Cara Membuat Pasta Gigi Alami dan Mudah

0

Membersihkan gigi merupakan aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan. Akan tetapi terdapat sebagian orang yang yang tidak menyukai rasa pasta gigi komersial. Jika kamu salah satu dari orang-orang tersebut maka kamu tidak perlu khawatir dan tetap bisa membersihkan gigi dengan nyaman. Salah satunya adalah dengan membuat pasta gigi alami dan mudah.

Selain itu menggunakan pasta gigi buatan sendiri juga akan terhindar dari bahan-bahan sintesis yang terdapat pada sikat gigi komersial. Bahan-bahan tersebut biasanya berupa pengemulsi, pengawet, perasa buatan, dan pemanis yang tidak kamu perlukan dalam membuat pasta gigi alami. Adapun cara untuk membuat pasta gigi alami dapat kamu pahami melalui penjelasan berikut ini

Membuat Pasta Gigi Menggunakan Garam Laut


Pembuatan pasta gigi alami dapat dilakukan dengan bahan-bahan tertentu salah satunya yaitu garam laut. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam hal ini adalah mengumpulkan semua bahan yang dibutuhkan dari pasta gigi ini.

Bahan yang Dibutuhkan

  1.  1-2 sendok teh Peppermint
  2. 1 sendok teh garam halus
  3. Dua per tiga cangkir soda kue
  4. Air

Kamu dapat mengganti ekstrak peppermint dengan minyak atsiri jika tidak memungkinkan untuk mendapatkannya. Dalam hal ini penggunaan dari Natrium bikarbonat atau yang lebih dikenal dengan soda kue adalah untuk mengkilapkan gigi. Selain itu bahan tersebut juga dapat menghilangkan bau nafas tidak sedap dari mulut.

Sementara itu penggunaan garam adalah berfungsi sebagai bahan abrasif yang dapat membantu menghilangkan plak gigi  dan juga berfungsi untuk memicu produksi air liur. Seperti yang diketahui bahwa air liur berperan sebagai bentuk perlindungan alami gigi. Fungsi dari bahan lainnya yaitu sebagai perasa pada minyak atsiri dan air berfungsi untuk mengatur teksturnya saja.

Cara Membuat Pasta Gigi Menggunakan Garam Laut

Setelah menyiapkan semua bahan tersebut kamu dapat mencampurkan soda kue dan garam laut. Dalam hal ini pastikan untuk dapat mencampurkan kedua bahan tersebut secara rata dan tidak boleh ada gumpalan garam di dalamnya. Oleh karena itu pastikan garam yang digunakan dalam pembuatan pasta gigi ini harus benar-benar halus.

Selanjutnya tuangkan beberapa minyak atsiri atau minyak Peppermint sesuai dengan pilihan yang kamu siapkan sebelumnya. Kamu juga dapat bereksperimen dengan menggunakan rasa lainnya seperti lavender, minyak jeruk, hingga minyak eucalyptus.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan air tetes demi tetes kemudian aduk hingga merata pada setiap kali penambahannya. Untuk tekstur kekentalan maupun keencerannya dapat menyesuaikan selera kamu.

Namun dalam hal ini tidak disarankan untuk membuat pasta gigi yang terlalu encer karena akan sulit untuk menempel pada gigi saat digunakan. Pasta gigi alami sudah jadi dan dapat kamu gunakan langsung. Kamu dapat menyimpannya dalam toples atau wadah kaca dan letakkan pasta gigi buatan sendiri tersebut pada tempat yang sejuk dan kering. Selain itu pastikan juga untuk menempatkannya dengan  menjauhkan dari paparan sinar matahari.

Membuat Pasta Gigi dengan Minyak Kelapa


Selain garam laut kamu juga dapat menggunakan minyak kelapa dalam pembuatan pasta gigi alami. Sama seperti cara pembuatan sebelumnya kamu juga harus mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam hal ini.

Bahan yang Dibutuhkan

  1. Siapkan bahan utamanya yaitu minyak kelapa
  2. Soda kue
  3. Minyak atsiri
  4. Stevia

Untuk jumlahnya Kamu dapat menyesuaikan kebutuhan atau ketersediaan bahan yang ada. Misalkan saja kamu dapat mencampurkan 6 sendok makan soda kue dengan 6 sendok makan minyak kelapa. Selain itu kamu juga membutuhkan minyak atsiri sebagai perasa. Bahan lain yang dapat ditambahkan yaitu stevia jika ingin pasta gigi yang dihasilkan nantinya memiliki rasa manis.

Berdasarkan bahan yang digunakan tersebut minyak kelapa memiliki fungsi untuk melawan bakteri streptokokus mutans. Bakteri tersebut merupakan penyebab dari kerusakan gigi akibat melekatnya gula pada gigi saat mengkonsumsinya.

Akan tetapi berbeda halnya dengan stevia yang merupakan pemanis alami dari tanaman dengan nama yang sama. Stevia juga memiliki khasiat lain yang tidak kalah penting yaitu sebagai antibakteri yang berfungsi mencegah kerusakan pada gigi.

Cara Membuat Pasta Gigi dengan Minyak Kelapa

Jika semua bahan sudah disiapkan maka langkah pertama adalah mencampurkan minyak kelapa dengan soda kue hingga merata. Setelah itu lanjutkan dengan meneteskan beberapa minyak atsiri secara bertahap. Aduk kembali hingga merata pada setiap kali menuangkannya setelah itu tambahkan stevia beberapa tetes secara bertahap dan aduk kembali secara merata. Kamu dapat mencicipi campuran ini untuk dapat menentukan rasa yang diinginkan.

Namun pastikan untuk tidak membuat pasta gigi ini memiliki rasa terlalu manis. Pasta gigi yang kamu buat sudah jadi dan simpan pada toples kaca. Letakkan pada tempat yang sejuk kering dan juga jauh dari paparan sinar matahari.

Itulah cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat menghasilkan pasta gigi alami melalui cara diatas. Kamu bisa mendapatkan pasta gigi yang lebih sehat dan nyaman untuk dirimu sendiri.

BACA JUGA! DAFTAR MERK PASTA GIGI UNTUK SAKIT GIGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here