Cara Membuat Perahu Kertas Lipat

0

Perahu kertas merupakan mainan yang sudah dibuat oleh anak-anak sejak kertas ditemukan. Perahu kertas lipat bisa Kamu mainkan di suatu permukaan air yang dangkal. Misalnya seperti genangan air, bak mandi, selokan kecil maupun kolam. Meskipun tidak bisa dipakai dalam waktu yang lama, Kamu bisa membuatnya kembali perahu kertas lipat dengan proses pembuatan yang sangat mudah.

Cara Membuat Perahu dari Kertas Lipat


Ada 2 metode yang perlu diperhatikan ketika membuat perahu dari kertas lipat, antara lain:

1Membuat Perahu Kertas


Metode yang pertama adalah membuat perahu kertas, langkah-langkahnya:

  • Lipatlah kertas menjadi dua

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah siapkan selembar kertas berbentuk persegi panjang. Kemudian letakkan secara memanjang di depan. Sisi yang lebih panjang ada di bagian samping kiri dan kanan. Lipatlah kertas dari atas ke bawah menjadi dua sama panjang. Jadi, lipatannya ada di bagian atas kertas tersebut.

  • Lipatlah kertas menjadi dua, lalu buka lipatannya

Langkah berikutnya adalah satukan sisi kiri dan kanan kertas, lalu buka lipatannya. Garis lipatan tersebut nantinya akan dipakai sebagai suatu penanda garis tengah. Sekarang kembali ke langkah pertama yaitu dengan kertas yang dilipat dari atas ke bawah menjadi dua, tetapi dengan garis lipatan di bagian tengahnya.

  • Lipatlah sudut atas kertas ke arah bawah

Peganglah sudut atas kertas. Kemudian lipat ujungnya ke arah bawah mengarah ke bagian tengah. Bagian ujung atas dengan garis tengah lipatan kertas harus sejajar.

  • Balikkan kertas

Ulangi langkah tersebut dengan cara yang sama. Lipat sudut lainnya dengan cara menyejajarkannya terhadap garis tengah. Kertas nantinya akan menyerupai bentuk rumah, garis atapnya lebar di atas persegi panjang dengan lebar 2,5 cm.

  • Lipatlah sudut bawah ke arah atas

Ambilah sudut bawah lembaran persegi panjang kertas, lalu lipatlah ke atas. Lipatlah setinggi atap rumah, kertas di bawahnya tidak dilipat.

  • Baliklah kertas

Ulangi lagi lipatan terakhir. Lipatlah lembaran persegi panjang yang sebaliknya secara memanjang di bagian bawah atap rumah. Pastikan bahwa kedua lembaran tersebut sejajar. Lipatlah secara simetris. Bentuknya akan mirip topi kertas.

  • Peganglah bagian tengah topi arah kertas

Peganglah bagian titik pertemuan pada suatu garis lipatan diagonal. Bukalah sedikit topi kertasnya. Kedua ujungnya dipertahankan di garis lipatan diagonal.

  • Tariklah ujung kertas ke arah luar

Tariklah ujung kertas secara lembut, lalu ratakan topi kertas. Kertas tersebut akan memiliki bentuk wajik.

  • Lipatlah bagian dasar wajik ke atas

Ambilah sudut bagian bawah wajik, kemudian lipat ke atas. Sisakan celah dengan ukuran sekitar 0,65 cm dengan lipatan di antara ujung atasnya. Jika sudah selesai, baliklah kertas.

  • Ulangi kembali

Buatlah lipatan dengan cara yang sama seperti pada langkah sebelumnya. Lipatlah bagian dasar perahu ke atas sampai sejajar terhadap sisi yang sebaliknya.

  • Pegang perahu kertas lipat di tengah bagian dasarnya

Tariklah ke arah yang berlawanan, lalu ratakan.

  • Peganglah sisi kanan serta kiri bentuk segitiga

Tariklah ke arah yang berlawanan secara perlahan-lahan. Bagian dasar dari kertas nantinya akan bisa membalik sendiri.

  • Perahu kertas siap dimainkan

Perahu kertas sekarang sudah siap untuk Kamu mainkan.

2. Membuat Perahu Kertas Lebih Tahan Lama


Untuk metode yang kedua adalah membuat perahu kertas lebih tahan lama, yaitu meliputi:

  • Perkuatlah perahu kertas

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat perahu kertas Kamu menjadi lebih tahan lama. Salah satunya yaitu dengan memberikan lapisan selotip pada bagian dasar perahu kertas lipat. Cara lainnya adalah dengan membuat perahu kertas 2 buah, lalu masukkan salah satu perahunya ke dalam yang lainnya.

Bisa juga dengan cara mewarnai perahu kertas tersebut memakai krayon. Selain itu bisa juga dengan cara melapisi perahu kertas memakai sebuah pembungkus plastik yang nantinya bisa melapisi perahu supaya tidak terkena air.

  • Pilihlah kertas yang tepat

Supaya perahu kertas lebih tahan lama, pilihlah kertas yang tepat. Gunakan kertas yang ringan seperti kertas cetak biasa yang bentuknya persegi panjang. Kamu bisa memakai kertas yang lebih berat, namun menjadi lebih sulit melipatnya secara lurus dan rapi.

  • Buatlah perahu kertas menjadi mengapung dengan lebih baik

Lebarkan pada bagian dasar perahu kertas yaitu dengan cara menarik sudut diagonalnya ke arah luar. Bagian dasar dari perahu yang ukurannya lebih lebar bisa membantu perahu menjadi bisa mengapung dengan waktu lebih lama. Hal ini karena posisinya cenderung lebih stabil.

  • Buatlah perahu kertas lebih stabil di atas air

Untuk membuat perahu kertas lebih stabil di atas air, pakailah perahu kertas sejumlah dua buah dan letakkan salah satunya di dalam yang lainnya. Cobalah untuk memasukkan beberapa kerikil di bagian sekeliling tengah perahu yang bentuknya segitiga sebagai pemberatnya. Jadi, keadaan perahu tetap tegak.

Cara membuat perahu dari kertas lipat sangat mudah bukanKamu bisa coba menerapakannya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan. Jadi, Kamu tidak perlu khawatir merasa kesulitan ketika akan membuat perahu dari kertas lipat.

BACA JUGA! KREASI DAN CARA MEMBUAT PESAWAT KERTAS YANG UNIK

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: