Cara Membuat Pempek Tanpa Ikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
1712-pempek 6
Daftar Topik

Pempek merupakan salah satu makanan khas dari kota Palembang yang mana pempek ini merupakan makanan yang menggunakan bahan dasar ikan sehingga tak heran jika rasa yang dihasilkan pun cukup gurih. Beberapa komposisi lain dalam pembuatan pempek adalah telur, bawang putih, garam dan juga penyedap rasa. Untuk kamu yang ingin menyantap pempek rupanya tidak perlu jauh-jauh datang ke Palembang karena kamu bisa membuat pempek sendiri di rumah.

Lalu bagaimana cara pembuatan pempek ikan? Langsung saja simak tutorialnya di bawah ini:

Pempek Ikan Tenggiri Sederhana


Untuk bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan adalah daging tenggiri 200 gram, bawang putih 4 siung, bawang merah goreng 2 siung, telur ayam 1 butir, sagu tani 50 gram, garam satu sendok teh dan juga kaldu maseko satu sendok teh.

Tahapan yang perlu kamu lakukan dalam pembuatan pempek sederhana ini kamu harus menghaluskan ikan tenggiri terlebih dahulu, ketika ikan tenggiri sederhana maka campuran bawang putih yang telah dicacah beserta dengan bawang merah goreng.

Ketika bawang merah dan bawang putih setelah tercampur pada ikan tenggiri maka kamu bisa memasukkan telur dan aduklah sampai merata. Langkah berikutnya kamu harus mencampurkan warna tersebut dengan menggunakan tepung aduk secara perlahan. jika sudah ada dan dipipihkan lalu berikan sagu tani agar adonan tidak lengket dan goreng lah di ke dalam minyak panas.

Resep Mudah Pempek Ikan Sarden


Jika biasanya ikan tenggiri sebagai bahan utama pembuatan pempek nomor berikut ini kamu bisa menggunakan ikan lain seperti halnya ikan sarden.

Yang harus kamu persiapkan antaranya ialah ikan sarden giling sebanyak 500 gram, tepung sagu 300 gram, tepung terigu 2 sendok makan, daun bawang, air 200 ml, garam 1 sendok makan, 1 sendok makan kaldu bubuk dan yang terakhir ialah minyak sayur secukupnya.

Langkah awal yang perlu kamu lakukan ialah dengan menyiapkan air di gelas kemudian masukkan garam beserta dengan kaldu bubuk pastikan Jika kamu mengaduk air sampai merata. Selanjutnya letakkan ikan giling sarden ke dalam baskom lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai air tersebut habis.

Langkah yang berikutnya ialah dengan menambahkan tepung sagu dan tepung terigu kemudian masukkan irisan daun bawang aduk sampai merata. namun perlu untuk kamu ketahui jika jangan sampai sering diaduk jika memang bahan sudah tercampur rata. Selanjutnya perhatikanlah minyak pada penggorengan, kemudian goreng tempe menggunakan takaran satu sendok. Apabila sudah mengembang maka tanda nyampe tersebut telah matang.

Empek-empek dari Ikan Gabus Sungai


Untuk bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan ketika membuat pempek dari ikan gabus adalah 1 ekor ikan gabus, 500 gram tepung kanji, 500 ml air es, bawang putih 10 siung, 1 sendok makan garam, 1 sendok makan kaldu jamur, 1 butir telur terakhir ialah gula pasir secukupnya.

  • Tahap awal yang harus kamu lakukan Iyalah dengan memfilet ikan gabus tersebut lalu masukkan ke dalam Cooper.
  • Pastikan Jika ikan gabus tersebut memiliki tekstur yang lembut selanjutnya ikan gabus yang sudah dikirim harus dipindahkan ke dalam baskom. Kemudian tambahkan air es dalam baskom tersebut dan remas-remas ikan bersama dengan air es. Itu jangan sampai lupa untuk menambahkan kaldu jamur, garam, dan juga gula pasir, dan aduk sampai merata.
  • Selanjutnya gambarkanlah telur dan juga tepung kanji dan kemudian sudah siap dibentuk sesuai dengan keinginan.
  • Selanjutnya kamu harus mendidihkan air yang ada di dalam panci lalu tambahkan sedikit garam. Pertama masukkan satu per satu adonan yang telah kamu bentuk dan angka jika sudah matang.
  • Setelah itu kamu bisa menggoreng empek-empek tersebut sajikanlah sebagai cemilan keluarga.

Resep Pempek Ikan Ekor Kuning


Nah, bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan ketika membuat pempek ikan ekor kuning ialah 1/2 kg daging ikan ekor kuning yang telah dihaluskan, tepung tapioka 1/2 kg, 4 buah bawang putih yang telah dihaluskan, lada halus, satu sendok teh gula pasir, satu sendok teh garam, 75 ml air dan yang terakhir adalah 4 butir telur yang telah dipisahkan putih dan kuningnya.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memasukkan ikan, bawang putih, gula, lada, putih telur, dan beserta dengan penyedap lalu aduk lah perlahan jangan sampai di uleni.

Kemudian masukkan garam dan aduk lagi secara perlahan. ketika kita sudah tercampur maka masukkanlah tepung tapioka sedikit demi sedikit dan aduk lah secara perlahan sampai dapat dibentuk.

Selanjutnya bentuk adonan dan lubangi dengan menggunakan jari lalu masukkanlah sisa kuning telur yang telah di aduk. Langsung saja masukkan kuning telur jemput ke dalam air yang mendidih yang juga telah diberikan satu sendok teh minyak goreng. Ketika sedang mengapung maka itu berarti pempek sudah matang.

Itulah sekilas info cara membuat pempek, semoga ulasan diatas bisa menambah ilmu untuk membuat cemilan keluarga.

BACA JUGA! 13 MAKANAN TRADISIONAL INDONESIA YANG BERASAL DARI BERBAGAI DAERAH

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP