Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Membuat Plus Minus di Word dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Cara Membuat Plus Minus di Word - 2
Daftar Topik

Cara membuat plus minus di word. Bagi karyawan maupun mahasiswa, perangkat lunak Microsoft Word merupakan salah satu perangkat lunak yang tidak dapat lepas untuk mengerjakan tugas. Kehadiran Microsoft Word pada smartphone juga semakin membuat penggunanya tidak dapat terlepas dari Microsoft Word. Sebagai perangkat lunak pengolah kata terbaik saat ini, Microsoft Word telah mendukung penggunanya untuk mengerjakan pekerjaan atau tugas dengan lebih efektif dan efisien. 

Dengan user interface yang friendly, tidak heran jika para pengguna Microsoft Word setia menggunakannya dari tahun ke tahun. Selain user interface, Microsoft Word juga sudah memiliki berbagai macam fitur bawaan yang memudahkan penggunanya menggunakan Microsoft Word. Mulai dari fitur Numbering, pengaturan paragraf, spasi, heading, tabel, bahkan hingga Mailing telah disediakan oleh Microsoft Word. Tapi tahukah kamu, bahwa Microsoft Word juga memiliki fitur-fitur lain yang tidak kalah bermanfaat dan jarang orang ketahui loh. Berikut adalah beberapa fitur pada Microsoft Word yang jarang diketahui oleh penggunanya.

Cara Membuat Plus Minus di Word - 3

Fitur Hidden Text

Bagi kamu yang bekerja dengan dokumen rahasia seperti dokumen negara atau sekedar ingin menyembunyikan informasi rahasia agar tidak terlihat orang lain, kamu dapat menggunakan fitur Hidden Text yang disediakan oleh Word. Cara untuk menggunakan fitur Hidden Text sendiri mudah, yaitu:

  1. Tentukan teks yang akan kamu sembunyikan;
  2. Kemudian, klik “Home” lalu pilih “Font Dialog Box”. Setelahnya, pilih “Font”, kemudian pada kotak “Hidden”, pastikan tidak tercentang untuk menyembunyikan kalimat, dan pastikan tercentang jika ingin memunculkan kalimat;
  3. Untuk mencetak kalimat yang telah di hidden, kamu dapat mencetaknya dengan klik tab “File” kemudian pilih “Options”, kemudian “Display” dan pilih kotak centang “Hidden Text” dan “Print Hidden Text” kemudian klik “Ok”

Fitur Visual Clutter 

Beberapa orang pasti merasa terganggu dengan hadirnya ribbon pada bagian atas Microsoft Word, karena ribbon dianggap mengurangi space kerja mereka pada dokumen Word. Padahal, setiap pengguna Word pasti ingin menulis tanpa adanya gangguan. Nah, dengan adanya fitur Visual Clutter, kamu dapat memunculkan editor bebas gangguan. Kamu dapat mengaktifkan fitur ini melalui quick shortcut atau keyboard shortcut dengan menekan tombol Ctrl + F1. Setelahnya, ribbon pada Word akan hilang. 

Cara Membuat Plus Minus di Word - 4

Fitur Free Reading

Tidak banyak pengguna Word yang mengetahui tentang fitur free reading. Fitur free reading merupakan salah satu fitur yang hadir sejak Word Versi 2010. Fitur free reading ini bermanfaat untuk kamu yang memiliki personal computer dengan layar sentuh atau menggunakan Word pada tablet. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu hanya perlu menekan tombol Alt + W + F secara bersamaan. Cara lainnya kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengklik fitur “Read Mode” yang terletak pada sebelah kanan status bar. Kamu juga dapat mengaktifkannya melalui menu “View” kemudian “Read Mode”. 

Mengubah Tabel Menjadi Grafik 

Tidak hanya pada Microsoft Excel, Microsoft Word juga memiliki fitur mengubah data pada tabel menjadi sebuah grafik. Bagi kamu yang akan mengolah data dalam jumlah yang tidak banyak, menggunakan Microsoft Word dapat membantu kamu untuk menampilkan data tersebut menjadi sebuah grafik. Langkah-langkah untuk mengubah data pada tabel menjadi grafik di Word yaitu:

  1. Klik “Insert” kemudian klik “Object” dalam grup “Teks”. Kemudian klik “Object Dialog Box”;
  2. Pada daftar Object Types, pilih “Microsoft Graph Chart” lalu klik “Ok

Seketika data pada tabel yang telah kamu tulis di Word akan ditampilkan dalam grafik. Kamu dapat mengubah grafik ini dengan mengklik grafik, lalu klik kanan, dan pilih “Chart Type”. Mudah bukan?

Cara Membuat Plus Minus di Word - 5

Tanda Plus Minus

Banyak dari kita yang tidak tahu cara membuat tanda Plus Minus (±) pada Word, padahal fitur ini telah diakomodir oleh Microsoft Word. Bagi yang belum tahu, berikut adalah cara membuat plus minus di Word:

  1. Pastikan kursor telah berada pada area yang akan kamu berikan tanda “±”;
  2. Kemudian, klik menu “Insert” dan pilih “Symbols” yang terletak pada bagian paling kanan, lalu pilih “Symbol”;
  3. Pada menu “Symbol” kamu dapat melihat apakah tanda “±” sudah tersedia pada bagian utama atau belum, jika tidak ada, kamu dapat klik “More Symbols”
  4. Setelahnya akan muncul “Dialog Box Symbol”, pastikan pada kotak “Font” kamu memilih “(normal text)”;
  5. Kemudian kamu bisa mencari tanda “±” dan klik “Insert” 
  6. Tanda “±” akan muncul pada dokumen kamu

Jika kita sering menggunakan tanda “±” pada dokumen Word, kita bisa mengaturnya agar dapat muncul secara otomatis jika kita menekan tombol + dan -. Untuk membuat hal ini menjadi otomatis, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Ulangi cara untuk menambahkan tanda “±” seperti di atas, kemudian “Copy”;
  2. Selanjutnya klik menu “File” dan pilih “Options”;
  3. Setelahnya akan muncul “Dialog Box Word Options”, pilih tab “Proofing”;
  4. Pada sisi kanan “Proofing” klik “AutoCorrect Options…”, kemudian pilih tab “AutoCorrect”;
  5. Pada tab “AutoCorrect”, pastikan pada item “Replace text as you type” telah kamu centang;
  6. Kemudian, pada kotak “Replace” isi dengan tanda “+-“dan pada kotak “With” isikan dengan tanda yang telah kamu “Copy” dengan cara “Paste”;
  7. Klik tombol “Add” kemudian “Ok”
  8. Fitur otomatis berjalan

Ternyata banyak ya fitur-fitur Word yang belum banyak kita ketahui, seperti cara membuat plus minus di word. Kamu bisa mempelajari berbagai macam fitur Word yang lain dengan cara mengikuti kelas online yang membahas tentang fitur Word, seperti yang disediakan oleh Edx atau Coursera. Selamat mencoba!

Baca juga:

Cara Menghitung Persentase Kenaikan Penurunan di Excel

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP