Cara Membuat Pita untuk Hiasan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Ketika ingin memberi bingkisan hadiah, memang sudah menjadi kebiasaan jika ditambah dengan pita sebagai hiasannya. Banyak sekali jenis pita yang bisa kamu kreasikan dengan berbagai cara untuk dijadikan hiasan. Selain digunakan untuk hiasan kado, pita ini juga bisa digunakan untuk aksesoris rambut, aksesoris pakaian, kerajinan tangan dan lain sebagainya. Nah, jika kamu ingin membuat pita untuk hiasan, simak ulasan berikut ini mengenai tips memilih pita serta cara membuat hiasan pita dengan benar.

Memilih Pita


Sebelum membahas mengenai cara membuat pita untuk hiasan, alangkah baiknya kita mengetahui cara memilih pita yang benar. Langsung saja berikut ini cara-caranya:

  • Dalam memilih pita, tentukan tujuan apa yang ingin kamu lakukan. Misalnya jika kamu menggunakan pita sebagai hiasan pakaian, maka pilihlah pita dengan warna sesuai dengan pakaian yang digunakan serta pilihlah bahan yang lentur dan mudah dibentuk.
  • Selain menentukan tujuan apa yang akan dilakukan, dalam memilih kita haruslah memperhatikan kualitasnya. Bagi pemula pilihlah pita yang tidak terlalu licin. Kamu bisa menggunakan pita motif, pita emas, puta katun, pita yang berbahan tipis dan lain sebagainya. Jika kamu menggunakan pita untuk menghiasi kado, alangkah baiknya jika memilih pita yang memiliki kawat pada tepiannya.
  • Untuk menemukan modal yang diinginkan, terlebih dahulu melakukan percobaan dengan berbagai jenis bahan pita, termasuk berbagai jenis ukuran lebar dan bahan yang dibutuhkan. Untuk membuat hiasan pita, kamu membutuhkan banyak bahan pita.

Membuat Hiasan Pita Dasar


Membuat hiasan pita memang sangat mudah, namun bagi pemula hal ini terbilang rumit. Pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai cara membuat hiasan pita dasar. Langsung saja berikut ini ulasannya:

  • Siapkan pita yang panjang. Bahkan jika perlu beri ukuran tambahan. Untuk memudahkanmu dalam mengatur bentuk pita serta memberikan sisa ekor pita  yang cukup panjang.
  • Setelah itu letakkan pita di atas permukaan yang rata agar bisa datar, lalu pertemukan kedua ujungnya di tengah-tengah pita tersebut. Pada kedua ujung pita satukan hingga berbentuk 2 lingkaran.
  • Selanjutnya sesuaikan proporsinya dengan cara memeriksa kedua lingkaran dan pita.
  • Langkah yang terakhir yaitu lipat lingkaran sebelah kiri melewati lingkaran sebelah kanan, lalu lingkarkan melalui bagian belakang dan lubang tengah, lalu tarik bagian tengahnya kuat-kuat.

Membuat Pita Berkawat


Berikut ini langkah-langkah membuat pita berkawat:

  • Langkah pertama yaitu potong sehelai pita, lalu hamparkan di permukaan yang datar.
  • Selanjutnya buat lengkungan pita. . Untuk membuat ekornya, sisakan sebagian ujung pita. Agar tidak terlepas, pegang bagian tengah pita.
  • Agar lebih mudah menutupi kawat, gunakan warna pita yang sesuai. Agar tidak terlepas, rekatkan pita tersebut menggunakan lem atau jahit pita tersebut.
  • Cara yang terakhir yaitu sesuaikan lingkaran dan ekor pita, agar keduanya terlihat simetris. Agar helai benang pita tidak menjumpai, potong ekor pita tersebut. Lalu kamu bisa menggunakannya pada kado atau rangkaian bunga.

Membuat Hiasan Bunga


  • Untuk membuat hiasan bunga dari pita, langkah pertama potong pita dengan ukuran panjang 115 cm. Setelah itu ukurlah lingkaran yang akan dibentuk kurang lebih berukuran 2,5 cm. Sedangkan untuk ujung pita sepanjang 20 cm. Untuk menahannya, jepit di antara ibu jari dan telunjuk jari.
  • Lakukan hal tersebut di sisi yang lain. Namun hanya pada sisi kanannya saja buatlah lingkaran 3 hingga 5 pasang.
  • Langkah selanjutnya yaitu lilitkan kawat tipis ke bagian tengah pita, agar tidak terlepas lilitkan pita dan potong kawat yang berlebihan. Agar lebih rekat lagi, jahit atau lem.
  • Langkah yang terakhir kembangkan lingkaran-lingkaran tersebut dengan cara menariknya.

Membentuk Ekor Pita


  • Untuk menjadikan pita sebagai hiasan, ekor pita juga menjadi bagian yang penting. Meski tidak semua hiasan pita memiliki ekor, namun kamu juga perlu mengetahui cara membuat ekor pita yang bagus dan rapi.
  • Pastikan ekor pita memiliki ukuran sepanjang mungkin atau bisa menyesuaikan dengan besaran pita yang dibuat. Untuk membuat ekor pita menjadi pendek sangatlah mudah, kamu hanya perlu memotongnya.
  • Untuk mencegah ekor pita berjumbai dan membuatnya tampak rapi, kamu bisa memotong ujung ekornya dengan menggunakan gunting kain yang tajam. Untuk memotong ekor pita ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara yang paling banyak digunakan yaitu secara diagonal. Caranya yaitu potonglah dari sisi kanan dan kemudian sisi kiri yang bertemu di titik tengah.

Itulah cara mudah membuat pita untuk hiasan serta tips memilih pita yang benar. Cara membuat pita untuk semua jenis hiasan sama, namun bahannya yang berbeda. Jika membuat pita untuk hiasan pakaian, kamu harus menggunakan pita dengan bahan kain yang mudah dibentuk. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! BERAGAM KREASI KERAJINAN DARI PITA KAIN YANG BISA KAMU PRATIKAN

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA