itu kamu tidak menemukan aliran listrik atau bahkan tidak mempunyai aliran listrik. Misalnya ketika sedang mengalami bencana alam, listrik padam maupun hirup di daerah terpencil yang masih belum teraliri listrik.

Nah, dalam keadaan-keadaan tersebut kami akan memberikan ulasan bagaimana cara membuat pompa air tanpa listrik.

Metode Membuat Pompa Air Tanpa Listrik


Di bawah ini beberapa metode dalam membuat pompa air tanpa listrik:

  • Pompa air dari tenaga surya
  • Pompa air manual misalnya pompa dragon
  • Pompa air dengan tenaga air
  • Pompa air dengan tenaga angin

Nah, seluruh metode alternatif di atas bisa dimanfaatkan supaya membuat pompa air tanpa aliran listrik. Hal tersebut tentu saja membutuhkan sumber air maupun dari sumur. Nah, untuk kali ini kami akan membahas tentang bagaimana caranya membuat pompa air tanpa menggunakan listrik misalnya dengan bantuan tenaga air yakni dengan membuat pompa Ram Hidrolik.

Pengertian Pompa Ram Hidrolik


Pompa Ram Hidrolik menurut North Carolina Cooperative Exstension Service yaitu sebuah alat berupa pompa yang sederhana tanpa memakai motor untuk bisa menggerakkan pompa air dengan laju aliran yang rendah. Pompa Ram Hidrolik ini memakai tenaga air yang mengalir untuk kemudian bisa mengalirkan air yang dimulai dari aliran sungai maupun air kolam menuju ke dalam tangki penampungan air maupun ke titik pembuangan air akhir.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa pompa ram hidrolik ini mampu berfungsi pada tempat-tempat yang punya sumber air yang mengalir secara terus menerus. Nah, berikut ini akan kami ulas bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat pompa air tanpa listrik yaitu pompa hidrolik.

Alat dan bahan untuk membuat pompa hidrolik juga cukup murah dan dengan uang 500 ribu bisa membuat pompa hidrolik ini.

Cara Memakai Tenaga Air untuk Pompa Ram Hidrolik


Di bawah ini merupakan dua hal yang dibutuhkan sebelum kamu membuat pompa hidrolik ini, yaitu:

  • Perlu adanya sumber air yang terus mengalir dari kolam maupun jenis mata air yang lainnya serta berada di atas pompa. Dengan demikian, maka air tersebut bisa mengalir menuju ke bawah serta akan masuk ke dalam pompa.
  • Perlu adanya cukup air sebanyak kurang lebih 2 sampai dengan 3 galon per menitnya agar air bersih dapat terus mengalir sampai ke dalam tempat penampungan air.

Cara Instal Pompa Ram Hidrolik


Berikut ini cara untuk menginstal pompa ram Hidrolik yang diawali dengan memasang ram yaitu sedikitnya satu setengah kaki di bawah sumber aliran air yang akan digunakan. Selanjutnya butuh pipa dengan panjang sekitar 10 hingga 15 kaki lebih besar dari pada jarak di mana nantinya ia akan jatuh. Pipa tersebut adalah dari suplai air ke pompa atau yang lebih dikenal dengan nama pipa penggerak.

Selanjutnya sebelum airnya masuk ke dalam pompa, maka pasanglah filter supaya benda-benda asing dan juga kotoran-kotoran tidak bisa masuk ke dalam pompa dan hal tersebut juga untuk menghindari malfungsi pada pompa. Kemudian pasanglah flexible polyethylene tubing dari keluaran pompa ke tempat untuk menyimpan air di penampungan. Perhatikan juga supaya jangan sampai terdapat belokan pipa yang tajam supaya kecepatan airnya juga tidak terhambat oleh adanya kelokan tersebut.

Cara Gravitasi Bumi Membuat Pompa Air Bekerja



Proses air yang bersumber dari sumber air mengalir menuju ke pipa penggerak dan kemudian akan memunculkan tekanan dan akan menggerakkan pompa ram hidrolik. Kemudian saat menutup valve pembuang, maka kemudian air tersebut mulai mengalir dari arah check valve menuju ke dalam wadah penampungan tekanan udara.

Setelah itu, air yang mengalir akan menutupi saluran udara tersebut yang kemudian akan memaksanya untuk bisa membalas tekanan berbalik, menutup check valve serta air akan menuju keluar pipa keluaran dan barulah menuju ke tempat penampungan air akhir. Nah, pada saat menutup check valve, maka air di pipa penggeraknya pun akan sesaat kembali memantulkan serta bisa menimbulkan tekanan yang parsial. Tekanan tersebutlah yang kemudian bisa membuka kembali valve pembuangan.

Sedangkan air yang terbuang tersebut akan mengalir keluar dari dalam lubang pembuangan dan selanjutnya air tersebut dapat diarahkan menuju tempat lainnya maupun diamkan saja supaya mengalir lagi ke sumber air utama secara alami.

Kelebihan dan Kekurangan Pompa Ram Hidrolik


Dengan menggunakan pompa ram hidrolik ini maka kamu akan memperoleh berbagai keuntungan. Nah, keuntungan yang paling jelas yaitu kamu bisa mendapati bahwasanya pompa air hidrolik tersebut tidak perlu menggunakan listrik. Sedangkan cara perawatannya juga akan jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan memakai pompa air listrik.

Nah, jadi itulah tadi langkah-langkah untuk bisa membuat pompa air tanpa listrik yaitu dengan membuat pompa ram hidrolik. Semoga dengan adanya artikel di atas bisa memberikan pengetahuan lebih untuk kita semua dan bisa membuat sendiri pompa air hidrolik tanpa listrik tersebut.

BACA JUGA! 5 MERK POMPA AIR YANG BAGUS DAN AWET

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: