Cara Membuat Permen Karet Ala Homemade

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2312-permen karet beeswax
Daftar Topik

Permen merupakan kan salah satu cemilan yang memiliki berbagai macam jenis salah satunya yaitu permen karet. Bagi kebanyakan orang untuk mendapatkan permen ini dapat dilakukan dengan cara membelinya di pasaran. Akan tetapi perlu diketahui bahwa permen karet juga dapat diperoleh dengan cara membuatnya sendiri di rumah.

Dengan hal tersebut permen karet yang dikonsumsi tidak hanya lezat. Akan tetapi juga lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya atau pengawet. Selain itu permen karet buatan sendiri di rumah juga akan memiliki harga yang lebih ekonomis. Adapun cara untuk membuat permen karet sendiri dirumah dapat dilakukan dengan memperhatikan ulasan di bawah ini.

Cara Membuat Permen Karet Klasik


Permen karet sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis salah satunya yaitu permen karet klasik. Bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat permainan klasik adalah sepertiga cangkir gum base. Selain itu juga membutuhkan 3/4 cangkir gula bubuk, 3 sendok makan sirup jagung, satu sendok teh gliserin, setengah sendok teh asam sitrat, dan juga perasa makanan.

Setelah itu, langkah pertama yang dilakukan adalah memanaskan bahan baku yaitu gum base, gliserin, perasa, dan asam sitrat. Lakukan hal tersebut dengan meletakkan bahan yang dibutuhkan di bagian atas dari double boiler.

Double boiler merupakan panci yang diletakkan di atas panci lain dimana dalam hal ini pada bagian bawah diisi air hingga mendidih kemudian panci yang berada di atas harus berukuran lebih kecil sehingga dapat dimasukkan ke dalamnya. Panaskan menggunakan api sedang dan aduk seperlunya menggunakan sendok hingga campuran menjadi hangat dan lengket.

Langkah selanjutnya yaitu letakkan sekitar satu sendok teh gula bubuk pada telenan atau tempat dengan permukaan bersih  meletakkannya sehingga membentuk sebuah tumpukan. Kemudian buatlah sebuah lekungan menggunakan jari pada tumpukan gula tersebut.

Campuran yang telah meleleh dituangkan ke dalam lengkungan gula bubuk tersebut secara hati-hati. Pastikan tidak ada air yang masuk ke dalam campuran gum base tersebut. Lanjutkan dengan membuat adonan permen karet yang diawali dengan menaburi jari tangan menggunakan gula bubuk dan uleni adonan permen karet.

Kemudian gum base dicampurkan bersama gula bubuk hingga menjadi lengket. Lanjutkan dengan tetap menguleni hingga sekitar 15 menit. Lakukan hal tersebut sampai adonan berubah menjadi lembut, liat, dan tidak lengket lagi. Jika tidak dilakukan dengan benar makan permen karet yang dihasilkan nantinya akan mudah hancur.

Maka pastikan lakukan langkah ini dengan baik dan benar. Adonan menjadi lembut dan kaku jika sudah mencapai kondisi tersebut. Letakkan telapak tangan diatas adonan kemudian gulung menggunakan tangan sehingga adonan menjadi lebih panjang dan tipis hingga membentuk adonan yang mempunyai lebar sepanjang tali.

Lanjutkan dengan memotongnya menjadi bagian lebih kecil menggunakan pisau. Dalam hal ini menggulung adonan juga dapat dilakukan dengan gilingan adonan serta memotongnya sehingga membentuk kotak agar lebih mudah dan memiliki bentuk lebih presisi. Kemudian potongan permen karet tersebut ditaburi kembali menggunakan gula bubuk.

Hal tersebut dilakukan agar permen karet tidak menempel satu sama lain. Lanjutkan dengan proses pengemasan yaitu dengan membuat bungkus kecil permen karet menggunakan pemotong kertas roti. Kamu dapat membungkus permen karet yang sudah jadi dengan potongan kertas permen karet tersebut.

Membuat Permen Karet Alami Dari Beeswax


Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat permen karet ini yaitu setengah cangkir beeswax yang layak digunakan untuk produksi makanan. Kemudian terdapat bahan lainnya yang dibutuhkan yaitu satu cangkir gula bubuk, 3 sendok makan madu, dan ekstrak peppermint atau kayu manis.

Langkah pertama adalah meletakkan lilin di dalam double boiler serta melelehkannya sampai menjadi lengket dan lembut. Kemudian letakkan madu dalam sebuah panci lalu aduk ke dalam lilin yang telah meleleh. Bahan ini dapat digantikan dengan bahan lainnya seperti sirup jagung atau bahan lainnya yang serupa.

Kemudian permen karet beeswax dapat ditambahkan dengan peppermint. Bahan ini juga dapat digantikan dengan kayu manis, akar manis, atau lemon sesuai dengan selera. Tambahkan sekitar 5 tetes perasa tersebut ke dalam panci dan aduk hingga merata. Jika berminat campuran juga dapat ditambahkan dengan potongan daun herbal misalkan daun rosemary atau mint.

Selain itu permen karet juga dapat digunakan sebagai bentuk pengobatan yaitu dengan menambahkan ekstrak peppermint serta beberapa tetes sari lemon. Langkah selanjutnya adalah mengaduk gula bubuk ke dalam campuran permen karet yang sudah meleleh hingga campuran tersebut mulai mengental sedikit demi sedikit.

Kamu dapat mencoba merasakan campuran permen karet dan memberikan tambahan perasa atau gula bubuk jika rasa yang dihasilkan kurang pas. Campuran permen karet dituangkan ke dalam sebuah cetakan permen cetakan es batu atau cetakan kecil lainnya tuangkan ke dalam cetakan hingga sama rata.

Letakkan ke dalam lemari es agar permen karet dapat mengeras. Jika dirasa sudah mengeras maka keluarkan potongan permen karet pada cetakan dan kamu dapat langsung mengkonsumsinya. Simpan permen karet dalam wadah yang kering dan bersih.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat permen karet buatan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! 7 BAHAYA PERMEN KARET TERTELAN PADA ANAK-ANAK

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP